Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

36 Makanan Dengan Kandungan Serat Tertinggi

Uncategorized

36 Makanan Dengan Kandungan Serat Tertinggi

Serat adalah salah satu kandungan zat yang sangat penting untuk tubuh. Banyak sekali manfaat yang dapat diberikan oleh zat serat seperti memperlancar peredaran darah dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Serat memang penting, sayangnya banyak orang yang mengabaikan pentingnya serat ini. Banyak hal yang serius bisa terjadi jika kita kekurangan serat, seperti mengalami susah BAB dan gangguan perut lainnya. Makanan dengan serat terbanyak dapat dengan mudah ditemukan di sayur-sayuran.

Makanan Dengan Kandungan Serat Tertinggi

Tubuh orang dewasa harus memiliki serat yang pas. Tidak hanya itu, golongan khusus seperti anak-anak, bayi dan ibu hamil serta menyusui memerlukan serat lebih banyak dari umumnya karena berada dalam masa yang memerlukan banyak zat gizi dan nutrisi khususnya serat. Berikut ini adalah daftar makanan dengan kandungan serat terbanyak.

1 Kacang Lima

Kacang jenis ini memiliki kandungan serat yang banyak yakni dapat mencapai hingga 19 gram dalam 100 gram kacang lima. Selain itu, kacang lima juga mengandung banyak vitamin K, E, asam folat, vitamin B6 dan pantotenat yang sangat baik untuk tubuh. Kacang ini berukuran 0.5 bahkan sampai 1 cm, ukuran tersebut adalah normal dan memiliki kandungan serat yang melimpah.

2. Kacang Pinto

Kacang pinto dapat Anda temui dengan mudah di Indonesia. Kacang ini mengandung banyak serat, tercatat, serat didalamnya dapat mencapai 15.5 gram dalam 100 gram berat kacang pinto. Kacang ini juga bisa dijadikan sup yang enak dan sehat untuk di konsumsi oleh orang penyakitan. Tidak hanya itu, kacang pinto juga dikenal sebagai kacang-kacangan yang kaya akan protein.

3. Almond

Kacang almond tidak hanya lezat, kacang ini juga mengandung banyak vitamin E, seng, niasin, tembaga, magenisum, kalsium, zat besi, serat, fostor dan berbagai vitamin penting lainnya. Beberapa manfaat yang diberikan almond adalah meningkatkan daya ingat, mengatasi diabetes, mengatasi segala gangguan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Almond memiliki kandungan serat sebanyak 12,2 gram dalam 100 gram almond.

4. Kacang Lentil

Kacang ini mengandung lebih dari 10 gram dalam 100 gram kacang lentil. Tidak hanya itu kacang ini juga mengandung banyak kandungan zat besi, tembaga, seng, vitamin B1 serta fenol. Manfaat yang diberikan diantaranya adalah meningkakan masa otot, menjaga kesehatan ibu hamil dan menurunkan resiko kanker.

Loading...

5. Kacang Pistachio

Kacang ini mengandung setidaknya 10,3 gram dalam 100 gram kacang pistachio. Bisa dengan mudah Anda temukan di Negara bagian timur seperti Iran atau mudah juga ditemukan di Indonesia. Kacang ini memberikan efek positif pada pencernaan.

6. Kacang Pecans

Beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dalam mengkonsumsi kacang ini adalah membantu menurunkan kolestrol, berat badan dan menjauhkan diri dari resiko terkena penyakit kanker. Kacang ini mengandung hingga 6,6 gram dalam 100 gram kacang pecans.

7. Kacang Tanah

Jenis kacang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia dan mudah dalam perawatannya. Beberapa manfaat yang diberikan yaitu membantu dalam menurunkan kolestrol, meningkatkan kekebalan dan menjauhkan diri dari resiko kanker serta sel-sel radiasi penyebab tumor dan kanker.

8. Quinoa

Salah satu jenis biji, Anda bisa menemukannya di Amerika Serikat dan Indonesia. Jenis biji-bijian ini mengandung banyak zat yang bermanfaat seperti zat besi, tembaga, kalsium, kalium, vitamin A dan tentunya kaya akan serat yang bisa mencapai 7 gram dalam 100 gram timbangan quinoa.

9. Kenari 

Kenari mengandung setidaknya 6,7 gram dalam 100 gram kenari. Selain mengandung banyak serat, kenari juga mengandung banyak vitamin E, K, C, A, B6, asam folat, thiamin, niasin, riboflavin dan sebagainya.

10. Raspberry

Mengandung setidaknya 6.5 gram dalam 100 gram raspberry. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung banyak asam folat, ketin, kempferol, vitamin C, B dan sebagainya.

Makanan Dengan Kandungan Serat Tinggi Lainnya:

11. Artichoke
12. Blackberry
13. Kedelai
14. Apel
15. Roti Gandum
16. Oatmeal
17. Brussel Sprouts
18. Kismis
19. Terong
20. Buncis
21. Apel
22. Pisang
23. Bayam
24. Kangkung
25. Daun Selada
26. Pare
27. Paprika
28. Wortel
29. Kentang
30. Pir
31. Alpukat
32. Jambu Biji Merah
33. Buah Berry
34. Buah Kiwi
35. Mangga
36. Nanas

Baca juga: 30 Jenis Makanan Anti Penuaan Dini untuk Tubuh

Serat yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh, maka dari itu, Anda dilarang untuk terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat terbanyak, cukup sesuai dengan umur Anda agar keseimbangan gizi dan nutrisi dapat terjaga.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top