Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Jenis Makanan Rendah Kolesterol Jahat

Uncategorized

10 Jenis Makanan Rendah Kolesterol Jahat

Hampir semua makanan yang Anda konsumsi setiap hari banyak mengandung kolesterol seperti ikan, daging, dan juga keju. Beberapa jenis penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh bahkan sampai menyebabkan kematian banyak disebabkan oleh kolesterol. Jenis kolesterol sendiri ada dua macam, kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Sebaliknya, kolesterol jahat dapat mengakibatkan efek negative yang dapat mengganggu kinerja organ tubuh dan menurunkan kesehatan tubuh Anda.

Kolesterol merupakan jenis lemak yang ada di dalam darah Anda. Jika jumlah kolesterol jahat dalam darah terlalu banyak, aliran darah Anda akan menjadi tidak lancar. Ada makanan yang mengandung kolesterol sangat tinggi, namun juga ada jenis makanan rendah kolesterol jahat. Itulah mengapa Anda perlu lebih teliti dalam memilih makanan yang sekiranya banyak mengandung kolesterol jahat di dalamnya. Hal ini penting agar tubuh Anda tidak mengalami kerusakan nantinya.

10 Jenis Makanan Rendah Kolesterol Jahat

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan rendah kolesterol jahat, berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan sehat tanpa kolesterol jahat yang patut Anda konsumsi setiap hari.

10 Jenis Makanan Rendah Kolesterol Jahat


1. Margarin dari tumbuhan

Makanan rendah kolesterol jahat yang pertama yaitu margarin yang diolah dari bahan alami tumbuh-tumbuhan. Kandungan alami yang terdapat dalam margarine yaitu berupa lite. Lite berfungsi sebagai pengubah lemak menjadi energi di dalam tubuh Anda. Hal ini akan sangat membantu kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

2. Minyak zaitun

Jenis makanan kedua yang sedikit mengandung kolesterol jahat yaitu minyak zaitun. Minyak ini mengandung cukup banyak lemak tak jenuh. Berbeda dengan minyak goreng biasa yang sering Anda gunakan. Itulah mengapa Anda sebaiknya mengganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun yang dapat mencegah kolesterol tinggi.

3. Yoghurt rendah lemak

Salah satu jenis makanan olahan yang tidak banyak mengandung kolesterol jahat yaitu yoghurt. Yoghurt mengandung keju yang sedikit dengan campuran susu yang rendah lemak. Hal ini akan membuat tubuh Anda tidak kekurangan banyak protein. Anda pun dapat mencegah beberapa penyakit, salah satunya anemia.

Loading...

4. Kacang kedelai dan kacang polong

Konsumsi jenis kacang-kacangan berupa kacang kedelai dan kacang polong sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Anda tidak akan mendapatkan kadar kolesterol jahat yang tinggi karena kacang-kacangan mengandung lebih banyak kolesterol baik yang akan menyehatkan jantung Anda.

5. Sayur dan buah

Sudah sepantasnya Anda mengonsumsi sayur dan buah dengan teratur setiap hari. Penyeimbang karbohidrat yang Anda makan adalah sayuran dan juga buah-buahan. Selain itu, makanan ini juga rendah kolesterol jahat. Buah-buahan dan sayuran lebih banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

6. Padi-padian dan gandum

Selamai ini, banyak dari kita yang sering mengonsumsi nasi tanpa memperhatikan kandungan karbohidratnya dalam satu hari. Padahal jika dikonsumsi berlebihan, tubuh Anda akan terserang penyakit yang cukup berbahaya. Gantilah nasi biasa dengan mengonsumsi oat atau gandum.

7. Bawang putih

Mengapa Anda perlu mengonsumsi bawang putih? Manfaat bawang putih yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Uniknya, bawang ini juga diyakini ampuh untuk Anda yang ingin menjalankan program diet dengan berhasil.

8. Omega 3

Kandungan omega 3 pada telur dan ikan dapat mengatasi kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Jika Anda sudah terjangkit penyakit kolesterol akibat kolesterol yang jahat di tubuh, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan dengan kandungan omega 3.

9. Ikan

Jenis makanan yang berupa ikan mempunyai kandungan kolesterol jahat yang cukup rendah. Jika Anda mengonsumsi ikan dengan teratur setidaknya tiga kali dalam seminggu. Niscaya kolesterol jahat dalam tubuh Anda akan menurun. Konsumsilah jenis ikan berupa sarden, tuna, dan salmon.

10. Daging

Kambing dan sapi merupakan hewan dengan jenis daging yang mengandung kolesterol jahat cukup tinggi. Jika Anda pecinta daging namun tetap ingin mencegah kolesterol jahat, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi daging unta atau rusa. Kedua daing tersebut mengandung kolesterol jahat yang cukup rendah.

Baca Juga: Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan yang rendah kolesterol jahat untuk tubuh Anda. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik dan lebih teliti dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top