Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Stroke

Uncategorized

16 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Stroke

Beberapa jenis makanan sehat untuk penderita penyakit stroke perlu dikonsumsi agar penyakit ini tidak semakin bertambah parah. Penyakit yang satu ini banyak menyerang otak Anda akibat dari aliran darah ke otak terputus. Akibatnya, otak Anda akan berhenti bekerja sementara dan membuat penderitanya kehilangan beberapa kemampuan untuk beraktivitas seperti biasanya. Dampak yang paling parah dari penyakit ini yaitu menyebabkan penderitanya mengalami kematian.

Ada beberapa perawatan yang perlu dijalani oleh penderita penyakit stroke. Mulai dari terapi fisik, sampai dengan terapi yang paling mudah dengan mengatur pola hidup yang sehat. Jika Anda mempunyai gejala penyakit stroke, ada baiknya Anda mulai menerapkan pola hidup dan pola makan yang lebih baik. Pilihlah jenis makanan yang sehat dan tentunya jenis makanan yang menyehatkan bagi penderita penyakit stroke.

16 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Stroke

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat untuk penderita penyakit stroke yang perlu Anda ketahui.

1. Oatmeal

Makanan yang satu ini tergolong simpel dan sangat mudah untuk didapatkan. Kandungan nutrisi dalam oatmeal yang bebas lemak tidak hanya akan menurunkan resiko stroke, namun juga penyakit lainnya seperti jantung dan obesitas.

2. Roti gandum

Mulailah beralih dari nasi putih biasa menggunakan roti gandum. Gandum merupakan jenis biji-bijian yang tidak mengandung banyak karbohidrat. Roti ini juga banyak mengandung omega 3, vitamin, dan mineral untuk kesehatan tubuh Anda.

3. Beras merah

Selain roti gandum, Anda masih bisa mengonsumsi nasi tapi pilihlah jenis nasi dari beras merah. Beras merah berbeda dari beras putih karena tidak mengandung banyak karbohidrat sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita stroke.

Loading...

4. Pepaya

Jenis buah yang dapat Anda konsumsi jika mempunyai gejala stroke yaitu pepaya. Selain rasanya yang enak, buah yang satu ini mempunyai kandungan kalori alami yang menyehatkan tubuh Anda dan memberikan cukup energi pada tubuh.

5. Pisang

Buah yang satu ini tidak hanya enak untuk dikonsumsi namun juga dapat menyehatkan tubuh Anda. Buah pisang mengandung cukup banyak potassium yang baik untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke.

6. Apel

Siapa sangka jika buah apel yang selama ini kita konsumsi dapat membantu menurunkan resiko gejala penyakit stroke. Kandungan anti oksidan dan zat lainnya mampu menyehatkan tubuh Anda dan melancarkan aliran darah.

7. Terong

Konsumsilah jenis sayuran yang dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit stroke. Kandungan serat dalam sayur yang satu ini cukup tinggi dan dapat mencegah stroke karena tidak mengandung zat natrium.

8. Kacang-kacangan

Jangan lupa untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung cukup banyak protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin E dan kalsium juga akan melindungi pembuluh darah di tubuh Anda.

9. Tomat 

Jangan ragu untuk mengonsumsi tomat setiap hari. Buah yang satu ini punya banyak kandungan zat besi yang baik untuk melancarkan aliran darah Anda. Kandungan senyawa licopenenya dapat mencegah pembekuan darah pada penyakit stroke.

10. Ikan salmon

Pilihlah jenis ikan yang mengandung banyak omega 3 seperti ikan salmon. Ikan ini dapat melindungi kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyakit menyerang pembuluh darah. Penyakit stroke pun dapat dicegah sejak dini.

Baca Juga: 13 Efek Buruk dari Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita penyakit stroke lainnya yang perlu dikonsumsi. Berikut ini 6 jenis makanan lainnya:

6 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Stroke Lainnya

11. Susu renah lemak
12. Ikan makarel
13. Brokoli
14. Stroberi
15. Anggur
16. Kacang kedelai

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat untuk penderita penyakit stroke yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top