Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Makanan Dengan Kandungan Vitamin B12 Terbanyak

Uncategorized

14 Makanan Dengan Kandungan Vitamin B12 Terbanyak

Vitamin B12 merupakan kobalamin, termasuk salah satu golongan vitamin B yang sangat penting untuk tubuh. Dalam vitamin B12, nutrisinya dapat membantu dalam mengstabilkan system syaraf Anda, DNA, anemia, menjaga darah serta organ tubuh penting lainnya. Untuk memaksimalkan khasiat dari vitamin B12, Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan vitamin B12 terbanyak yang akan di bahas.

Makanan Dengan Vitamin B12 Tertinggi

Dalam memenuhi asupan gizi dan nutrisi khususnya vitamin B12 dalam tubuh, manusia dewasa memerlukan 2.4 mcg vitamin B12, baik laki-laki dewasa ataupun perempuan dewasa. Tidak hanya bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit, vitamin B12 juga sangat berkhasiat dalam meningkatkan kualitas otak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah makanan dengan vitamin B12 tertinggi.

1. Ikan Haring

Ikan Haring memiliki kandungan vitamin yang banyak, tidak hanya vitamin B12, ikan haring juga mengandung vitamin D dan berbagai nutrisi seperti kalori, serat, fosfor, asam lemak sehat dan lainnya. Ikan haring memiliki kandungan vitamin B12 sampai dengan 13,11 mcg dalam 100 gram ikan haring.

2. Ikan Tuna

Tidak hanya bagus untuk kecerdasaan dan kulit, ikan tuna juga mengandung banyak gizi dan nutrisi salah satunya adalah kaya akan vitamin B12. Tuna mengandung setidaknya 10,3 mcg dalam 100 gram ikan tuna. Ikan ini juga bermanfaat dalam membentuk otot, sebagai sumber energy, sehat untuk jantung, sehat bagi kulit, rambut, kuku dan bagian tubuh lainnya.

3. Kepiting

Termasuk sea food, kepiting memiliki rasa yang unik dan sangat enak. Daging kepiting memiliki manfaat yang banyak dan kaya akan vitamin B12. Tercatat, vitamin B12 yang ada pada 100 mg daging kepiting dapat mencapai hingga 9,3 mcg. Tidak hanya itu, kepiting juga sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Ikan Sarden

Sarden dapat Anda temui dengan mudah di supermarket dalam kemasan atau di pasar ikan. Sarden memiliki kandungan vitamin B12 sebesar 8,72 mcg dalam 100 gram ikan sarden. Sarden juga sangat baik untuk gigi dan tulang karena kaya akan zat besi.

Loading...

5. Caviar

Caviar merupakan nama lain telur ikan sturgeon. Caviar ini memiliki kandungan vitamin B12 sebanyak 5,54/100 gram. Selain enak, caviar juga mengandung banyak vitamin A dan vitamin E.

6. Kerang

Vitamin B12 yang terkandung dalam 100 gram kerang adalah 5,12 mcg. Selain lezat, kerang juga merupakan salah satu makanan laut yang kaya akan vitamin A, B1, B2, B3 dan vitamin D. Cocok untuk orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

7. Ikan Salmon

Dapat Anda temui dengan mudah di Indonesia dan menjadi salah satu jenis ikan yang sangat kaya akan vitamin B12. Ikan salmon memiliki vitamin B12 sebanyak 3,12 mcg dalam 100 gram ikan salmon. TIdak hanya itu, ikan salmon juga mengandung banyak vitamin B1, B2, B3 dan omega 3 sampai 2 gram dalam 2 ons ikan salmon.

8. Daging Sapi

Daging sapi memiliki kandungan vitamin B12 yang banyak yaitu 3,75 mcg dalam 200 gram daging sapi. Tidak hanya kaya akan protein, daging sapi juga memiliki kalori yang banyak. Namun karena lemak dalam daging sapi serta kolestrol yang tinggi, Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya setiap hari.

9. Daging Kambing

Sama seperti daging sapi, daging kambing juga memiliki banyak lemak dengan kolestrol yang tinggi. Maka dari itu harap hindari pengkonsumsian sesering mungkin. Daging kambing memiliki vitamin B12 sampai dengan 2,55 mcg dalam 100 gram daging kambing.


10. Ikan Kod

Ikan kod memiliki vitamin B12 sebanyak 1,23 mcg dalam 100 gram ikan kod. Tidak hanya itu, ikan kod memiliki khasiat dalam menyembuhkan kolestrol, penyakit jantung, gangguan arteri jantung serta gangguan darah.


Makanan Dengan Vitamin B12 Tertinggi Lainnya:

11. Keju
12. Apel
13. Telur
14. Daging Ayam


Baca juga: 10 Bahaya Memelihara Kucing untuk Kesehatan

Dengan tidak mengkonsumsi vitamin B12 atau kurang, Anda bisa terkena beberapa penyakit seperti mudah lesu, emosional, gangguan pernapasan dan lainnya. Karena itu, makanan dengan kandungan vitamin B12 terbanyak diatas sangat di anjurkan dalam memenuhi asupan gizi dan nutrisi Anda.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top