Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

37 Jenis Makanan Mengandung Oksalat yang Tinggi

Uncategorized

37 Jenis Makanan Mengandung Oksalat yang Tinggi

Jenis makanan mengandung oksalat yang tinggi tidak diperkenankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Oksalat akan membuat ginjal Anda mudah terjangkit penyakit batu ginjal dan gejala penyakit lainnya. Jika Anda mempunyai beberapa masalah pada organ yang satu ini, maka menghindari makanan dengan kandungan oksalat yang tinggi menjadi hal yang wajib. Lalu mengapa oksalat bisa membuat ginjal Anda terjangkit penyakit?

Oksalat merupakan jenis zat yang tergolong ke dalam kalsium tubuh. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan oksalat yang tinggi, maka akan terjadi penumpukan zat ini di dalam tubuh. Ginjal sebagai bagian dari penyaring sari makanan yang Anda konsumsi akan terkena dampak yang cukup berbahaya. Tidak hanya ginjal namun juga organ lainnya seperti hati. Anda akan merasakan rasa nyeri pada bagian ginjal jika terjadi penumpukan oksalat.

37 Jenis Makanan Mengandung Oksalat yang Tinggi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan mengandung oksalat yang tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Kacang buncis

Jenis kacang yang satu ini menjadi bagian dari masakan yang sudah sering digunakan oleh banyak ibu-ibu dalam membuat menu masakan. Namun konsumsinya untuk penderita gangguan kesehatan ginjal tidaklah disarankan.

2. Okra

Makanan lainnya yang mengandung oksalat cukup tinggi yaitu okra. Okra merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung cukup banyak nutrisi namun tidak baik dikonsumsi untuk ginjal karena kandungan oksalatnya.

3. Labu siam

Jenis labu yang satu ini bukanlah buah labu, namun jenis sayuran yang bentuknya seperti buah labu. Labuh siam mengandung oksalat yang tinggi sehingga Anda yang ingin mencegah penyakit batu ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi labu siam.

Loading...

4. Bayam

Sayuran bayam dikenal sebagai sayuran dengan kandungan zat besi yang banyak. Tidak hanya zat besi saja namun juga mengandung oksalat yang cukup tinggi. Jika Anda memerlukan makanan sehat untuk ginjal, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi bayam terlalu banyak.

5. Peterseli

Sayuran lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal Anda yaitu peterseli. Kandungan oksalat dalam sayuran yang satu ini cukup tinggi. Penggemar peterseli dengan gangguan ginjal sebaiknya mulai mengurangi konsumsinya.

6. Kangkung

Selain mengandung oksalat yang tinggi, kangkung juga dikenal sebagai makanan yang dapat memberikan gejala kantuk. Konsumsi kangkung tetap diperbolehkan namun tidak dalam jumlah yang banyak.

7. Daun bawang

Daun bawang menjadi andalan bagi para ibu rumah tangga untuk memberikan rasa yang lebih enak pada masakan yang mereka buat. Penggunaan daun bawang tidak boleh terlalu banyak karena kandungan oksalatnya yang tinggi.

8. Terung

Oksalat juga terkandung dalam terung. Terung memang mempunyai cukup banyak nutrisi yang baik untuk tubuh Anda namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya setiap hari. Sebaiknya Anda mengatur pola makan terung lebih teliti lagi, terutama porsinya.

9. Wortel

Kandungan vitamin dalam wortel memang cukup banyak, terutama vitamin A. Tidak hanya vitamin A saja, namun juga oksalatnya yang tinggi. Penggemar wortel sebaiknya tidak mengonsumsi wortel dengan berlebihan agar tidak mempengaruhi kesehatan ginjal.

10. Buah bit

Jenis buah yang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal Anda jika dikonsumsi terlalu banyak yaitu buah bit. Memang buah ini punya banyak kandungan nutrisi namun jika berlebihan akan membuat Anda kelebihan nutrisi.

Baca Juga: 30 Jenis Makanan Mengandung Oksalat Sedang untuk Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan mengandung oksalat yang tinggi lainnya. Berikut ini 27 jenis makanan lainnya:

27 Jenis Makanan Mengandung Oksalat yang Tinggi Lainnya

11. Bawang perai
12. Ubi jalar
13. Paprika
14. Kentang
15. Stroberi kalengan
16. Jeruk
17. Beras merah
18. Raspbery
19. Bluberi
20. Blackberi
21. Kiwi
22. Anggur
23. Kulit Jeruk
24. Buah ara
25. Anggur concord
26. Elderberi
27. Bubur jagung
28. Sereal dengan serat tinggi
29. Wijen
30. Selai
31. Pretzel
32. Talas
33. Makanan kandungan gandum
34. Almond
35. Tahu
36. Kacang tanah
37. Kacang mete

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan mengandung oksalat yang tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top