Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Makanan Dengan Kandungan Lutein dan Zeaxanthin Terbanyak

Uncategorized

14 Makanan Dengan Kandungan Lutein dan Zeaxanthin Terbanyak

Lutein atau zeaxanthin merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk tubuh. Anda bisa mendapatkan kedua kandungan ini banyak di buah-buahan dan sayuran. Lutein dan juga zeaxanthin sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan beberapa organ tubuh lainnya. Jadi bagi Anda yang ingin membuat mata Anda menjadi sehat, selain vitamin A, Anda hanya perlu rajin mengkonsumsi makanan dengan kandungan lutein dan zeaxanthin terbanyak.

Makanan Dengan Kandungan Lutein dan Zeaxanthin Terbanyak

Makanan dengan kandungan lutein dan zeaxanthin memang dikenal sebagai makanan yang sangat menyehatkan bagi mata. Karena itu, zat ini menjadi zat penting bagi mata setelah vitamin A. Retina serta area macula dalam retina sangat memerlukan perawatan agar penglihatan tetap prima. Makanan dengan lutein dan zeaxanthin sangat di perlukan. Berikut ini adalah daftar makanan dengan kandungan lutein dan zeaxanthin terbanyak yang sehat untuk tubuh.

1. Kale

Sayur hijau menjadi salah satu sumber lutein dan zeaxanthin yang banyak. Salah satunya adalah kale, sayuran hijau yang dapat dengan mudah Anda temukan di Indonesia. Sayuran ini akan membantu dalam menyehatkan mata karena mengandung banyak lutein dan zeaxanthin. Dalam satu ikat kale atau satu batang sayur kale, setidaknya mengandung sebanyak 23.6 mg lutein dan zeaxanthin didalamnya.

2. Bayam

Sayur bayam sangat enak di konsumsi. Selain itu, bayam menjadi sumber tenaga yang menyehatkan. Selain memiliki kandungan vitamin C yang banyak, bayam juga mengandung banyak zat lutein dan zeaxanthin didalamnya. Tercatat, bayam bisa menjadi alternatif dalam pemenuhan zat lutein dan zeaxanthin yang di perlukan tubuh.

3. Lobak Hijau

Sayuran lobak dengan warna hijau pada daunnya memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang lebih kuat. Selain itu, lobak hijau juga mengandung banyak serat, protein dan berbagai vitamin yang sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan. Lobak juga menjadi sarana penting dalam meningkatkan penglihatan, khususnya bagi Anda yang memiliki masalah melihat pada tempat yang terang.

4. Jagung Manis

Jagung jenis ini bukan sembarang jagung, lebih spesial dari jenis jagung pada umumnya. Jagung manis masuk dalam daftar makanan sayuran yang sehat. Penuh akan kandungan zat lutein dan zeaxanthin yang bisa menyehatkan mata Anda. Selain itu, jagung manis juga sangat cocok di makan dengan di olah sebagai sup. Namun, Anda di haruskan untuk memeriksa kematangan jagung manis sebelum Anda konsumsi.

Loading...

5. Brokoli

Sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk mata. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A,C dan Kaya akan vitamin E. Jadi, selain dapat meningkatkan daya penglihatan pada mata, brokoli juga berfungsi baik dalam menyehatkan organ tubuh dalam dan kulit. Brokoli dapat di sajikan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah jus yang sangat sehat.

6. Romaine Lettuce

Salada hijau yang sangat segar dan sehat. Selain memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat banyak, salada jenis ini juga mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kulit dan mata. Tidak hanya itu, beberapa penyakit mata berat dapat diatasi dan dicegah dengan makanan ini seperti katarak, sakit mata, kornea rusak, retina mata rusak dan lainnya.

7. Kacang Polong

Kacang jenis ini kaya akan vitamin A, jadi selain kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk mata, vitamin A nya juga sangat bermanfaat bagi perkembangan mata dan organ penting lainnya seperti hati.

8. Collards

Sayur hijau yang hampir mirip dengan sawi. Kandungannya sangat banyak. Collards memiliki kandungan vitamin C dengan lutein dan zeaxanthin yang banyak pula. Meski cocok menjadi salad, collards haruslah di rebus terlebih dahulu sebelum dijadikan salad.

9. Buncis

Dapat Anda temukan dengan mudah dan memiliki kandungan lutein serta zeaxanthin yang sangat banyak. Meski terlihat aneh dengan rasa dan aroma yang kuat, buncis memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat.

10. Telur

Selain memiliki kandungan vitamin A yang banyak dan dapat membantu pembentukan masa ottot, telur juga mengandung zat lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata.

Makanan Dengan Lutein dan zeaxanthin Terbanyak Lainnya:

11. Jeruk
12. Brussels Sprouts
13. Wortel
14. Apel

Baca juga: 12 Jenis Makanan Sehat yang Rendah Kolesterol

Meski memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang banyak, makanan diatas tak boleh Anda konsumsi secara berlebihan agar kandungan gizi dan nutrisi dalam tubuh Anda tetap seimbang.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top