Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Tubuh

Uncategorized

Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Tubuh

Sejak Anda duduk di sekolah dasar, Anda pasti selalu diajarkan untuk mengonsumsi makanan dengan kriteria 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung gizi tertentu yang ideal untuk mencukupi kebutuhan tubuh Anda. Jenis makanannya pun bermacam-macam, mulai dari nasi, daging, sayur, sampai dengan minuman sehat seperti susu. Pentingnya mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna didasari oleh manfaatnya yang akan Anda dapatkan untuk tubuh.

Tubuh manusia didesain dengan kebutuhan nutrisi yang tidak hanya terdiri dari satu jenis nutrisi saja, namun juga beberapa nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi yang dikonsumsi pun harus sesuai porsi dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Nutrisi setiap orang bisa berbeda tergantung dari riwayat kesehatan tubuh mereka dan juga kegiatan yang mereka lakukan setiap hari. Itulah mengapa Anda perlu memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang Anda makan mulai dari sekarang. Agar tubuh Anda tidak mengalami banyak gangguan penyakit.

Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan 4 sehat 5 sempurna yang tepat untuk tubuh, berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan sehat yang patut Anda konsumsi setiap hari.

Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Tubuh

1. Makanan utama atau pokok

Jenis makanan 4 sehat yang pertama yaitu berupa makanan yang mengandung karbohidrat. Mengapa? Karena karbohidrat merupakan nutrisi yang penting untuk Anda dalam menjaga stamina tubuh. Tubuh Anda perlu mendapatkan energy yang cukup agar Anda bisa menjalankan aktivitas setiap hari. Namun hal yang perlu diperhatikan yaitu porsi konsumsi karbohidrat yang Anda makan setiap harinya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat justru akan membuat badan Anda terasa lemas. Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna untuk tubuh yang mengandung karbohidrat yaitu nasi, jagung, sagu, singkong, kentang, dan juga gandum.

2. Makanan berupa lauk pauk

Sudah sejatinya ketika Anda akan mengonsumsi nasi yang mengandung karbohidrat, Anda memerlukan makanan lainnya berupa lauk pauk. Makanan lauk pauk yang dikategorikan sehat dalam rumus 4 sehat 5 sempurna yaitu makanan yang mengandung banyak gizi berupa protein. Protein menjadi salah satu gizi yang penting untuk tubuh Anda karena fungsinya yaitu membantu pembentukan imun tubuh dan membuat hormone Anda menjadi seimbang. Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna untuk tubuh yang mengandung protein yaitu berupa daging ayam, daging sapi, daging kambing, daging ikan, telur, tahu, dan tempe.

3. Sayuran

Setelah mengonsumsi jenis makanan berupa daging yang mengandung protein, Anda perlu menyeimbangkannya dengan sayuran. Kandungan nutrisi yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi sayuran yaitu serat dan juga mineral. Kedua nutrisi tersebut akan membuat pencernaan Anda lebih sehat tanpa adanya gangguan pencernaan. Jenis sayuran yang disarankan yaitu berupa sayur-sayuran hijau. Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna untuk tubuh yang mengandung nutrisi dan mineral adalah kangkung, kacang panjang, tomat, bayam, lobak, kol, wortel, dan masih banyak lagi.

Loading...

4. Buah-buahan

Salah satu jenis makanan yang perlu Anda konsumsi untuk mendapatkan tubuh yang sehat yaitu buah-buahan. Buah-buahan mengandung banyak gula alami yang tidak akan menaikkan kadar gula di tubuh Anda. Selain itu, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat menyehatkan tubuh. Bagi Anda yang ingin diet pun disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah-buahan. Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna untuk tubuh yang disarankan dari jenis buah-buahan yaitu apel, jeruk, anggur, sirsak, alpukat, dan yang lainnya.

5. Susu

Pelengkap terakhir untuk menyempurnakan konsumsi makan Anda yaitu susu. Susu adalah minuman yang perlu Anda konsumsi karena mengandung jenis protein hewani yang baik untuk kesehatan tulang dan juga gigi. Jika Anda tidak terlalu menyukai susu dari hewan, Anda dapat menggantinya dengan susu yang diolah dari bahan kedelai. Kandungan laktosa pada susu mungkin tidak cocok untuk sebagian orang. Nah, jika Anda salah satunya, Anda dapat mengonsumsi susu almond.

Baca Juga: Pembagian Menu Makanan Sehat dalam Sehari

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang contoh makanan 4 sehat 5 sempurna untuk tubuh yang dianjurkan untuk kesehatan Anda. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik dan lebih teliti dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top