Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Saat Mengkonsumsi Antibiotik

Uncategorized

Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Saat Mengkonsumsi Antibiotik

Tentunya kamu tidak maukan obat yang kamu konsumsi menjadi sia-sia? Atau bahkan malah berdampak buruk terhadap tubuhmu gara-gara makanan atau minuman tertentu. Maka, kamu perlu mengetahui makanan dan minuman yang dihindari saat minum obat antibiotik. Sehingga kamu tidak akan mengkonsumsinya sesaat sebelum minum obat.

Bukannya tanpa alasan kita dilarang mengkonsumsi makanan tertentu ketika minum obat. Karena mungkin saja makanan atau minuman tersebut mengandung zat yang reaksinya bertolak-belakang dengan obat yang kamu minum. Tidak hanya meredam fungsi obat tersebut, tapi juga bisa menghambat proses pemulihan. Bahkan bisa membuat penyakit yang diderita bertambah parah.

Tujuan kita mengkonsumsi obat adalah untuk sembuh, jadi hindari makanan atau minuman tertentu. Kamu pasti ingin tahu makanan dan minuman apa yang bisa menghambat reaksi obat ke tubuh, simak yuk ulasannya!

Inilah makanan dan minuman yang dilarang dikonsumsi saat minum obat

Berikut terdapat daftar makanan dan minuman yang harus dihindari saat minum obat antibiotik atau yang lainnya. Seperti yang dilansir dari Times of India!

Produk olahan susu kecuali yoghurt
Susu dan produk susu bisa mengganggu kinerja antibiotik atau obat lainnya yang kamu konsumsi untuk pengobatan. Perlu kamu ketahui kandungan di dalam susu bisa memicu munculnya efek samping antibiotik seperti diare. Lebih baik kamu jangan minum susu sesaat setelah mengkonsumsi antibiotik. Beri jeda beberapa jam jika memaksa ingin meminumnya. Ganti saja susu dengan yoghurt murni tanpa rasa.

Alkohol
Diminum pada saat tidak mengkonsumsi obat saja alkohol sudah memberikan dampak buruk terhadap tubuh, apalagi saat pengobatan. Alkohol termasuk minuman yang harus kamu hindari saat minum obat. Minuman ini bisa menimbulkan efek samping yang tak menyenangkan seperti pusing dan gangguan pencernaan.

Loading...

Makanan asam
Saat sedang minum antibiotik, jangan makan tomat, jeruk bali, lemon dan juga minuman yang bersifat asam. Sebab, bisa menghambat proses penyerapan obat oleh tubuh. Dengan demikian kamu akan sulit memperoleh kesembuhan.

baca juga : Efek Samping Antibiotik yang Harus Kamu Waspadai

Makanan yang tinggi serat
Makanan dan minuman yang harus dihindari saat minum obat selanjutnya adalah yang kaya akan serat. Makanan yang mengandung serat tinggi baik itu biji-bijian, kacang-kacangan atau brokoli sangatlah tidak tepat dikonsumsi bersama dengan antibiotik. Makanan tersebut diketahui mampu menghambat proses penyerapan antibiotik.

Suplemen penambah zat besi
Selanjutnya kamu harus dapat menghindari suplemen zat besi dan kalsium ketika mengkonsumsi obat antibiotik. Berilah jarak sekitar 3 jam jika kamu ingin mengkonsumsinya. Biarkan antibiotik diserap oleh tubuh terlebih dahulu, sehingga tidak menghambat proses penyembuhan.

Makanan berat
Mengkonsumsi makanan berat setelah menelan antibiotik bisa menggagalkan penyerapan obat serta mempengaruhi pencernaanmu. Hal ini karena makanan berat memerlukan waktu yang lebih lama dicerna oleh tubuh. Sehingga, menjadi hambatan dalam mencerna obat antibiotik atau yang lainnya.

Nah, itulah daftar makanan dan minuman yang harus dihindari saat minum obat antibiotik. Alangkah baiknya kamu memperhatikan hal tersebut agar tujuan kamu untuk sembuh bisa cepat tercapai. Bukannya kamu tidak boleh mengkonsumsinya selama pengobatan, tapi beri jeda 3 jam atau biarkan obat diserap dulu oleh tubuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top