Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

33 Jenis Makanan Penambah Kecerdasan Otak Anak

Uncategorized

33 Jenis Makanan Penambah Kecerdasan Otak Anak

Anda sebagai orang tua dapat memberikan beberapa jenis makanan penambah kecerdasan otak anak untuk menunjang pertumbuhan dan kemampuan otaknya. Anak-anak masih memiliki masa pertumbuhan yang panjang sampai dewasa. Masa pertumbuhan ini tidak hanya dari bagian pertambahan berat dan tinggi badan saja, namun juga fungsi organ tubuhnya. Organ tubuh yang penting dalam masa pertumbuhan anak salah satunya adalah otak.

Otak menjadi sumber utama anak Anda untuk berpikir dan mengolah apa saja yang dipelajari dari lingkungan di sekitarnya. Jika otak anak tidak didukung dengan asupan nutrisi yang menyehatkan, maka anak Anda akan memiliki kecerdasan otak yang tidak maksimal. Otak yang cerdas akan membuat anak Anda lebih baik dalam melakukan berbagai banyak hal menggunakan akalnya. Hal ini bisa didukung dengan memberikan makanan bernutrisi untuk kesehatan otak.

33 Jenis Makanan Penambah Kecerdasan Otak Anak

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penambah kecerdasan otak anak yang perlu Anda ketahui.

1. Salmon

Jenis makanan pertama yang dapat menambah kecerdasan otak anak yaitu ikan salmon. Ikan ini sudah lama dikenal sebagai salah satu ikan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak karena mengandung banyak omega 3 dan nutrisi lainnya.

2. Wortel

Jenis sayuran yang baik untuk otak anak Anda yaitu wortel. Sayuran ini akan sangat membantu syaraf otak anak, terutama syaraf otak yang menghubungkan ke organ penglihatan seperti mata. Anak Anda pun tidak akan mudah terjangkit penyakit pada matanya.

3. Telur

Konsumsi telur dengan kandungan proteinnya dapat membuat otak anak Anda mengalami tingkat kecerdasan yang lebih baik. Ada baiknya Anda memberikan anak Anda telur yang diolah dengan cara direbus agar nutrisinya tidak hilang.

Loading...

4. Gandum

Selain memberikan anak Anda nasi, Anda dapat mengganti konsumsi nasi dengan gandum utuh. Gandum mengandung karbohidrat yang cukup untuk anak Anda dan juga memberikan nutrisi yang baik untuk kecerdasan otak.

5. Cokelat

Jenis cokelat yang dimaksud di sini bukanlah cokelat manis yang dikemas, namun coklat alami yang mengandung nutrisi yang alami pula. Ada baiknya Anda memberikan anak Anda jenis coklat hitam karena coklat ini mengandung senyawa sehat untuk otak.

6. Oat

Makanan berupa oat tidak hanya untuk dikonsumsi para orang tua saja, namun juga anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Oat mengandung cukup banyak gizi sehat untuk menutrisi otak anak agar menjadi lebih cerdas.

7. Buah beri

Jangan lupa untuk memberikan asupan buah, terutama buah dari keluarga beri. Buah dari keluarga beri mengandung cukup banyak nutrisi sehat untuk otak anak. Jenis buah ini juga cukup banyak disukai oleh anak-anak.

8. Kacang-kacangan

Selain buah, Anda juga perlu memberikan kacang-kacangan pada anak Anda. Kacang-kacangan mengandung cukup banyak protein serta mineral baik untuk kesehatan otak, plus meningkakan kecerdasan otak.

9. Susu

Minuman penting yang menyehatkan anak Anda adalah susu. Pastikan anak Anda mengonsumsi susu yang mengandung nutrisi yang lengkap. Susu tidak hanya baik untuk tulang namun juga bermanfaat untuk otak.

10. Yogurt

Jika anak Anda sering mengonsumsi camilan, Anda dapat memberikan camilan sehat seperti yogurt. Yogurt mengandung lebih banyak vitamin dan mineral sehat daripada camilan lainnya. Vitamin dan mineral tersebut sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak.

Baca Juga: 7 Ciri Khas Daging Ayam Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan penambah kecerdasan otak anak lainnya. Berikut ini 23 jenis makanan lainnya:

23 Jenis Makanan Penambah Kecerdasan Otak Anak Lainnya

11. Daging sapi tanpa lemak
12. Selai kacang
13. Bawang putih
14. Kangkung
15. Kunyit
16. Minyak ikan
17. Almond
18. Teh hijau
19. Terung
20. Biji bunga matahari
21. Alpukat
22. Biji buah labu
23. Stroberi
24. Blueberi
25. Raspberi
26. Blackberi
27. Kubis merah
28. Labu
29. Tomat
30. Brokoli
31. Ubi jalar merah
31. Bayam
32. Kangkung
33. Kedelai

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penambah kecerdasan otak anak yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top