Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Atasi Kelelahan Kronis Dengan Makanan Ini

Uncategorized

Atasi Kelelahan Kronis Dengan Makanan Ini

Kelelahan kronis adalah suatu penyakit yang kompleks dan sulit menemukan alasan medis yang menyebabkannya. Kemungkinan kondisi ini dipicu oleh gangguan kesehatan fisik dan mental yakni adanya penyakit tertentu atau tekanan kejiwaan. Rasa lelah akan semakin parah seiring dengan banyaknya kegiatan yang menguras tenaga dan konsentrasi. Sayangnya, istirahat yang cukup belum efektif dalam mengatasi kondisi ini.

Memperoleh asupan makanan yang bernutrisi dan vitamin adalah hal terpenting untuk tubuh. Sebab, asupan nutrisi dan vitamin akan membantu tubuh dalam menjalankan fungsinya untuk beraktivitas sehari-hari. Apalagi di saat kamu mengalami kelelahan kronis atau chronic fatgue syndrome. Saat tubuh mengalami kondisi tersebut, tentu membutuhkan makanan untuk mengatasi kelelahan kronis.

Dengan mengkonsumsi asupan makanan yang bisa menghasilkan energi itu, membuat tubuh lebih cepat pulih. Sebab, membantu dalam proses regenerasi sel otak dan otot. Selain rasa lelah, tubuh juga menunjukkan gejala lain saat sedang kelelahan kronis. Yuk ketahui apa saja gejalanya itu!

Gejala kelelahan kronis 

•    Sulit berkonsentrasi dan mengingat
•    Sakit tenggorokan
•    Adanya pembengkakan kelenjar
•    Mengalami nyeri otot tanpa sebab
•    Nyeri pada persendian tanpa disertai pembengkakan
•    Sakit kepala yang sulit hilang
•    Masih terasa lelah walau sudah tidur
•    Kelelahan yang berlangsung selama 24 jam lebih.

Makanan untuk mengatasi kelelahan kronis

Vitamin B dan gizi seimbang
Munculnya rasa lelah yang kronis adalah karena tubuh kekurangan vitamin B dari makanan sehari-hari. Vitamin B ini terkandung di dalam berbagai jenis makanan dan mempunyai jumlah yang bervariasi. Tidak semua vitamin B dapat mengatasi kelelahan kronis, hanya vitamin B6 dan vitamin B12 yang bisa.
Ada beberapa makanan yang mengandung vitamin B6 yakni bayam, pisang, daging sapi, kentang manis, salmon dan ikan tuna. Sedangkan vitamin B12 terdapat di dalam makanan seperti ikan berminyal, olahan susu, hati hewan dan telur. Kekurangan vitamin B12 bisa membuat beberapa proses pada tubuh terganggu dan menyebabkan beberapa penyakit. Diantaranya kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan kelelahan kronis.

Loading...

Makanan yang mengandung potassium dan magnesium
Makanan untuk mengatasi kelelahan kronis selanjutnya adalah Potassium dan magnesium. Kedua zat ini mampu meringankan berbagai gejala kelelahan kronis, khususnya gangguan otot. Magnesium mempunyai fungsi untuk meningkatkan energi tubuh, menyeimbangkan mood serta mengurangi rasa nyeri. Makanan yang mengandung magnesium terdiri dari labu, bayam, alpukat, kacang almond dan pisang.
Sedangkan potassium berguna dalam mengatur keseimbangan elektrolit tubuh, kram oto merupakan tanda kekurangan potassium. Kamu bisa mendapatkan potassium dengan minum air kelapa, makan bayam, pisang, jamur dan buah aprikot.

baca juga : Sedang diet? Ini 6 Makanan yang Membuatmu Kenyang lebih lama

Cukupi kebutuhan vitamin D
Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 menemukan bahwa seseorang yang mengalami kelelahan kronis mempunyai kadar serum vitamin D rendah. Merasakan lemas dan otot lelah merupakan gejala tubuh kekurangan vitamin D. Dampak terburuknya bagi tubuh adalah tubuh tidak bisa menyerap mineral untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D bisa kamu temukan pada bahan makanan seperti, ikan berminyak, teluar dan produk olahan susu. Selain itu, vitamin D juga bisa kamu peroleh dari sinar matahari pagi, ini yang berkaitan dengan kulit.

Mulai perbaiki asupan nutrisi
Mulailah perbaiki asupan nutrisi untuk tubuhmu. Umumnya, makanan olahan tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral saat kamu mengalami kelelahan kronis. Selain itu, makan olahan juga mengandung karbohidrat dan kalori tinggi yang bisa membuat lebih gendut. Maka, kurangi konsumsi makanan olahan, ganti saja dengan makanan alami seperti daging, telur dan ikan segar. Agar seimbang, makan juga lebih banyak serat dan protein yang dapat kamu peroleh dari buah dan sayur.

Itulah makanan-makanan yang bisa mengatasi kelelahan kronis. Jika masih belum pulih dari kelelahan ini, segera kunjungi dokter.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top