Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Jenis Makanan Mengandung Oksalat Sedang untuk Tubuh

Uncategorized

30 Jenis Makanan Mengandung Oksalat Sedang untuk Tubuh

Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang beberapa jenis makanan mengandung oksalat sedang untuk tubuh Anda. Topik lalu kita sudah membahas beberapa jenis makanan dengan kandungan oksalat yang rendah. Makanan tersebut bisa dikonsumsi oleh Anda dengan bebas tanpa banyak gangguan kesehatan ginjal. Sedangkan untuk jenis makanan dengan kandungan oksalat yang sedang masih bisa dikonsumsi namun dengan memperhatikan jumlah porsinya.

Oksalat merupakan zat yang dapat memberikan efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak. Efeknya yaitu dapat membuat kesehatan ginjal Anda menurun dan mengurangi kemampuannya dalam membantu proses pencernaan di dalam tubuh. Jika Anda lebih teliti dalam memilih jenis makanan dengan kandungan oksalatnya, maka Anda akan terhindar dari beberapa penyakit ginjal dan gejala gangguan kesehatan lainnya.

30 Jenis Makanan Mengandung Oksalat Sedang untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung oksalat sedang untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sarden

Kandungan protein dalam ikan sarden cukup tinggi. Ikan ini tergolong ke dalam jenis makanan sehat yang baik untuk tubuh. Namun jika Anda punya masalah kesehatan pada ginjal, sebaiknya tidak mengonsumsi ikan sarden terlalu banyak.

2. Biji bunga matahari

Olahan biji bunga matahari atau sering disebut dengan kuaci sering dijadikan camilan sehat yang mengenyangkan. Ternyata biji bunga ini tidak bisa dikonsumsi berlebihan karena dapat mempengaruhi kesehatan ginjal dengan kandungan oksalatnya.

3. Yogurt

Makanan fermentasi yang satu ini sering diandalkan bagi mereka yang ingin membuat diet berhasil. Yogurt juga mengandung oksalat yang sedang sehingga tidak bisa dikonsumsi terlalu banyak dalam sehari. Cukup 2 sampai 3 porsi dalam dua hari saja.

Loading...

4. Biji rami

Biji rami merupakan jenis biji sehat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda. Jenis biji yang satu ini ternyata mengandung oksalat dalam kadar yang sedang sehingga perlu berhati-hati sebelum mengonsumsinya.

5. Jeroan hati

Tidak hanya daging yang dikonsumsi dari hewan, namun juga organ dalamnya seperti hati. Jeroan hati mempunyai kandungan oksalat yang sedang. Anda juga akan mengalami banyak gejala penyakit jika mengonsumsinya terlalu banyak.

6. Selada air

Konsumsi selada air sebaiknya dibatasi. Walaupun sayuran yang satu ini mengandung cukup banyak serat dan nutrisi lainnya, Anda juga tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak karena mengandung oksalat yang cukup tinggi.

7. Tomat

Kandungan oksalat dalam tomat dapat mempengaruhi kinerja ginjal Anda. Buah segar yang satu ini memang mengandung cukup zat besi namun konsumsinya dalam sehari juga perlu Anda batasi agar tidak memberikan efek buruk.

8. Asparagus

Asparagus sering dijadikan bahan tambahan dalam masakan karena dapat memberikan banyak rasa yang unik ke dalam makanan. Anda juga perlu mengetahui bahwa asparagus memiliki banyak kandungan oksalat yang tidak sedikit.

9. Arthicoke

Satu lagi jenis sayuran dengan kandungan oksalat yang sedang untuk tubuh Anda. Arthicoke sering menjadi bahan sayuran untuk dijadikan makanan berupa sayuran yang lezat. Jumlahnya perlu Anda kurangi jika tidak ingin kesehatan ginjal terganggu.

10. Kubis brussel

Kubis yang satu ini juga mengandung kadar oksalat sedang. Jenis kubis brussel memang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan serat namun tidak bisa Anda konsumsi terlalu banyak karena kandungan oksalatnya.

Baca Juga: 15 Jenis Makanan Rendah Oksalat untuk Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan mengandung oksalat sedang untuk tubuh lainnya. Berikut ini 20 jenis makanan lainnya:

20 Jenis Makanan Mengandung Oksalat Sedang untuk tubuh Lainnya

11. Brokoli
12. Jagung
13. Pasta gandum
14. Oatmeal
15. Roti putih
16. Makanan dengan bahan jagung
17. Beras merah
18. Bagel
19. Stroberi
20. Nanas
21. Apel
22. Pir
23. Plum
24. Persik
25. Jeruk mandarin
26. Plum ungu
27. Kelapa
28. Aprikot
29. Cranberi
30. Bir

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung oksalat sedang untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top