Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Darah Tinggi

Uncategorized

20 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Darah Tinggi

Siapa yang tidak mengenal penyakit darah tinggi? Penyakit dengan nama lain hipertensi ini mempengaruhi tekanan darah Anda. Jika tekanan darah Anda naik, maka kesehatan Anda juga akan terganggu. Penyakit darah tinggi dapat memicu penyakit lainnya, seperti jantung dan juga stroke. Selain itu, Anda kemungkinan besar juga akan terjangkit penyakit gagal ginjal. Itulah mengapa pencegahan penyakit darah tinggi harus dimulai sejak dini.

Salah satu pencegahan penyakit darah tinggi yang paling mudah yaitu dengan menghindari jenis makanan pemicu penyakit darah tinggi. Banyak penyakit yang menyerang tubuh kita berasal dari tidak selektifnya memilih jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Selain memilih jenis makanan yang tepat, jangan lupa untuk selalu berolahraga. Pilihlah olahraga yang Anda sukai dan tentunya tidak berat untuk dilakukan dengan rutin.

20 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Darah Tinggi

 Agar Anda tidak kesulitan dalam mencegah penyakit darah tinggi, berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan pemicu penyakit darah tinggi yang perlu Anda hindari.

1. Garam

Salah satu makanan dasar yang dapat memicu penyakit darah tinggi yaitu garam. Jika Anda mempunyai penyakit ini, maka sebisa mungkin Anda perlu mengurangi konsumsi garam. Kandungan sodium dalam garam jika dikonsumsi banyak akan membuat tekanan darah Anda naik.

2. Gula

Selain membuat Anda menjadi terjangkit penyakit obesitas dan diabetes, konsumsi gula yang terlalu banyak juga akan membuat tekanan darah Anda menjadi naik. Sebisa mungkin kurangilah konsumsi gula Anda dalam sehari.

3. Kulit ayam

Kandungan minyak jenuh yang terdapat dalam kulit ayam akan membuat tekanan darah Anda menjadi naik. Baik kulit ayam yang digoreng ataupun tidak sama-sama mengandung minyak jenus yang harus dihindari total dalam mencegah hipertensi.

Loading...

4. Daging merah

Siapa yang tidak menyukai berbagai macam jenis olahan makanan berupa daging? Namun jika Anda ingin mencegah penyakit darah tinggi, ada baiknya mulai dari sekarang Anda lebih mengurangi konsumsi daging merah setiap harinya.

5. Daging ayam yang dibekukan

Kandungan sodium dalam daging ayam yang dibekukan cukup banyak. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi makanan ini jika ingin mencegah hipertensi. Konsumsilah makanan ini sewajarnya dan tidak berlebihan.

6. Sayur dan buah dalam kemasan kaleng

Jika Anda menyukai sayur dan buah, ada baiknya Anda mengonsumi jenis sayur dan buah yang tidak berasal dari kemasan kaleng. Kandungan pengawet yang ada dalam makanan kaleng dapat memicu penyakit darah tinggi.

7. Masakan Chinese

Jenis masakan Chinese dapat menimbulkan penyakit darah tinggi di tubuh Anda. Kenapa? Karena kebanyakan dari masakan ini menggunakan banyak minyak dan saus teriyaki yang mengandung cukup banyak kandungan sodium berlebih.

8. Mie instan

Mengonsumsi mie instan tidak ada salahnya. Hal yang perlu diperhatikan yaitu porsi konsumsinya yang Anda makan setiap hari. Mie instan tidak hanya dapat membuat Anda terjangkit darah tinggi, namun juga penyakit lainnya seperti penyakit ginjal.

9. Jus dalam kaleng

Kesehatan tubuh didasarkan dari jenis makanan yang Anda makan. Ada baiknya Anda menghindari makanan kaleng, termasuk jus dalam kaleng. Makanan kaleng mengandung banyak pengawet yang dapat memicu penyakit darah tinggi.

10. Pizza

Siapa yang tidak menyukai pizza? Makanan ini menjadi camilan favorit banyak orang. Namun konsumsi pizza yang berlebihan dapat memicu penyakit darah tinggi karena makanan ini mengandung cukup banyak lemak jahat dari kejunya.

Baca Juga: 53 Jenis Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan pemicu penyakit darah tinggi lainnya. Berikut ini 10 jenis makanan lainnya:

10 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Darah Tinggi Lainnya

11. Minuman dalam kemasan
12. Acar
13. Minuman bersoda
14. Fast food atau makanan cepat saji
15. Kopi
16. Kornet atau daging kemasan
17. Ikan dalam kaleng
18. Sosis
19. Alkohol
20. Saus teriyaki

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan pemicu penyakit darah tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top