Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Maag Kronis

Uncategorized

30 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Maag Kronis

Jenis makanan sehat untuk penderita maag kronis perlu dikonsumsi agar asam lambung penderitanya tidak cepat naik. Maag merupakan penyakit umum yang banyak dimiliki oleh orang yang tidak menjaga pola makannya dengan teratur. Penyakit ini terjadi karena banyaknya zat asam lambung di dalam lambung yang naik. Akibatnya, Anda akan merasakan rasa sakit perut yang disertai dengan rasa perih serta mual. Maag kronis merupakan jenis penyakit yang sudah tergolong parah akibat dari mengabaikan penyakit maag terlalu lama.

Penyakit maag menyerang bagian lambung yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Jika Anda sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dengan pola makan yang tidak sehat pula, maka Anda dapat dengan mudah terajangkit maag. Itulah mengapa Anda perlu memulai menerapkan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat pula. Tidak hanya organ lambung saja, namun juga organ pencernaan lainnya akan menjadi lebih sehat.

30 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Maag Kronis

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat untuk penderita maag kronis yang perlu Anda ketahui.

1. Tempe kukus

Penderita penyakit maag kronis memerlukan makanan yang mengandung cukup banyak zat asam amino. Zat yang satu ini dapat ditemukan pada tempe yang dikukus. Konsumsilah tempe dengan cara direbus atau dikukus daripada digoreng.

2. Gandum

Kandungan nutrisi terutama vitamin E dalam gandum sangat baik untuk kesehatan lambung Anda. Anda tidak hanya akan mencegah terjadinya kenaikan asam lambung, namun juga membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Yogurt

Rasa asam pada yogurt tidak akan membuat asam lambung Anda naik. Makanan yang satu ini justru akan membuat tubuh Anda lebih sehat karena mengandung cukup banyak nutrisi dan tentunya tanpa mengandung banyak lemak.

Loading...

4. Sayuran dengan vitamin C

Penderita penyakit maag kronis lebih banyak membutuhkan vitamin C. Selain membuat tubuh lebih kebal dari serangan penyakit, vitamin ini juga sangat baik untuk kesehatan lambung. Konsumsilah sayuran dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi seperti kubis dan brokoli.

5. Olahan makanan yang dihaluskan

Penyakit maag kronis membuat lambung Anda tidak dapat bekerja dengan optimal, terutama dalam melumatkan makanan yang mempunyai tekstur yang keras. Makanlah jenis makanan yang dihaluskan terlebih dahulu contohnya daging cincang.

6. Makanan berserat

Pencernaan Anda sangat membutuhkan makanan yang mengandung banyak serat, termasuk bagian lambung. Serat berfungsi sebagai pelancar pencernaan dan membantu kinerja lambung dan usus dalam mengikat sisa makanan.

7. Omega 3

Pilihlah jenis makanan yang mengandung cukup banyak omega 3. Omega 3 merupakan jenis lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Lemak yang satu ini juga berkhasiat dalam menyehatkan lambung dan mencegah maag Anda kambuh.

8. Kentang rebus

Gantilah konsumsi nasi Anda dengan menggunakan kentang rebus. Kentang yang direbus mempunyai tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan nasi. Kandungan karbohidrat dalam kentang juga tidak terlalu banyak.

9. Brokoli

Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam brokoli dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Jika nutrisi Anda terpenuhi, maka lambung dan organ pencernaan lainnya dapat bekerja lebih optimal tanpa penyakit yang menyerang.

10. Bubur ayam

Makanan lunak seperti bubur ayam bisa menjadi jenis makanan yang cocok untuk mencukupi kebutuhan energi Anda. Tidak hanya memudahkan lambung dalam bekerja, namun juga lebih melancarlkan pencernaan.

Baca Juga: 24 Efek Buruk Mie Instan yang Membahayakan Kesehatan

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita maag kronis lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 20 jenis makanan lainnya:

20 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Maag Kronis Lainnya

11. Lidah buaya
12. Sayuran berkol
13. Buah-buahan
14. Perman dan gula
15. Suplemen sehat
16. Pisang
17. Pepaya
18. Jeruk
19. Alpukat
20. Semangka
21. Melon
22. Mangga
23. Mentimun
24. Air kelapa
25. Madu hitam
26. Kangkung
27. Buah kiwi
28. Aprikot
29. Kulit kedelai
30. Tahu

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat untuk penderita maag kronis yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top