Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

28 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Wasir

Uncategorized

28 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Wasir

Asupan makanan untuk penderita penyakit wasir tidak boleh sembarangan. Wasir atau ambeien adalah jenis penyakit yang sering diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur. Penyakit ini banyak dialami oleh orang yang sangat sibuk dengan kegaiatannya sehari-hari, sehingga pola makannya sering terganggu. Selain makanan, penyakit wasir juga dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab lainnya yang berkaitan dengan kebiasaan hidup Anda.

Penyebab lainnya dari penyakit wasir yaitu karena duduk terlalu lama. Hal ini banyak terjadi pada seseorang yang bekerja terlalu sering duduk di depan computer. Pemicu wasir bisa juga berasal dari penyakit diare yang tidak kunjung sembuh. Tidak hanya faktor fisik saja, namun juga faktor psikis seperti stress dan depresi juga dapat memicu penyakit wasir. Cara yang cukup mudah untuk mengatasi penyakit ini yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

28 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Wasir

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit wasir yang perlu Anda ketahui.

1. Apel

Jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi oleh penderita wasir yaitu berasal dari jenis buah, contohnya apel. Buah yang satu ini mengandung air gula alami dengan kandungan vitamin yang baik untuk menyembuhkan wasir.

2. Pisang

Buah lainnya yang dapat Anda andalkan untuk mencegah timbulnya penyakit wasir yang lebih parah yaitu pisang. Pisang tidak hanya membuat Anda mudah kenyang, namun juga membuat pencernaan Anda menjadi lebih lancar tanpa adanya wasir.

3. Brokoli

Penderita penyakit wasir atau ambeien sudah sepatutnya mengonsumsi sayuran yang sehat seperti brokoli. Kandungan serat yang terdapat dalam sayuran ini akan membuat pencernaan Anda lancar dan mengatasi wasir.

Loading...

4. Bayam

Sayuran lainnya yang banyak mengandung serat adalah bayam. Penyakit wasir biasanya akan membuat pencernaan Anda menjadi tidak lancar. Konsumsi bayam akan membantu melancarkan pencernaan Anda dengan sehat.

5. Jagung

Konsumsi makanan yang mudah dicerna namun tidak berat perlu dilakukan oleh penderita penyakit wasir. Jika Anda sering mengonsumsi nasi, mulailah untuk menggantinya dengan makanan berenergi lainnya seperti jagung.

6. Kacang hijau

Selain sayur dan buah, penderita wasir juga perlu mengonsumsi jenis kacang-kacangan. Salah satu jenis
kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi untuk menyehatkan pencernaan yaitu kacang hijau. Jangan menggoreng kacang ini untuk dikonsumsi, tapi olahlah dengan cara direbus.

7. Oatmeal

Makanan olahan yang perlu dikonsumsi oleh penderita penyakit wasir yaitu oatmeal. Oatmeal cukup mudah untuk dicerna dan juga rendah akan gula dan kalori. Jadi makanan yang satu ini tidak akan membuat penyakit Anda bertambah parah.

8. Roti gandum

Jenis makanan berserat sangat dianjurkan untuk penderita penyakit wasir agar proses buang air besar juga menjadi lebih lancar. Anda dapat mengonsumsi roti gandum untuk mendapatkan kandungan serat yang cukup.

9. Yogurt

Jika Anda tidak terlalu menyukai susu, Anda dapat mencoba mengonsumsi yogurt. Makanan dari olahan susu ini tidak banyak mengandung lemak yang rendah dengan kandungan serat yang tinggi. Penyakit wasir Anda dapat dengan mudah disembuhkan.

10. Air putih

Satu lagi hal yang penting bagi penderita penyakit wasir, jangan lupakan untuk banyak mengonsumsi air putih. Hindari minuman yang banyak mengandung soda atau terlalu manis yang dapat membuat pencernaan Anda menjadi terganggu.

Baca Juga: 16 Pantangan Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit wasir lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 18 jenis makanan lainnya:

18 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Wasir Lainnya

11. Alpukat
12. Pepaya
13. Jambu biji merah
14. Buah berry
15. Kiwi
16. Tomat
17. Mangga
18. Nanas
19. Buncis
20. Selada
21. Timun jepang
22. Seledri
23. Pare
24. Paprika
25. Wortel
26. Kacang edamame
27. Kacang merah
28. Kacang polong

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan untuk penderita penyakit wasir yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top