Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

26 Jenis Makanan Sehat Penurun Darah Tinggi

Uncategorized

26 Jenis Makanan Sehat Penurun Darah Tinggi

Penderita penyakit darah tinggi dapat menyehatkan tubuhnya dengan mengonsumsi jenis makanan sehat penurun darah tinggi yang alami. Darah tinggi sering juga disebut sebagai penyakit hipertensi. Penyakit yang satu ini membuat tekanan darah Anda naik. Kebalikan dari penyakit darah rendah yang membuat Anda lemas dan mudah lelah. Penyakit darah tinggi justru akan membuat mood dan emosi Anda menjadi tinggi dan syaraf Anda menjadi tegang.

Penyakit darah tinggi bisa menyerang karena pola hidup yang tidak sehat, termasuk dalam mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Ada banyak jenis makanan yang bisa memicu penyakit darah tinggi, namun ada juga jenis makanan sehat penurun darah tinggi yang dapat Anda konsumsi. Makanan jenis ini mampu mengurangi gejala darah tinggi serta membantu tekanan darah Anda menjadi lebi h stabil dibandingkan dengan sebelumnya.

26 Jenis Makanan Sehat Penurun Darah Tinggi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat penurun darah tinggi yang perlu Anda ketahui.

1. Alpukat

Jenis makanan berupa buah yang satu ini tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga baik untuk menurunkan darah tinggi. Anda dapat mengonsumsi alpukat langsung atau mengolahnya menjadi jus buah segar tanpa gula.

2. Buah Mengkudu

Satu lagi jenis buah yang banyak manfaatnya, yaitu buah mengkudu. Mengkudu sudah dikenal sekian lama sebagai salah satu buah yang dapat menurunkan gejala penyakit, salah satunya adalah menurunkan gejala darah tinggi.

3. Pisang

Kandungan nutrisi dalam pisang mampu menyehatkan tubuh Anda serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Pastikan Anda hanya mengonsumsi pisang segar dan tidak mencampurnya dengan gula terlalu banyak.

Loading...

4. Buah kiwi

Kiwi merupakan buah cantik yang sering menghiasi kue dan juga roti. Buah manis ini bisa menjadi makanan sehat yang akan menurunkan tekanan darah Anda. Hipertensi pun bisa Anda cegah gejala kambuhnya di dalam tubuh.

5. Bayam

Selama ini kita mengenal bayam sebagai salah satu sayuran yang mengandung banyak zat besi. Bayam tidak hanya akan membuat tubuh Anda lebih berenergi, namun juga dapat mencegah penyakit darah tinggi.

6. Bawang putih

Jenis bawang yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi penyakit darah tinggi. Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai bumbu herbal yang ampuh untuk menormalkan tekanan darah di dalam tubuh.

7. Tomat

Kesegaran tomat dengan kandungan airnya akan membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Tomat juga dapat Anda jadikan makanan sehat untuk menurunkan gejala darah tinggi agar tidak kambuh semakin parah.

8. Buncis

Siapa yang tidak mengenal buncis? Buncis sering dijadikan sebagai sayuran yang enak untuk disantap. Anda juga bisa mendapatkan asupan nutrisi dari sayuran ini untuk mencegah munculnya penyakit darah tinggi.

9. Roti gandum

Selain mengandung karbohidrat yang rendah, roti gandum juga mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda. Anda juga bisa menurunkan gejala hipertensi dengan mengonsumsi roti yang satu ini.

10. Oatmeal

Oatmeal sering dijadikan makanan ringan yang enak untuk menyehatkan tubuh. Jika Anda ingin mengurangi porsi nasi dan ingin mencegah darah tinggi, konsumsi oatmeal bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: 15 Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan untuk Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan sehat penurun darah tinggi lainnya. Berikut ini 16 jenis makanan lainnya:

16 Jenis Makanan Sehat Penurun Darah Tinggi Lainnya

11. Minyak zaitun
12. Yogurt
13. Kentang
14. Seledri
15. Timun
16. Blueberi
17. Kedelai
18. Jambu Biji
19. Semangka
20. Melon
21. Blewah
22. Jeruk
23. Susu skim
24. Kentang putih
25. Biji bunga matahari
26. Apel

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat penurun darah tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top