Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

23 Jenis Makanan Rendah Purin untuk Asam Urat

Uncategorized

23 Jenis Makanan Rendah Purin untuk Asam Urat

Konsumsi jenis makanan rendah purin untuk asam urat akan membantu Anda dalam menurunkan gejala penyakit ini di dalam tubuh. Purin merupakan jenis zat yang paling mempengaruhi level asam urat di tubuh Anda. Bagi Anda yang belum mempunyai penyakit asam urat sebaiknya selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Sedangkan untuk penderita asam urat perlu mengonsumsi makanan rendah purin.

Asam urat adalah jenis penyakit yang cukup banyak menjangkiti seseorang dengan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Penyakit ini sebaiknya dicegah terlebih dahulu karena penyembuhannya tidaklah mudah. Cara yang paling mudah yaitu dengan mengonsumsi jenis makanan rendah purin untuk tubuh Anda. Makanan ini akan membantu mengurangi kambuhnya asam urat dan mencegah tubuh Anda dari gejala yang lebih berbahaya.

23 Jenis Makanan Rendah Purin untuk Asam Urat

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan rendah purin untuk asam urat yang perlu Anda ketahui.

1. Kacang tanah

Penderita penyakit asam urat dapat mengonsumsi kacang tanah dengan lebih bebas. Kacang ini mengandung zat purin yang cukup rendah sehingga tidak akan membuat asam urat Anda kambuh dan membahayakan tubuh.

2. Wortel

Banyak dari Anda yang mengira jika wortel hanya berguna sebagai makanan yang menyehatkan mata. Padahal sayuran ini juga bermanfaat untuk penderita asam urat karena tidak mengdung purin yang tinggi.

3. Jagung

Anda sebaiknya mulai mengganti konsumsi nasi dengan jagung. Jagung tidak banyak mengandung karbohidrat. Makanan ini juga tidak mengandung purin yang tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi penderita penyakit asam urat.

Loading...

4. Apel

Buah apel sangat nikmat untuk dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan lainnya. Tidak hanya menyehatkan tubuh, kandungan purin yang rendah di dalam buah ini akan membantu tubuh Anda untuk mencegah penyakit asam urat.

5. Pisang

Satu lagi jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Buah pisang tidak banyak mengandung purin yang dapat memicu asam urat. Anda dapat mengonsumsi buah ini tanpa khawatir dengan asam urat.

6. Melon

Konsumsi melon yang segar dengan kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya akan membantu tubuh Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Purinnya yang rendah tidak akan memicu penyakit asam urat.

7. Jeruk

Jangan remehkan buah jeruk yang sering kita temukan di pasar. Buah segar yang satu ini dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit asam urat karena kandungan purin di dalamnya yang sedikit.

8. Asparagus

Jadikanlah sayuran asparagus sebagai salah satu sayuran sehat bagi Anda yang mempunyai penyakit asam urat. Pasalnya asparagus mempunyaui purin yang sedikit dan tidak akan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

9. Keju cheddar

Keju cheddar merupakan salah satu jenis olahan susu yang tidak banyak mengandung zat purin. Bagi Anda penggemar keju dapat menggunakan keju cheddar sebagai makanan yang dapat dikonsumsi dalam porsi tertentu.

10. Kentang

Pilihan makanan lainnya yang dapat Anda gunakan untuk membantu mencegah penyakit asam urat yaitu kentang. Kentang juga berguna untuk membantu diet karena tidak mengandung banyak kalori untuk tubuh.

Baca Juga: 30 Jenis Makanan yang Membakar Lemak dengan Efektif

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan rendah purin untuk asam urat lainnya. Berikut ini 13 jenis makanan lainnya:

13 Jenis Makanan Rendah Purin untuk Asam Urat Lainnya

11. Selada
12. Lobak
13. Buncis
14. Jamur
15. Kubis
16. Buah ceri
17. Susu rendah lemak
18. Yogurt
19. Hazelnut
20. Kacang brazil
21. Pasta telur
22. Kacang edamame
23. Kacang kedelai

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan rendah purin untuk asam urat yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top