Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Jenis Makanan Penyebab Asam Urat pada Tubuh

Uncategorized

16 Jenis Makanan Penyebab Asam Urat pada Tubuh

Konsumsi jenis makanan penyebab asam urat pada tubuh yang berlebihan akan sangat mengganggu kesehatan Anda. Asam urat merupakan jenis penyakit yang rasa sakitnya bisa tidak tertahankan ketika kambuh. Penyakit ini banyak menyerang orang disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandungan garam yang berlebihan. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan rasa asin yang berlebihan setiap harinya, maka Anda akan mudah mengalami asam urat.

Selain konsumsi garam yang berlebihan, asam urat juga bisa muncul dari adanya jenis makanan dengan kandungan zat purin yang banyak. Memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi memang sulit, apalagi jika Anda ingin mencegah terjangkit suatu penyakit. Itulah mengapa Anda perlu memperluas pengetahuan Anda tentang beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan penyakit, termasuk penyakit asam urat tubuh.

16 Jenis Makanan Penyebab Asam Urat pada Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penyebab asam urat pada tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Ikan teri

Siapa yang tidak mengenal ikan teri? Ikan ini ukurannya kecil dengan rasa asin yang khas. Kandungan garam yang digunakan untuk mengolah ikan asin tentunya tidak sedikit. Konsumsilah ikan ini secukupnya agar tidak diserang penyakit asam urat.

2. Hati sapi

Bagian dalam organ sapi yang dapat memicu adanya penyakit asam urat yaitu hati sapi. Jika hati sapi diolah dengan cara digoreng, maka Anda juga akan memiliki resiko penyakit kolesterol yang cukup tinggi pada tubuh.

3. Ikan sarden

Selama ini kita mengenal ikan sarden sebagai salah satu ikan sehat dengan protein yang tinggi. Namun sebaiknya Anda mengonsumsi ikan ini sesuai dengan porsinya karena kandungan zat di dalam ikan ini justru akan memicu penyakit asam urat.

Loading...

4. Daging ayam

Siapa yang tidak menyukai daging ayam? Daging ini sering dijadikan bahan utama dalam membuat suatu masakan. Kandungan protein serta gizi dalam daging ayam memang menyehatkan namun jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan asam urat.

5. Daging bebek

Selain daging ayam, daging bebek juga dapat memicu penyakit asam urat. Penggemar daging bebek dengan gejala penyakit asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi bebek dengan jumlah yang terlalu banyak karena akan berdampak buruk.

6. Daging sapi

Daging sapi merupakan jenis daging merah yang sering diolah menjadi steak. Konsumsi daging sapi sesuai dengan porsinya akan mencegah Anda dari serangan asam urat karena daging ini dapat memicu asam urat jika dimakan dengan berlebihan.

7. Kepiting

Makanan laut yang satu ini merupakan jenis makanan yang kandungan garamnya tidaklah sedikit. Kepiting mengandung beberapa senyawa yang baik untuk kesehatan Anda namun juga dapat memberikan efek berupa asam urat jika dikonsumsi dengan tidak tepat.

8. Ikan tuna

Ikan tuna dikenal dengan kandungan nutrisi serta proteinnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi daging ikan ini secara berlebihan akan membuat Anda justru mendapatkan resiko penyakit asam urat yang tinggi.

9. Ikan salmon

Sama halnya dengan ikan salmon. Jika Anda banyak mengonsumi ikan salmon setiap harinya, Anda akan terkena penyakit asam urat dengan resiko yang tinggi. Konsumsilah ikan ini sesuai dengan porsi dan pengolahan yang menyehatkan.

10. Lobster

Satu lagi jenis hewan laut yang dapat memicu penyakit asam urat. Lobster masih tergolong dalam makanan yang mahal namun penggemarnya sangatlah banyak. Jika Anda mengonsumsi lobster tanpa memperhatikan porsinya, maka tubuh Anda akan mengalami gangguan kesehatan berupa asam urat.

Baca Juga: 30 Jenis Makanan untuk Diet yang Menyehatkan

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan penyebab asam urat pada tubuh lainnya. Berikut ini 6 jenis makanan lainnya:

6 Jenis Makanan Penyebab Asam Urat pada Tubuh Lainnya

11. Buncis
12. Kacang panjang
13. Daging kambing
14. Bayam
15. Daging merah
16. Kembang kol

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penyebab asam urat pada tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top