Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

18 Contoh Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Uncategorized

18 Contoh Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah jenis penyakit yang sering menyerang organ ginjal karena gaya hidup yang tidak sehat. Jika Anda mengalami penyakit ini, maka Anda akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Terutama dalam penyerapan makanan yang Anda konsumsi. Selain gaya hidup, faktor lainnya yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit ginjal yaitu jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari oleh penderita penyakit ini.

Tidak semua makanan yang Anda favoritkan merupakan makanan yang sehat untuk ginjal. Beberapa makanan jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan penyakit dan mengganggu organ tubuh. Jika Anda sudah terjangkit penyakit ginjal, maka Anda memerlukan contoh makanan untuk penderita penyakit ginjal yang sesuai. Hal ini perlu diperhatikan agar nantinya penyakit Anda ini tidak tumbuh menjadi penyakit yang bertambah parah.

18 Contoh Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa contoh makanan untuk penderita penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui.

1. Apel

Satu jenis makanan yang cukup simpel namun bermanfaat bagi penderita penyakit ginjal yaitu apel. Kandungan kalium dan fosfor dalam buah ini mampu membuat ginjal Anda lebih sehat dan berfungsi dengan lebih baik.

2. Anggur merah

Jenis anggur yang baik untuk penderita penyakit ginjal yaitu jenis anggur merah. Anggur merah menganung cukup banyak sodium, fosfor, dan juga potassium yang berguna untuk menyehatkan ginjal di tubuh ANda.

3. Buah ceri

Ukuran buah ini mungkin tergolong kecil namun khasiatnya sangatlah besar. Buah ceri mampu membuat ginjal Anda menjadi sehat karena mengandung potassium serta fosfor yang alami bagi kesehatan ginjal.

Loading...

4. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya sekedar bahan untuk dijadikan bumbuh dapur saja, namun juga sebagai bahan yang menyehatkan ginjal Anda. Jenis bawang yang satu ini mengandung fosfr dan potassium yang baik untuk ginjal Anda.

5. Touge atau kecambah

Salah satu jenis makanan yang satu ini banyak dijadikan sebagai bahan utama dalam masakan berupa sayuran. Jika Anda menyukai sayuran, maka Anda dapat menjadikannya sebagai makanan utama untuk membuat ginjal menjadi sehat.

6. Bawang merah

Jenis bawang lainnya yang berperan penting dalam kesehatan ginjal yaitu bawang merah. Bawang yang satu ini tidak hanya akan membuat ginjal Anda menjadi lebih sehat, namun juga mencegah ginjal Anda terserang penyakit lainnya.

7. Paprika merah

Makanan berupa paprika yang sebaiknya Anda konsumsi ketika mengalami penyakit ginjal yaitu paprika merah. Setengah cangkir paprika ini mengandung hampir 100 mg potassium dan juga 10 mg fosfor yang baik untuk tubuh.

8. Minyak zaitun

Jenis minyak zaitun tidak hanya digunakan dalam dunia kecantikan saja, namun juga menjadi bahan yang alami untuk mencegah penyakit ginjal. Anda dapat mengganti minyak goreng Anda dengan menggunakan minyak ini.

9. Kubis

Satu lagi sayuran sehat yang akan mengembalikan fungsi ginjal Anda, yaitu kubis. Ada baiknya kubis ini Anda konsumsi langsung sebagai lalapan sehat yang segar agar tidak mengurangi vitamin dan nutrisi lain di dalamnya.

10. Yogurt

Gantilah camilan Anda menjadi camilan sehat dengan mengonsumsi yogurt. Yogurt mengandung sejumlah nutrisi alami yang baik untuk kesehatan ginjal. Makanan yang satu ini juga dapat melancarkan pencernaan Anda.

Baca Juga: 23 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Tipes

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa contoh makanan untuk penderita penyakit ginjal lainnya. Berikut ini 8 jenis makanan lainnya:

8 Contoh Makanan untuk Penderita Penyakit Ginjal Lainnya

11. Ikan
12. Jenis rempah-rempah
13. Raspberry
14. Stroberi
15. Bluebri
16. Putih telur
17. Buah keluarga berries lainnya
18. Ikan salmon

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang contoh makanan untuk penderita penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top