Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Jenis Makanan Sehat yang Rendah Kolesterol

Uncategorized

12 Jenis Makanan Sehat yang Rendah Kolesterol

Beberapa jenis makanan sehat yang rendah kolesterol sebaiknya dikonsumsi agar tubuh Anda tidak mudah diserang kolesterol jahat. Kolesterol merupakan suatu senyawa atau zat yang terdapat dalam makanan. Jika tubuh Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi, maka Anda akan mendapatkan tumpukan kolesterol dalam tubuh. Penumpukan kolesterol dalam tubuh bukanlah hal baik untuk kesehatan.

Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh menjadi salah satu penyebab utama munculnya berbagai jenis penyakit. Mulai dari stroke, penyakit jantung, sampai dengan obesitas. Munculnya kolesterol dalam tubuh disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Anda pun juga perlu memperhatikan jenis makanan apa yang akan Anda konsumsi agar kandungan kolesterol di dalamnya tidak membahayakan kesehatan tubuh.

12 Jenis Makanan Sehat yang Rendah Kolesterol

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan sehat yang rendah kolesterol yang patut Anda konsumsi setiap hari.

1. Margarin berbahan dasar tumbuhan

Kebanyakan produk margarine saat ini didominasi oleh bahan atau minyak yang berasal dari hewan. Padahal minyak dari hewan lebih banyak mengandung kolesterol. Itulah mengapa Anda perlu mengonsumsi margarine yang terbuat dari minyak nabati.

2. Minyak zaitun

Gantilah minyak goreng yang sering Anda gunakan dalam memasak dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mempunyai kandungan kolesterol yang rendah sehingga sangat aman untuk digunakan setiap hari ketika memasak.

3. Yogurt

Pilihlah jenis yogurt yang rendah lemak. Yogurt merupakan makanan yang berbahan dasar susu dengan kandungan lemak yang tidak sedikit. Itulah mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi yogurt tanpa kandungan lemak yang tinggi.

Loading...

4. Kacang kedelai

Jenis kacang yang baik untuk kesehatan tubuh tanpa memicu kolesterol yang tinggi yaitu kacang kedelai. Kacang ini tidak mengandung banyak kolesterol sehingga tidak akan menambah resiko penyakit di dalam tubuh Anda.

5. Sayuran hijau

Konsumsilah sayuran hijau organic yang masih segar. Sayuran hijau mengandung lebih banyak serat serta nutrisi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan kolesterolnya pun sangatlah rendah sehingga aman untuk dimakan.

6. Gandum

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam gandum sangat baik untuk kesehatan. Selain rendah kalori, gandum juga rendah kolesterol. Pencernaan Anda pun akan lebih lancar karena gandum mengandung cukup serat untuk pencernaan.

7. Bawang putih

Siapa sangka jika bawang putih dapat mencegah tubuh Anda dari kolesterol yang tinggi. Bawang ini tidak mengandung senyawa seperti kolesterol atau senyawa lainnya yang dapat memicu timbulnya penyakit dalam tubuh.

8. Omega 3

Konsumsilah banyak makanan dengan kandungan omega 3 yang cukup. Omega 3 sangat baik untuk pertumbuhan anak dan juga menjadi salah satu senyawa pencegah kolesterol yang tinggi di dalam tubuh Anda.

9. Ikan

Berbagai jenis ikan dengan kandungan proteinnya akan membantu Anda untuk menurunkan kolesterol. Hal ini didukung oleh kandungan kolesterol dalam ikan tidaklah tinggi sehingga tidak memicu banyak penyakit akibat kolesterol.

10. Daging

Pandai-pandailah dalam memilih daging yang Anda konsumsi seperti daging sapi dan daging kambing. Sebaiknya Anda mengonsumsi daging tanpa lemak maupun kulit karena kedua bagian tersebut mengandung kolesterol yang tinggi.

11. Kacang polong

Satu lagi jenis kacang sehat yang tidak mengandung kolesterol tinggi, yaitu kacang polong. Anda dapat menjadikan kacang polong sebagai salah satu makanan sehat untuk dikonsumsi keluarga setiap harinya.

12. Buah segar

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah. Selain kaya vitamin, buah juga mengandung banyak air dan juga serat yang akan melancarkan pencernaan. Kandungan kolesterol dalam buah sangat rendah sehingga dapat Anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga: 15 Efek Buruk Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan sehat yang rendah kolesterol untuk tubuh Anda. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik dan lebih teliti dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top