Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Makanan Dengan Kandungan Iodium Tertinggi

Uncategorized

20 Makanan Dengan Kandungan Iodium Tertinggi

Iodium adalah kandungan zat yang diperlukan oleh tubuh. Meski tak memerlukan dalam porsi tinggi, Iodium tetap menjadi sumber tenaga dan menjadi zat gizi dan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Iodium merupakan kelompok mineral dengan komponen yang bermanfaat bagi pertumbuhan tubuh. Anda bisa mendapatkan zat Iodium pada makanan dengan kandungan Iodium tertinggi seperti daging ikan. Maka dari itu, Iodium adalah zat penting yang sangat di butuhkan, khususnya Ibu hamil.

Makanan Dengan Kandungan Iodium Tertinggi

Pada ibu hamil, Iodium dibutuhkan sampai 220 mikro gram dalam sehari, kadar tersebut sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Untuk ibu yang sedang menyususi lebih memerlukan kandungan Iodium yakni sebanyak 270 mikro gram. Meski terlihat sedikit, Iodium sangat penting bagi petumbuhan janin dalam rahim sang ibu. Berikut ini adalah makanan dengan Iodium tertinggi yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

1. Ikan Sarden

Jenis ikan sarden dapat ditemukan dengan mudah dalam kemas di supermarket terdekat. Meski dalam kemasan, kandungan Iodium didalamnya tetap di maksimalkan. Ikan sarden dikenal dengan kandungan omega 3 nya yang tinggi. Selain itu, ikan jenis ini juga mengandung banyak Iodium yang baik untuk perkembangan tubuh, janin, bayi, ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon bisa Anda dapat di pasar ikan terdekat. Gizinya sangat banyak, salah satunya adalah kandungan Iodium yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, omega 3 dan omega 6 dalam ikan salmon juga sangat banyak. Jadi tidak hanya mendapat kandungan Iodium yang baik untuk pertumbuhan tubuh, Anda juga bisa memperoleh omega 3 dan omega 6 yang baik untuk otak.

3. Ikan Tuna

Sama seperti kandungan ikan pada umumnya seperti ikan salmon dan ikan sarden, ikan tuna juga sangat kaya akan omega 3 dan omega 6. Makanan laut ini juga sangat populer di beberapa Negara seperti Jepang dan Indonesia karena rasanya yang sangat lezat. Didalam setiap iris dagingnya terdapat banyak kandungan Iodium didalamnya.

4. Cumi-Cumi

Cumi-cumi memiliki kandungan Iodium yang banyak. Makanan yang terbuat dari cumi-cumi juga sangat enak dengan cita rasa asin yang sangat khas. Dari sini lah dugaan kuat terkandung-nya Iodium sangat berpotensi karena Iodium biasanya ditandai dengan makanan-makanan asin seperti makanan laut.

Loading...

5. Kerang

Kerang memiliki rasa yang unik dan lezat. Makanan laut ini tidak hanya mengandung banyak manfaat seperti membantu dalam menurunkan kolestrol dan sebagainya, kerang juga mengandung banyak kandungan Iodium yang sehat untuk tubuh. Selain itu, makanan seafood ini juga memiliki rasa yang sangat enak dengan harga yang terjangkau.

6. Lobster

Makanan dari hewan bercangkang ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan daging kepiting yang lezat. Meski begitu, baik lobster dan kepiting sama-sama mengandung kolestrol yang tinggi dan tidak baik untuk tubuh. Namun, lobster juga merupakan makanan dengan kandungan Iodium yang tinggi.

7. Rumput Laut

Bisa dengan mudah Anda temukan dibawah laut dan dikemas dalam beberapa kemasan di supermarket. Tidka hanya mengandung Iodium yang banyak, rumput laut juga kaya akan omega 3 dan omega 6. Dalam sebuah penelitian, kandungan Iodium pada rumput laut dapat mencapai lebih dari 2000 kali lebih banyak dari sayuran di darat.

8. Gram Beriodium

Garam jenis ini memiliki kandungan Iodium yang sangat tinggi. Pada abad ke-20, garam jenis ini sudah tercipta dan dibuat khusus untuk meningkatkan pengkonsumsian kandungan Iodium pada masyarakat.

9. Suplemen Khusus

Beberapa suplemen khusus yang berisikan zat Iodium tinggi telah dibuat demi mempermudah pengkonsumsian. Meski begitu, suplemen ini mengandung sintesis tinggi tapi teknologi ini sangatlah berguna.


10. Kelp

Kelp merupakan bahan dengan kandungan Iodium yang tinggi. Tidak hanya baik untuk kesehatan kelenjar tiroid, kelp juga membantu dalam meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium dalam tubuh.

Makanan Dengan Kandungan Iodium Tinggi Lainnya:

11. Susu
12. Ganggang-Ganggangan
13. Bayam
14. Daun Pepaya
15. Telur
16. Apel
17. Daging
18. Sereal
19. Jeruk
20. Keju Olahan

Baca juga: 28 Makanan Penyebab Sakit Ginjal yang Seharusnya Anda Hindari

Iodium sangat baik, tetapi mengkonsumsi dalam takaran pasa adalah pilihan yang baik agar tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi lainnya tidak terganggu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top