Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

28 Makanan Penyebab Sakit Ginjal yang Seharusnya Anda Hindari

Uncategorized

28 Makanan Penyebab Sakit Ginjal yang Seharusnya Anda Hindari

Penyakit pada ginjal tidak terjadi secara mendadak saat itu juga, tetapi disebabkan karena investasi kesehatan kita dimasa muda masih kurang. Pola makan dan minum yang kurang sehat, maka beresiko besar dalam sakit ginjal. Sebaiknya anda yang masih berusia muda hindari beberapa makanan penyebab sakit ginjal.

Pada tubuh manusia membutuhkan asupan gizi dan cairan tubuh yang seimbang, sehingga setiap organ dapat berfungsi secara normal. Pada faktanya, penyakit pada organ dalam sangat berbahaya, terutama pada ginjal yang memang organ utama untuk melakukan penyaring hingga akhirnya menjadi urine. Berikut simak beberapa makanan penyebab sakit ginjal.

Makanan Penyebab Sakit Ginjal, Daftar Makanan Penyebab Sakit Ginjal, Makanan Penyebab Penyakit Sakit Ginjal

1. Sarden

Anda harus benar-benar memilih makanan yang akan dikonsumsi saat anda mengidap penyakit ginjal terutama batu ginjal dan diabetes. Salah satunya makanan penyebab sakit ginjal adalah sarden, sarden merupakan makanan yang wajib dihindari oleh penderita sakit ginjal agar tidak memperparah kondisinya.

2. Coklat

Coklat memang sangat lezat untuk dimakan dan memang menggoda dan nagih. Tetapi, tahukah anda cokelat berbahaya bagi kesehatan saat anda sedang mengalami sakit ginjal? Hal ini disebabkan oleh kalium yang tinggi dalam cokelat dan juga memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi. Dimana, ini merupakan zat yang berbahaya bagi ginjal.

3. Kafein

Kafein berguna agar anda tetap terjaga dan menghindari mengantuk saat bekerja. Kandungan kafein paling tinggi terdapat pada kopi. Jadi sebaiknya anda menghindari kopi apabila ingin yerhindar dari sakit ginjal. Hal ini dikarenakan kalsium yang sangat tinggi dalam kopi dan itu berdampak buruk bagi ginjal serta beresiko gagal ginjal.

4. Salad

Sangat mengejutkan bahwa salad masuk dalam daftar. Karena memang salad adalah makanan yang sehat dan kaya akan manfaat terhadap tubuh anda. Namun dibalik semua itu, salad juga menyimpan bahaya pada resiko penyakit ginjal. Karena dalam salad mengandung Asam Oksalat yang tinggi dan membuat ginjal kesusahan untuk memecahnya. Jadi, konsumsi salad dalam jumlah yang wajar.

Loading...

5. Produk olahan susu

Contoh dari produk olahan susu adalah keju dan yoghurt. Olahan susu memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena kandungan kalsium yang tinggi berguna untuk tulang. Namun, apabila dikonsumsi berlebihan, kalsium akan berbahaya bagi ginjal

6. Garam

Garam merupakan hal wajib untuk melengkapi citarasa makanan, tetapi garam dengan jumlah banyak akan menyebabkan dampak yang buruk bagi tubuh terutama pada ginjal. Sebab, dalam garam memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, sehingga membuat ginjal kesusahan untuk memecahnya dalam jumlah besar.

`7. Pemanis buatan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemanis buatan memiliki bahaya yang mengancam tubuh anda. Lebih baik gunakan gula alami dalam jumlah wajar untuk mengurangi risiko tersebut. Pemanis buatan juga berbahaya bagi ginjal, karena dapat menurunkan fungsi dan kerja ginjal dan akan sangat beresiko penyakit ginjal apabila dilakukan dalam jangka panjang.

8. Minuman soda

Minuman soda adalah minuman yang sangat menyegarkan, tetapi juga sangat membahayakan dalam tubuh anda, karena memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Minuman soda akan menurunkan fungsi ginjal dan dalam jangka panjang akan beresiko terjadinya pengendapan batu ginjal.

9. Daging ayam

Daging ayam adalah salah satu makanan sehari-hari yang sangat digemari anda tentunya untuk dikonsumsi. Daging akan memicu kolesterol tinggi dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Selain itu, daging ayam juga mengandung protein hewani yang tinggi dan akan membebani kinerja ginjal.

10. Nasi

Nasi adalah makanan pokok bagi kita semua yang wajib ada dalam daftar menu kita dalam sehari-hari. Namun, nasi dapat menyebabkan diabetes daan penyakit ginjal lainnya apabila tidak diimbangi dengan makanan sehat lainnya seperti air putih dan dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga 14 Rekomendasi Cara Menghilangkan Darah Kotor

18 Makanan Penyebab Sakit Ginjal Lainnya:

11. Bayam
12. Telur
13. Sereal
14. Roti
15. Kentang
16. Daging sapi
17. Pisang
18. Susu
19. Kacang kacangan
20. Semangka
21. Tomat
22. Gorengan
23. Jeruk
24. Selai kacang
25. Pepaya
26. Alpukat
27. Makanan yang diawetkan
28. Makanan dengan kadar gula tinggi

Itulah 28 makanan penyebab sakit ginjal, semoga bermanfaat bagi setiap orang di sekitar anda. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang disebut diatas atau bahkan berhenti dalam mengonsumsi makanan diatas. Apabila terlanjur terkena penyakit batu ginjal, segera hubungi dokter anda dan periksakan agar mendapat perawatan yang benar.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top