Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

77 Jenis Makanan Mengandung Anti Oksidan yang Tinggi

Uncategorized

77 Jenis Makanan Mengandung Anti Oksidan yang Tinggi

Jenis makanan mengandung anti oksidan yang tinggi akan melindungi tubuh Anda dari efek buruk yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas ke tubuh. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab utama beberapa penyakit yang menyerang tubuh Anda, terutama kanker. Untuk menghalau efek buruk radikal bebas ini, Anda perlu mengonsumsi makanan dengan kadungan anti oksidan yang baik dan alami sehingga tidak memberikan efek samping.

Gejala atau akibat yang ditimbulkan oleh radikal bebas tidak akan terasa pada tubuh Anda. Efeknya akan Anda rasakan nanti di kemudian hari. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Karena pengobatan dari penyakit yang ditimbulkan oleh paparan radikal bebas lebih merepotkan dan juga mahal. Solusi untuk mencegah dampak buruk radikal bebas yang paling mudah adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan mengonsumsi makanan dengan kandungan anti oksidan.

77 Jenis Makanan Mengandung Anti Oksidan yang Tinggi

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung anti oksidan yang tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Daun bawang

Jenis makanan yang satu ini sudah sering kita gunakan sebagai salah satu bahan penting dalam beberapa jenis masakan. Siapa sangka jika daun bawang mengandung nutrisi yang baik sebagai anti oksidan sehat bagi tubuh.

2. Bawang putih

Kandungan sulphur alium dalam bawang putih merupakan senyawa utama dalam mencegah efek buruk dari paparan radikal bebas. Selain itu, bawang putih juga mengandung serat, vitamin C, vitamin B6 dan yang lainnya.

3. Terong

Mulailah mengonsumsi terong dengan lebih sering. Terong mengandung antosinan yang berguna sebagai senyawa anti oksidan dalam tubuh Anda. Pastikan Anda mengolah terong dengan baik agar kandungan nutrisinya tidak berkurang.

Loading...

4. Anggur merah

Jenis buah yang satu ini tidak hanya berguna sebagai salah satu buah sehat, namun juga dapat melindungi tubuh Anda dari efek buruk radikal bebas. Kandungan katekin dan flavonoidnya mampu menjadi anti oksidan yang sehat alami.

5. Labu kuning

Beta karoten dalam buah labu kuning adalah bahan anti oksidan utama dalam buah ini. Buah labu kuning juga mengandung vitamin A dan serat yang cukup tinggi sehingga dapat menyehatkan mata dan melancarkan pencernaan Anda.

6. Mangga

Siapa yang tidak menyukai buah mangga? Buah yang satu ini ternyata merupakan buah anti oksidan bagi tubuh yang menyehatkan. Anda dapat mencegah kanker, melancarkan pencernaan, dan menyehatkan mata dengan mengonsumsi buah ini.

7. Aprikot

Buah aprikot yang manis mengandung kandungan anti oksidan berupa beta karoten untuk menghalau efek buruk dari radikal bebas. Aprikot juga rendal kalori sehingga dapat dikonsumsi saat diet.

8. Wortel

Selama ini kita hanya mengenal wortel sebagai salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin C. Wortel tidak hanya berguna sebagai asupan nutrisi mata Anda, namun juga sebagai makanan anti oksidan yang tinggi.

9. Bayam

Sayur berupa bayam yang masih segar dapat memberikan manfaat anti oksidan yang cukup tinggi ke tubuh Anda. Zat besi dalam bayam akan mencegah gejala penyakit anemia dan memberikan Anda energi yang cukup dalam menjalankan aktivitas.

10. Peterseli

Jenis daun yang satu ini lebih dikenal sebagai penghias makanan dan pengharum makanan. Peterseli mengandung sejumlah senyawa anti oksidan seperti apigenin, luteloin, dan juga apiin yang mampu melindungi tubuh Anda dari dampak buruk radikal bebas.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan dengan Kandungan Vitamin K yang Tinggi

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan mengandung anti oksidan yang tinggi lainnya. Berikut ini 67 jenis makanan lainnya:

67 Jenis Makanan Mengandung Anti Oksidan yang Tinggi Lainnya

11. Teh hijau
12. Paprika merah
13. Apel
14. Brokoli
15. Kubis
16. Kembang kol
17. Tomat
18. Whey Protein
19. Gandum utuh
20. Jahe
21. Strawberry
22. Teh hijau
23. Coklat
24. Sorgum
25. Temulawak
26. Bawang Merah
27. Wijen
28. Kentang
29. Seledri
30. Belimbing wuluh
31. Belimbing besi
32. Pisang
33. Jeruk mandarin
34. Jeruk nipis
35. Melon
36. Pir
37. Timun Suri
38. Daun Belalai gajah
39. Bawang lanang
40. Umbi-umbian
41. Ubi jalar
42. Ubi cilembu
43. Ubi ungu
44. Talas
45. Pare
46. Markisa
47. Terong belanda
48. Buah naga
49. Sawi
50. Seledri
51. Biji bunga matahari
52. Rebung
53. Buah bit
54. Asparagus
55. Daun ubi
56. Daun sirsak
57. Cabai
58. Jambu air
59. Cranberry
60. Kedelai
61. Kacang hijau
62. Pepaya
63. Air kelapa
64. Buah mengkudu
65. Daun afrika
66. Daun mengkudu
67. Bunga pepaya
68. Delima
69. Manggis
70. Apel
71. Kiwi
72. Kurma
73. Tomat cerry
74. Jambu Biji
75. Sawo
76. Bunga melati
77. Kacang tanah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung anti oksidan yang tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top