Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Jenis Makanan untuk Mengatasi Diare dan Muntah pada Anak

Uncategorized

20 Jenis Makanan untuk Mengatasi Diare dan Muntah pada Anak

Anak-anak mempunyai tubuh yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini menjadikan tubuh mereka belum sepenuhnya memiliki sistem imun tubuh yang kuat. Itulah mengapa sebagian besar anak-anak sangat rentan dengan serangan penyakit. Jenis penyakit yang sering dialami oleh anak-anak adalah diare yang disertai dengan muntah. Mengapa diare? Karena anak-anak masih belum bisa memperhatikan kebersihan tubuh mereka sendiri.

Diare merupakan jenis penyakit yang menyerang bagian pencernaan. Kurangnya menjaga kebersihan makanan dan juga kebersihan ketika makan dapat membuat sejumlah bakteri masuk ke pencernaan. Diare yang lebih parah dapat disertai dengan muntah. Anak-anak yang sering tidak memperhatikan kebersihan sangat sering diserang diare. Cara yang cukup mudah untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan jenis makanan untuk mencegah diare dan muntah pada anak yang tepat.

20 Jenis Makanan untuk Mengatasi Diare dan Muntah pada Anak

Agar Anda tidak kesulitan dalam mencegah penyakit diare dan muntah pada anak, berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan untuk mengatasinya yang perlu Anda ketahui.

1. Sup

Jenis makanan berupa sup sangat baik diberikan pada anak yang sedang diare. Hal ini karena sup mempunyai banyak kandungan kuah yang bercampur dengan sayuran yang sehat. Sehingga dapat memmbuat feses lebih pada dan mengentikan diare.

2. Nasi tim

Sudah sepantasnya jika penderita diare perlu mengonsumsi makanan yang lembut seperti nasi tim. Jika nasi ini lebih banyak dikonsumsi oleh bayi, maka Anda dapat menggunakannya sebagai makanan sehat untuk anak yang sedang diare.

3. Sereal

Zat pati yang terdapat pada sereal sangat cocok untuk menyehatkan anak dan mengatasi diare yang sedang dialaminya. Sereal juga lebih banyak digemari oleh anak-anak karena rasanya yang cenderung lebih enak untuk dikonsumsi.

Loading...

4. Bubur

Jangan lupa untuk memberikan bubur pada anak Anda. Selain sebagai sumber energi, bubur dengan tekstur yang lembut dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi bakteri penyebab diare dalam usus.

5. Kentang

Makanan berupa kentang mempunyai tekstur yang lembut, apalagi jika direbus terlebih dahulu. Selain bubur, Anda juga dapat memberikan kentang yang direbus terlebih dahulu pada anak Anda yang terjangkit diare.

6. Yoghurt

Bakteri baik yang terdapat pada yoghurt dapat melawan bakteri jahat penyebab diare pada anak. Rasanya yang enak dan mudah untuk dicerna sangat baik untuk memulihkan pencernaan anak dari penyakit diare.

7. Pisang

Sumber karbohidrat dan juga tenaga dari buah ada pada pisang. Anda dapat memberikan pisang pada anak Anda yang sedang terserang diare. Pisang merupakan jenis buah dengan tekstur yang lembut sehingga dapat membuat pencernaan menjadi lancar.

8. Crackers

Banyak orang yang menyebut crackers sebagai makanan berupa camilan. Bedanya, camilan yang satu ini merupakan camilan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Itulah mengapa makanan yang satu ini juga disarankan sebagai makanan yang dapat mengatasi diare pada anak.

9. Telur rebus

Nutrisi  yang ada pada telur rebus akan menggantikan nutrisi yang hilang di tubuh anak ketika dijangkiti oleh penyakit diare. Pencernaan anak Anda pun akan lebih mudah untuk mencernanya saat penyakit diare menyerang.

10. Jelly

Satu lagi makanan enak namun juga ampuh untuk mengatasi diare pada anak. Jelly mempunyai banyak rasa yang pasti disukai oleh anak Anda. Berikanlah jelly alami saat anak Anda terserang diare. Pencernaan anak Anda pun akan lebih mudah untuk mencernanya.

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Darah Tinggi

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan untuk mengatasi diare dan muntah pada anak lainnya. Berikut ini 10 jenis makanan lainnya:

10 Jenis Makanan untuk Mencegah Diare dan Muntah pada Anak Lainnya

11. Apel
12. Air putih
13. ASI
14. Jus buah segar
15. Air kelapa
16. Jus sayur segar
17. Campuran air gula dan garam
18. Air mineral
19. Agar-agar
20. Bubur gandum

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan untuk mengatasi diare dan muntah pada anak yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top