Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

36 Makanan Dengan Kandungan Zat Besi Tertinggi

Uncategorized

36 Makanan Dengan Kandungan Zat Besi Tertinggi

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Banyak manfaat yang dapat Anda rasakan jika rajin mengkonsumsi makanan dengan zat besi tinggi agar dapat mencapai asupan zat besi yang dianjurkan. Untuk wanita, zat besi yang diperlukan sekitar 14,9 mg dalam sehari. Untuk laki-laki memerlukan 8,9 mg per hari.

Makanan Dengan Zat Besi Tinggi

Manfaat zat besi banyak sekali. Beberapa diantaranya adalah membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, memperkuat tulang, memperkuat gigi serta manfaat lainnya. Zat besi bisa Anda dapatkan dari makanan hewani, zatnya disebut zat besi heme (Hewani). Untuk zat besi dari tanaman disebut zat besi non heme (Alami). Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah makanan dengan kandungan zat besi terbanyak.

1. Gurita

Gurita tidak hanya lezat jika dikonsumsi dalam berbagai metode, daging gurita juga memiliki zat besi yang sangat tinggi dan bisa mencapai sekitar 7,3 mg dalam 75 gram. Gurita juga bermanfaat dalam meningkatkan system daya tahan tubuh, meningkatkan sel darah merah, kaya akan vitamin B6, B12 serta vitamin C.

2. Hati Sapi

Tetap saja meski memiliki kandungan zat besi tinggi, hati sapi merupakan salah satu makanan dengan kolestrol tinggi dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi terlalu banyak. Hati sapi mengandung 4,2 mg dalam 75 gram hati sapi.

3. Caviar

Caviar memiliki harga yang mahal dan termasuk dalam makanan laut. Meski begiut, caviar memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah berbagai penyakit, kaya omega 3, kaya vitamin A, E, C dan memiliki kandungan zat besi yang tinggi yaitu mencapai 3,37 mg/100 gram.

4. Tiram

Tiram memiliki kandungan protein tinggi, vitamin D, B12, selenium, tembaga, mangan dan zat besi. Untuk zat besi, Anda dapat menemukan kandungan zat besi sebanyak 3,3 mg dalam 75 gram tiram laut. Cukup banyak untuk memenuhi asupan gizi zat besi Anda disamping rasa tiram sangat lezat.

Loading...

5. Kepiting

Daging kepiting boleh sedikit, tapi tidak untuk nutrisi yang dikandungnya. Kepiting memiliki banyak kandungan diantaranya asam amino, tembaga, seng, fostro dan zat besi serta mineral lainnya. Kepiting memiliki zat besi sampai 2,3 mg dalam 75 gram daging kepiting.

6. Bebek

Sama dengan ayam, daging bebek sangat enak untuk dikonsumsi. Bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan serta kaya akan zat besi, vitamin B5 dan B12. Bebek memiliki zat besi sebanyak 1,8 mg/75 gram.

7. Sarden

Ikan sarden dapat mengandung setidaknya 1,7 mg di 75 gram sarden. Zat besi sangat bagus dikonsumsi bagi anak-anak, orang tua serta wanita. Kandungan fosfor dapat meningkatkan kepadatan tulang dan gigi serta kaya akan vitamin D.

8. Daging Sapi

Daging sapi memiliki protein yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain zat besi, daging sapi juga mengandung seng dan selenium serta kaya akan vitamin A, B dan D. Cocok untuk Anda konsumsi bagi penderita mata, jantung, gangguan mental serta penyakit syaraf.

9. Ikan Makarel

Ikan makarel memiliki kandungan zat besi hingga 1,4 mg dalam 75 gram. Ikan jenis ini dapat Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Ikan ini memiliki kandungan omega 3 yang banyak dan baik dalam jantung, penyakit komplikasi jantung serta stroke. Makarel juga mengandung kalium yang banyak dan dapat mengatasi segala gangguan produksi darah merah.


10. Daging Kambing

Daging kambing memiliki zat besi yang sehat untuk manusia, khususnya perempuan. Zat besi yang terkandung dalam daging kambing dapat mencapai hingga 1,3 mcg/75 gram dan dapat membantu mengatasi gangguan metabolisme tubuh.

Makanan Dengan Kandungan Zat Besi Tertinggi Lainnya:

11. Telur
12. Apel
13. Asparagus
14. Bayam
15. Tomat
16. Edamame
17. Kentang
18. Buah Bit
19. Labu
20. Kedelai
21. Kacang Merah
22. Kacang Koro
23. Kacang Hitam
24. Kacang Kapri
25. Markisa
26. Alpukat
27. Sukun
28. Kurma
29. Pepaya
30. Bayam
31. Sumsum Ayam
32. Daging Ayam
33. Kacang Panjang
34. Almond
35. Pisang
36. Sawi

Baca juga: 14 Dampak Bahaya Minum Arak Untuk Kesehatan

Zat besi sangat berperan tenting dalam proses haematopoiesis (Pembentukan sel darah merah) sehingga sangat penting untuk Anda konsumsi, tidak hanya memenuhi asupan zat besi, namun juga memenuhi asupan gizi dan nutrisi lain yang diperlukan tubuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top