Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Jenis Makanan yang Sulit Dicerna oleh Usus

Uncategorized

16 Jenis Makanan yang Sulit Dicerna oleh Usus

Tidak semua jenis makanan bisa dengan mudah diolah usus Anda karena ada beberapa jenis makanan yang sulit dicerna oleh usus. Usus Anda merupakan salah satu organ pencernaan yang berguna untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Jadi jika Anda salah mengonsumsi makanan, maka usus Anda akan mengalami dampaknya. Kandungan nutrisi yang ada pada beberapa makanan banyak yang berbeda.

Ada banyak penyakit usus yang kemungkinan besar akan menyerang tubuh Anda. Mulai dari radang usus, sampai dengan usus buntu pun bisa Anda dapatkan jika Anda tidak memperhatikan jenis makanan yang akan Anda konsumsi. Beberapa gejala penyakit pada usus seperti nyeri, kurang nafsu makan, mual, kembung, dan juga sering buang gas perlu Anda waspadai mulai dari sekarang. Mencegah akan lebih baik daripada mengobati.

16 Jenis Makanan yang Sulit Dicerna oleh Usus

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan yang sulit dicerna oleh usus yang perlu Anda ketahui.

1. Makanan pedas

Topik sebelumnya kita sudah terlebih dahulu membahas kenapa kita tidak boleh mengonsumsi makanan pedas terlalu berlebihan. Rasa pedasnya akan memberikan panas ke usus dan lambung Anda sehingga menyebabkan penyakit.

2. Jenis kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang mengandung cukup banyak protein. Namun Anda juga tidak bisa mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang terlalu banyak. Kandungan lemak dalam kacang cukup tinggi dan tidak mudah dicerna oleh usus.

3. Makanan asam

Makanan dengan dominasi satu rasa saja tidak disaranan untuk terlalu banyak dikonsumsi. Tidak hanya makanan yang terlalu pedas, namun juga makanan yang terlalu asam. Keasamannya akan membuat usus Anda terasa perih dan sakit.

Loading...

4. Kentang tumbuk

Sumber makanan seperti kentang bukanlah sumber makanan yang dapat dicerna oleh usus dan lambung Anda dengan cepat. Tekstur kentang yang padat memakan waktu yang cukup banyak bagi pencernaan untuk mengolahnya.

5. Kacang merah

Kandungan serat dalam kacang merah memang bagus untuk pencernaan Anda namun kadarnya yang terlalu banyak justru akan membuat usus Anda harus bekerja lebih banyak dalam mengolah makanan yang masuk.

6. Makanan digoreng sampai kering

Pengolahan makanan yang digoreng dengan minyak sampai benar-benar kering akan membuat usus Anda sulit untuk melumatkannya. Tekstur makanan tersebut menjadi keras dan bisa melukai permukaan usus Anda yang lunak.

7. Coklat

Perlu Anda ketahui bahwa coklat merupakan makanan dengan kandungan kafein dan lemak yang cukup tinggi. Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya terlalu banyak karena akan memicu penyakit pada usus.

8. Nangka

Sebaiknya Anda mengonsumsi buah nangka yang memang sudah benar-benar matang. Karena buah nangka yang matang mengandung serat yang cukup lunak sehingga tidak akan menyulitkan usus Anda untuk mencernanya.

9. Cempedak

Hampir sama seperti nangka, buah cempedak akan lebih nikmat dan juga menyehatkan usus jika dikonsumsi dengan memperhatikan tingkat kematangannya. Anda juga perlu membatasi porsi cempedak yang akan Anda konsumsi.

10. Sirsak

Siapa yang tidak mengenal buah sirsak? Buah manis dengan banyak serat ini memang dapat melancarkan pencernaan Anda. Namun ada baiknya jika Anda tidak terlalu banyak mengonsumsinya demi kesehatan usus.

Baca Juga: 10 Bahaya Konsumsi Telur Setengah Matang untuk Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan yang sulit dicerna oleh usus lainnya. Berikut ini 6 jenis makanan lainnya:

6 Jenis Makanan yang Sulit Dicerna oleh Usus Lainnya

11. Semangka
12. Nanas
13. Es krim
14. Makanan berlemak
15. Alkohol
16. Makana berkafein

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan yang sulit dicerna oleh usus yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top