Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Uncategorized

16 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Jenis makanan untuk penderita penyakit asam lambung adalah makanan yang tidak akan membuat asam lambung Anda menjadi naik. Penyakit asam lambung biasa disebut dengan maag. Penyebab penyakit yang satu ini akibat dari konsumsi jenis makanan tertentu yang menyebabkan tingkat asam lambung merangkak naik. Jika asam lambung Anda naik, maka perut Anda akan terasa perih serta sakit yang disertai dengan mual. Faktor penyebab lainnya selain makanan yaitu gaya hidup yang tidak baik.

Jika Anda sering makan dengan pola yang tidak teratur, tidak pernah berolahraga, terlalu sering mengonsumsi alcohol, maka Anda akan dengan mudah terjangkit penyakit asam lambung. Apalagi jika Anda menyukai jenis makanan yang cenderung asam dan juga pedas. Asam lambung Anda akan dengan cepat naik dan menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu yang tidak akan membahayakan asam lambung.

16 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit asam lambung yang perlu Anda ketahui.

1. Wortel

Jenis makanan sehat untuk penderita penyakit asam lambung yang pertama yaitu wortel. Selain mengandung cukup banyak vitamin A, sayuran yang satu ini juga dapat membuat lambung Anda menjadi lebih sehat.

2. Brokoli

Sayuran berupa brokoli mengandung cukup banyak mineral dengan serat yang baik untuk pencernaan Anda. Sayuran ini tidak hanya akan membuat pencernaan Anda menjadi lancar namun juga mencegah terjadinya kenaikan asam lambung.

3. Kunyit

Siapa yang tidak mengenal kunyit? Salah satu jenis rempah dapur yang satu ini tidak hanya dapat Anda gunakan untuk memberikan rasa yang lebih enak pada makanan, namun juga mengembalikan asam lambung menjadi normal.

Loading...

4. Kacang hijau

Makanan sehat yang juga disarankan untuk penderita penyakit asam lambung yaitu makanan dari jenis kacang-kacangan. Salah satunya adalah kacang hijau. Anda bisa merebus kacang ini terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

5. Susu kambing

Jenis susu yang baik untuk asam lambung di dalam tubuh yaitu susu kambing. Kandungan nutrisi dalam susu kambing sedikit berbeda dari jenis susu lainnya. Susu ini tidak akan menaikkan asam lambung di lambung Anda.

6. Timun

Sayuran sehat yang sering dijadikan lalapan ini tidak hanya segar, namun juga ampuh untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengonsumsi timun sebagai lalapan seperti biasanya atau mencampurnya dengan bahan lain.

7. Pisang

Lanjut ke jenis buah. Penderita penyakit asam lambung tidak hanya membutuhkan sayuran saja, namun juga jenis buah tertentu. Buah yang disarankan untuk penderita penyakit asam lambung yaitu buah pisang.

8. Mangga

Buah mangga dapat menjadi makanan sehat untuk penderita penyakit asam lambung dengan catatan buah ini tidak terasa asam. Pilihlah buah mangga yang sudah matang sehingga rasanya cenderung lebih manis.

9. Semangka

Jenis buah lainnya yang dapat memberikan manfaat untuk lambung Anda adalah semangka. Siapa sangka jika buah yang manis dan segar ini dapat membuat asam lambung Anda kembali normal tanpa memicu penyakit maag.

10. Air kelapa

Selain mengonsumsi air putih, Anda yang mengalami penyakit asam lambung bisa mencoba untuk mengonsumsi air kelapa. Air yang satu ini tidak hanya segar, namun juga dapat menyehatkan organ pencernaan termasuk lambung.

Baca Juga: 28 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Wasir

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit asam lambung lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 6 jenis makanan lainnya:

6 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Asam Lambung Lainnya

11. Lidah buaya
12. Kentang
13. Jahe
14. Apel
15. Oatmeal
16. Gandum

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan untuk penderita penyakit asam lambung yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top