Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

50 Jenis Makanan Pencegah Anemia untuk Tubuh

Uncategorized

50 Jenis Makanan Pencegah Anemia untuk Tubuh

Jika Anda mempunyai gejala anemia, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi jenis makanan pencegah anemia untuk tubuh. Anemia adalah penyakit yang muncul akibat kuranganya sel darah merah di dalam tubuh Anda. Hal ini bisa terjadi karena Anda tidak banyak mengonsumsi makanan dengan zat besi. Zat besi merupakan nutrisi yang tubuh Anda butuhkan untuk membantu produksi sel darah merah dengan lebih cepat dan banyak.

Mengapa Anda perlu mencegah penyakit anemia? Penyakit ini akan membuat tubuh Anda lemas, tidak bertenaga dan mudah kelelahan. Itulah mengapa Anda banyak disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang dapat mencegah kurangnya sel darah merah dalam tubuh agar tidak mudah diserang anemia. Makanan pencegah anemia ada di sekitar Anda dan dapat dengan mudah Anda temukan untuk dikonsumsi.

50 Jenis Makanan Pencegah Anemia untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan pencegah anemia untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Jeruk

Buah jeruk tidak hanya akan memberikan asupan vitamin C ke tubuh Anda, namun juga dapat mencegah penyakit anemia. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu menjaga daya tahan tubuh Anda sehingga tidak mudah sakit.

2. Tomat

Kandungan zat besi dalam buah tomat sangat tinggi. Buah yang satu ini merupakan jenis buah pencegah anemia yang dapat dengan mudah Anda dapatkan. Pastikan Anda hanya mengonsumsi tomat yang masih segar.

3. Mangga

Buah mangga hampir sama dengan buah jeruk. Kandungan vitamin C di dalamnya juga tinggi. Selain itu, buah favorit banyak orang ini juga dapat menjadi sumber makanan pencegah penyakit anemia yang alami.

Loading...

4. Kembang kol

Siapa yang tidak mengenal kembang kol? Salah satu jenis sayuran yang sering hadir di berbagai jenis makana ini mengandung sejumlah zat besi yang akan memberikan perlindungan ke tubuh Anda dari serangan anemia.

5. Sawi

Anda juga dapat mencegah penyakit anemia dengan mengonsumsi sawi. Sawi merupakan salah satu sayuran dengan tingkat nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah sawi dengan cara direbus.

6. Bayam

Zat besi dalam sayur bayam adalah nutrisi utama yang ada di dalam sayuran ini. Jika Anda mengonsumsi bayam dengan rutin, Anda tidak hanya terhindar dari anemia namun juga dari turunnya stamina tubuh.

7. Kacang hijau

Jangan lupakan konsumsi makanan pencegah anemia dari golongan kacang-kacangan. Kacang hijau mengandung banyak nutrisi sehat yang akan mencegah gangguan kesehatan di tubuh Anda, termasuk gangguan berupa penyakit anemia.

8. Kacang polong kering

Jenis kacang polong yang telah dikeringkan ternyata memiliki sejumlah manfaat tersendiri. Kacang polong kering dapat menutrisi tubuh Anda dan mencegah serangan penyakit anemia akibat kekurangan sel darah merah.

9. Kacang almond

Rasa kacang almond yang enak ternyata didukung pula oleh manfaatnya yang besar untuk kesehatan tubuh. Kacang ini dapat mencegah penyakit anemia dan menjauhkan Anda dari kelelahan berlebihan saat beraktivitas.

10. Udang

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam udang ternyata juga bagus untuk mencegah penyakit anemia. Namun bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap udang sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu banyak.

Baca Juga: 16 Jenis Makaan Penyebab Asam Urat pada Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan pencegah anemia untuk tubuh lainnya. Berikut ini 40 jenis makanan lainnya:

40 Jenis Makanan Pencegah Anemia untuk Tubuh Lainnya

11. Tebu
12. Pisang
13. Kesemek
14. Sowa
15. Sukun
16. Jambu biji
17. Apel
18. Pepaya
19. Stroberi
20. Buah naga
21. Sirsak
22. Ceri
23. Labu
24. Kismis
25. Jeruk Mandarin
26. Kiwi
27. Delima
28. Alpukat
29. Anggur
30. Blewah
31. Salmon
32. Daging kerbau
33. Daging Kambing
34. Daging Sapi
35. Daging babi
36. Kangkung
37. Daun katuk
38. Ikan baronang
39. Tiram
40. Kerang
41. Daging bebek
42. Buah bit
43. Jus tomat tanpa gula
44. Salad sayur
45. Salad buah
46. Dada ayam
47. Kedelai rebus
48. Beras merah
49. Hati hewan
50. Telur ayam

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan pencegah anemia untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top