Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

22 Contoh Makanan Penurun Penyakit Darah Tinggi

Uncategorized

22 Contoh Makanan Penurun Penyakit Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi adalah jenis penyakit yang banyak menyerang tubuh manusia. Hal ini sering disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Gejala penyakit ini dimulai dengan naiknya tekanan darah Anda atau sering disebut dengan hipertensi. Jika Anda mengidap penyakit ini, Anda akan mudah lelah, nyeri pada bagian dada, detak jantung yang tidak teratur, sakit kepala, serta beberapa gangguan penglihatan.

Salah satu cara yang cukup mudah untuk membuat tubuh Anda tidak mengalami gejala penyakit tekanan darah tinggi yaitu dengan memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Ada beberapa contoh makanan penurun darah tinggi yang alami tanpa menimbulkan efek samping. Hindari mengonsumsi banyak obat-obatan atau suplemen yang menjanjikan pengobatan dengan cepat karena suatu penyakit dapat sembuh perlahan dengan baik.

22 Contoh Makanan Penurun Penyakit Darah Tinggi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan penurun penyakit darah tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Bayam

Kandungan kalium yang terdapat dalam bayam akan membantu tubuh Anda untuk mencegah naiknya tekanan darah. Sayuran yang satu ini juga mempunyai serat yang cukup tinggi untuk kesehatan pencernaan Anda.

2. Buncis

Satu lagi makanan sehat dari jenis sayuran yang dapat menurunkan penyakit darah tinggi Anda yaitu buncis. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buncis mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

3. Seledri

Siapa yang tidak menyukai seledri? Sayuran yang satu ini sangat cocok dijadikan makanan penurun penyakit darah tinggi. Selain wanginya yang khasa, kandungan nutrisinya akan membuat tubuh Anda tidak kekurangan gizi.

Loading...

4. Bawang putih

Jenis bawang yang satu ini tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan saja, namun juga salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan penyakit darah tinggi. Bawang putih juga rendah kolesterol, sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

5. Tomat

Kandungan kalium, kalsium, dan vitamin C pada tomat mampu membuat tubuh Anda lebih sehat. Buah yang satu ini juga merupakan jenis makanan yang ampuh untuk menurunkan penyakit darah tinggi Anda.

6. Kentang

Untuk mencegah naiknya tekanan darah Anda, cobalah untuk mengganti menu nasi setiap hari dengan menggunakan kentang. Selain lebih sehat dan alami, kentang juga tidak banyak mengandung kalori seperti pada nasi.

7. Kedelai

Jenis kacang-kacangan yang satu ini memang mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh. Tidak hanya menurunkan tekanan darah tinggi Anda, namun juga membantu menutrisi tubuh dengan baik.

8. Pisang

Kandungan kalori dan sejumlah vitamin dalam buah pisang patut Anda coba. Buah lezat yang satu ini mengandung cukup banyak nutrisi yang dapat membuat darah tinggi Anda menurun. Pastikan Anda hanya mengonsumsi pisang alami yang segar saja.

9. Alpukat

Buah yang satu ini cukup banyak digemari oleh banyak orang karena rasanya yang enak. Siapa sangka jika alpukat dapat menjad makanan bermanfaat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi di tubuh Anda.

10. Mengkudu

Siapa yang tidak mengenal buah mengkudu? Buah yang satu ini sudah terkenal sebagai buah herbal yang dapat mengatasi berbagai jenis gejala penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diatasi yaitu penyakit tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 25 Jenis Makanan untuk Diet yang Rendah Kalori

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa contoh makanan penurun penyakit darah tinggi lainnya. Berikut ini 12 jenis makanan lainnya:

12 Contoh Makanan Penurun Penyakit Darah Tinggi Lainnya

11. Jeruk
12. Kiwi
13. Melon
14. Blewah
15. Coklat
16. Yogurt
17. Susu skim bebas lemak
18. Ikan salmon
19. Oatmeal
20. Roti gandum
21. Minyak zaitun
22. Ikan tuna

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang contoh makanan penurun penyakit darah tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top