Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Dampak Sering Makan Makanan Asin untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Dampak Sering Makan Makanan Asin untuk Kesehatan

Apakah kamu termasuk orang yang sering makan makanan asin? Jika ya, maka kemungkinan besar kamu doyan ngemil. Karena makanan asin biasanya terdapat dalam banyak makanan ringan (snack). Rasa asinnya tentu saja didapatkan dari garam. Dan karena dari garam inilah berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Sebab, garam sangat mempengaruhi bagaimana kualitas darah, terkait tekanan darah misalnya.

Rumor beredar bahwa jika kita suka makan asin maka bakal kena darah tinggi. Benarkah itu? Apakah benar, hanya karena sering makan makanan asin bisa menyebabkan tekanan darah tinggi? Jawabannya adalah benar. Jadi ini bukan sekadar rumor, bukan mitos. Melainkan fakta. Mengapa demikian? Karena garam memang memiliki kemampuan mengendap di pumbuluh darah sehingga memicu terjadi penyembatan pembuluh darah dan pengapuran arteri yang disebut sebagai Aterosklerosis. Nah, si Aterosklerosis inilah yang memicu terjadinya darah tinggi alias tekanan darah tinggi.

Ingatlah bahwa tekanan darah tinggi itu bahaya sekali untuk kesehatan. Sehingga kita mesti berhati-hati terhadap penyakit ini. Jangan sampai kecolongan dengan akhirnya malah darah tinggi menimbulkan serangan jantung dan stroke. Oleh sebab itu, penderita hipertensi biasanya dilarang sering makan makanan asin, karena ini. Takutnya penyakitnya semakin parah dan memicu penyakit metabolisme darah lainnya.

Di bawah ini akan kami sajikan uraian tentang dampak sering makan makanan asin untuk kesehatan:

1. Tekanan Darah Naik

Makan makanan asin bisa menyebabkan tekanan darah naik. Ketika tekanan darah naik maka kita akan merasakan nyeri kepala yang hebat. Meski banyak penderita hipertensi bilang tubuhnya tidak merasa lemas, namun tekanan darah tinggi ini sangat mengkhawatirkan karena sewaktu-waktu bisa menyebabkan pembuluh darah jantung maupun otak pecah. Dampaknya adalah kematian.

2. Mudah Sakit Kepala

Ketika kita banyak makan makanan asin maka dampaknya adalah mudah sakit kepala. Jika biasanya orang mengalami sakit kepala faktor cuaca, terik matahari, sedang sakit, gangguan mata, kelelahan, maupun stress. Tetapi sakit kepala yang ini adalah karena gangguan peredaran darah. Sebab, makanan asin yang kaya dengan garam itu memang sangat mempengaruhi aliran darah.

Loading...

3. Gampang Merasa Haus

Orang yang banyak makan makanan asin juga akan gampang merasa haus. Dirinya akan selalu ingin minum meski sudah banyak minum. Karena garam memang mempercepat metabolisme energi tubuh. Sehingga tubuh mudah berkeringat karena cairan terus terbakar dalam proses metabolisme itu.

4. Terkena Dehidrasi

Ketika cairan dalam tubuh habis terbakar terus dan menguap jadi keringat. Maka tubuh rentan mengalami dehidrasi. Jika sudah begini, tentu saja amat bahaya sekali buat kesehatan. Dehidrasi itu bisa menyebabkan pingsan bahkan kematian jika tidak ditangani segera.

5. Buang Air Kecil Terus

Banyak makan makanan asin juga bisa menyebabkan kita kebelet pipis terus. Buang air kecil berkali-kali hanya dalam waktu sebentar. Ini tentu saja cukup merepotkan. Apalagi jika kita tergolong orang yang sibuk bekerja. Maka sebaiknya kita kurangi makanan asin kalau mau kencing normal lagi.

6. Selalu Ingin Makan Manis

Ketika kita sering makan makanan asin niscaya juga akan selalu ingin makan makanan manis. Rasanya kita selalu membutuhkan penetralisir rasa asin, yaitu manis. Kalau begini bisa bahaya sekali buat kesehatan. Di samping makanan asin, malah makan makanan asin juga. Kita juga mesti memperhatikan kadar gula darah, jangan sampai naik karena manis-manis terus makannya.

7. Nafsu Makan Bertambah

Ternyata makan makanan asin juga memberikan dampak positif bisa menambah nafsu makan. Ketika kita memakannya, tubuh jadi berasa lapar terus.

8. Memperbaiki Mood yang Sedang Buruk

Makanan asin juga ampuh dalam memperbaiki mood yang sedang buruk. Cocok dikonsumsi oleh orang yang moody-an.

9. Stimulus Otak Agar Mudah Berpikir

Bila kamu ingin mudah berpikir, maka makanan asin sangat cocok untukmu.

10. Menambah Berat Badan

Tidak hanya makanan manis saja, ternyata makanan asin juga ampuh dalam menaikkan berat badan loh. Ini karena nafsu makan yang melejit.

Baca Juga: 15 Fakta Menghirup Embun untuk Kesehatan

5 Bahaya Sering Makan Makanan Asin yang Lainnya:

11. Lidah Iritasi

12. Mengeluarkan Banyak Air Liur

13. Berkeringat

14. Jantung Berdebar

15. Mudah Lelah dan Lemas

Demikianlah dampak yang terjadi bila kita sering makan makanan asin. Dari berbagai dampak di atas, mayoritas adalah kurang baik manfaatnya. Maka mulai dari sekarang, kontrol konsumsi garam dan makanan asin. Supaya kesehatan lebih terjaga

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top