Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

38 Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Uncategorized

38 Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Konsumsi jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi di tubuh Anda bisa sangat membantu mengatasi penyakit akibat kolesterol tinggi. Sebagian besar penderita penyakit kolesterol yang tinggi terjangkit penyakit ini karena konsumsi makanan yang berlebihan. Contohnya banyak mengonsumsi makanan dengan jumlah minyak yang banyak dan juga jenis daging merah. Jika kolesterol Anda tinggi, maka Anda akan lebih mudah diserang penyakit.

Jenis kolesterol yang perlu Anda hindari yaitu kolesterol jahat. Jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda cukup tinggi, maka Anda akan mengalami pengerasan pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh Anda akan tersumbat aliran darah Anda menjadi tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar akan membuat fungsi organ di tubuh Anda menjadi tidak berfungsi. Itulah mengapa Anda perlu mulai lebih seleftif dalam mengonsumsi jenis makanan.

38 Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Bubur gandum

Kandungan serat yang terdapat dalam bubur gandum mampu melancarkan pencernaan. Selain itu, fungsi serat juga berguna untuk menurunkan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh Anda. Anda tidak akan mudah diserang penyakit jantung.

2. Yogurt

Makanan yang satu ini merupakan jenis makanan yang direkomendasikan bagi Anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Yogurt mengandung banyak protein serta kalsium yang ampun untuk menurunkan kolesterol tinggi.

3. Coklat

Apakah Anda penyuka coklat? Selain rasanya yang manis, makanan yang satu ini berguna untuk dijadikan camilan yang sehat. Kandungan anti oksidan dan flavonoid dalam coklat akan membuat kolesterol tinggi Anda menjadi turun.

Loading...

4. Makanan yang mengandung stanol dan sterol

Zat stanok dan sterol merupakan jenis zat yang dapat mencegah penumpukan kolesterol di dalam tubuh Anda. Jenis makanan yang mengandung kedua zat tersebut yaitu jus jeruk, margarine, dan juga yogurt bebas lemak.

5. Kacang-kacangan

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan jenis kacang-kacangan. Kandungan protein dalam kacang-kacangan akan menutrisi tubuh Anda dan mencegah kolesterok tinggi di dalam tubuh. Contohnya seperti kacang kedelai.

6. Beras merah

Fokus untuk menurunkan kolesterol jahat dimulai dari mengurangi jumlah konsumsi nasi setiap harinya dalam tubuh Anda. Jika Anda masih ingin mengonsumsi nasi, Anda dapat menggantinya dengan beras merah.

7. Gandum

Sudah tak asing lagi jika gandum merupakan makanan yang tidak mengandung lemak dan berfungsi untuk menurunkan kolesterol tinggi. Anda dapat mengonsumsi jenis makanan yang berbahan gandum di dalamnya seperti roti gandum.

8. Bayam

Zat lutein dalam bayam akan membuat mata Anda sehat. Selain itu, sayuran yang satu ini juga ampuh untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Kandungan lemak dalam darah pun bisa dikurangi dengan mengonsumsi sayur ini.

9. Seledri

Sayuran ini tidak hanya wangi, namun juga dikenal sebagai sayuran yang dapat mencegah kolesterol yang tinggi. Anda dapat mengolahnya bersamaan dengan makanan sehat lainnya seperti sup bening dan juga campuran jus.

10. Buncis

Siapa yang tidak mengenal buncis? Buncis menjadi jenis sayuran yang banyak dikonsumsi karena sering digunakan sebagai bahan utama masakan. Siapa sangka jika buncis bisa membantu Anda menurunkan kolesterol yang tinggi.

Baca Juga: 13 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Ambeien

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 28 jenis makanan lainnya:

28 Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Lainnya

11. Kedelai
12. Bawang Putih
13. Kacang walnut
14. Kacang mede
15. kacang hazelnut
16. Biji bunga matahari
17. Ikan dengan kandungan omega 3
18. Jeruk nipis
19. Jambu biji merah
20. Delima
21. Mangga
22. Buah blueberi
23. Buah anggur
24. Alpukat
25. Buah zaitun
26. Jeruk lemon
27. Tomat
28. Apel
29. Stroberi
30. Biji ketumbar
31. Kayu manis
32. Teh hitam
33. Jus brokoli
34. Jus sayur, nanas, dan jeruk nipis
35. Rimpang jahe
36. Minyak zaitun
37. Jus sayur
38. Jus buah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top