Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

28 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas untuk Kesehatan

Uncategorized

28 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas untuk Kesehatan

Makanan pedas menjadi favorit banyak orang. Belum makan jika belum ada cabai. Tidak mantap jika tidak menambahkan lombok. Cabai alias lombok memang sangat nikmat disantap. Namun, di balik kelezatannya, tersimpan banyak sekali bahaya yang mesti kita waspadai. Untuk mereka yang menjadikan cabai sebagai pantangan makannya pastilah sudah tahu bahaya-bahaya itu. Tapi untuk yang hingga sekarang masih gila cabai, pastilah kurang paham apa saja bahayanya.

Kita boleh saja suka makan pedas. Tapi kalau berlebihan juga tidak baik. Karena pedasnya cabai itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Sudah pernah pastinya kamu gara-gara kebanyakan makan pedas jadinya kena diare. Mencret berhari-hari dan pada akhirnya malah masuk rumah sakit. Atau malah gara-gara hobi makan cabai jadi punya maag kronis? Ini tentu adalah beberapa dari banyak bahaya sering makan makanan pedas.

Untuk kita yang mengidap maag memang dilarang keras makan pedas. Apalagi yang maag nya sudah kronis. Sedikit saja pedas sudah langsung menyebabkan asam lambung naik. Nyeri perut tak tertahankan itu benar-benar mampu bikin kapok penderita maag dari makan cabai.

Namun untuk yang belum pernah merasakan bahaya makan makanan pedas. Langsung saja renungkan berbagai bahaya di bawah ini:

1. Menyebabkan Kenaikan Asam Lambung

Makan makanan pedas bisa menyebabkan kenaikan asam lambung. Maka dari itu, kita mesti waspada, jangan sampai asam lambung naik hanya karena makanan pedas ini. Jangan remehkan asam lambung yang naik karena ini bahaya sekali. Membuat perut sakit dan mual sepanjang hari. Belum lagi biasanya nyerinya disertai dengan kram bahkan muntah darah.

2. Rongga Perut Jadi Terasa Panas

Makan makanan pedas bisa menyebabkan rongga perut terasa panas. Ketika kita memakannya, perut bagaikan mendidih dan mengepul. Rasa panas ini membuat sensasi mual yang luar biasa. Serta mulas juga. Dan jika sampai susah BAB, biasanya akan buang angin terus. Tentu saja yang begini sangat menyiksa.

Loading...

3. Memicu Diare

Makan makanan pedas juga akan memicu diare. Maka dari itu, kita harus menghentikan kebiasaan buruk ini. Tidak selalu makanan lezat harus berasa pedas. Banyak makanan lain yang tidak pedas namun tetap lezat. Sayangilah organ tubuhmu! Ingat bahwa makan pedas kebanyakan hanya akan menyiksa di kemudian hari. Dan ingat bahwa segala pengobatan penyakit dalam itu mahal dan beresiko kematian.

4. Nyeri Ulu Hati

Pernahkah kamu nyeri ulu hati? Bagaimana rasanya? Tentu sangat menyakitkan sekali, kan? Nyeri ulu hati disebabkan karena terjadi peradangan pada daerah ulu hati atau karena terjadi iritasi akibat asam lambung yang naik. Makan makanan pedas menjadi penyebab paling sering dari nyeri ulu hati. Jika dibiarkan sangat bahaya karena bisa menyebabkan organ limpa pecah.

5. Muntah-Muntah

Jika kita makan makanan pedas terlalu sering juga menyebabkan kita gampang muntah-muntah. Makan makanan yang tidak pedas rasanya jadi mual. Ini karena tubuh sudah kecanduan makan pedas. Coba tanyakan sama orang yang maniak cabai, ketika mereka makan tidak pakai cabai biasanya ingin muntah. Karena dirasanya makanan terasa hambar.

6. Melukai Usus

Makan makanan pedas juga dapat melukai usus. Ini disebabkan lagi-lagi karena asam lambung yang naik. Usus yang kadung iritasi rawan sekali bocor dan infeksi. Dan penyakit infeksi akibat kebocoran usus ini biasanya berakibat fatal untuk kesehatan. Sehingga kita perlu mewaspadainya.

7. Keluarnya Darah dari Feses

Darah bisa saja keluar bercampur feses. Ini adalah darah yang berasal dari saluran cerna. Penyebabnya adalah asam lambung yang kronis mengiritasi selama hidup. Penyakit keluarnya feses yang bercampur darah ini disebut Melena.

8. Terserang Dispepsia dan Jenis Maag Kronis Lainnya

Dispepsia atau jenis maag kronis lainnya seperti GERD misalnya salah satu faktor penyebabnya adalah makan makanan pedas.

9. Terkena Usus Buntu

Biji cabai juga disinyalir menjadi penyebab utama dari radang usus buntu atau yang dikenal dengan Apendisitis. Dan ini harus segera dioperasi.

10. Dehidrasi

Dehidrasi bisa saja terjadi akibat kita makan makanan pedas karena metabolism tubuh berjalan lebih cepat dan tubuh sangat berkeringat kehilangan banyak cairan. Makanya kalau lagi makan pedas mesti sedia banyak air.

Baca Juga: 15 Dampak Sering Makan Makanan Asin untuk Kesehatan

18 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas yang Lainnya:

11. Memicu Stress
12. Membuat Gampang Marah
13. Menyebabkan Kecanduan
14. Menimbulkan Ketergantungan
15. Susah Tidur dan Gelisah
16. Pandangan Jadi Kabur
17. Wajah Jadi Berminyak
18. Muka Gampang Jerawatan
19. Penuaan Wajah
20. Wajah Jelek
21. Muka Jadi Keriput
22. Gangguan Limpa
23. Serangan Jantung
24. Kerusakan Saluran Cerna
25. Pecahnya Pembuluh Darah di Perut
26. Kram Otot Perut
27. Wajah Menggelap
28. Muncul Banyak Komedo di Wajah

Wah, ternyata karena makanan pedas kita bisa mengalami 28 bahaya mengerikan di atas. Maka dari itu, sebaiknya mulai kontrol makan makanan pedas nya. Jangan berlebihan. Dan buat kamu para penderita gangguan lambung dan saluran cerna, sebaiknya justru melepas selamanya cabai.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top