Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

23 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Tipes

Uncategorized

23 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Tipes

Penyakit tipes atau tifus adalah penyakit yang diakibatkan oleh serangan bakteri. Bakteri yang menyerang tubuh ini biasanya berasal dari tidak bersihnya makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Gejala penyakit tipes bermula dari rasa mual dan sakit pada perut. Kemudian dilanjutkan dengan demam tinggi, denyut nadi tubuh yang cenderung lambat, dan juga tubuh yang terasa lemas. Penyakit tipes bukan penyakit yang sulit untuk disembuhkan secara medis.

Jika Anda saat ini sedang terserang penyakit tipes atau ada salah satu keluarga Anda yang menderita penyakit ini, Anda tidak bisa memberikan sembarang makanan. Ada beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit tipes yang perlu dikonsumsi. Hal ini akan membuat tubuh si penderita lebih cepat pulih dari penyakitnya. Pentingnya memilih jenis makanan bagi penderita tipes berkaitan dengan serangan bakteri yang mengganggu kesehatan pencernaan.

23 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Tipes

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit tipes yang perlu Anda ketahui.

1. Daging ayam rebus

Penderita tipes memerlukan jenis makanan yang mengandung banyak protein, salah satunya daging ayam rebus. Mengapa perlu mengonsumsi daging ayam yang direbus? Karena kandungan protein di dalamnya tidak akan berkurang banyak.

2. Hati ayam

Satu lagi makanan untuk penderita penyakit diabetes yang dapat membantu menyehatkan tubuh yaitu hati ayam. Kandungan protein dalam makanan yang satu ini akan mencukupi kebutuhan nutrisi penderita penyakit tipes.

3. Ikan rebus

Selain daging ayam rebus, makanan lainnya bagi penderita tipes yang juga direbus yaitu ikan rebus. Protein hewani yang ada dalam ikan rebus akan dengan mudah diserap oleh tubuh sehingga penyakit tipes bisa lebih cepat sembuh.

Loading...

4. Kacang kedelai

Jika Anda tidak terlalu menyukai daging, Anda dapat mengonsumsi kacang kedelai sebagai sumber makanan berprotein tinggi. Kacang yang satu ini dapat membantu Anda untuk pulih dari penyakit tipes yang menyerang tubuh.

5. Tahu

Tidak hanya kacang kedelai saja, namun juga makanan dari jenis kedelai lainnya pun bisa Anda coba untuk membantu menyembuhkan tipes. Tahu sangat cocok untuk penderita tipes karena teksturnya yang lembut mudah dicerna oleh lambung.

6. Margarin

Penderita tipes juga membutuhkan lemak selain protein. Lemak ini digunakan untuk membuat tubuh penderitanya tidak lemas. Kandungan lemak dalam margarine juga tidaklah berlebihan jadi aman untuk dikonsumsi sesuai dengan porsinya.

7. Kacang panjang

Penderita tipes akan mengalami gangguan pencernaan yang cukup membantu. Untuk mengatasi ini maka dibutuhkan makanan dengan kandungan serat yang baik. Anda bisa mendapatkannya dari kacang panjang.

8. Buncis muda

Pilihlah jenis buncis yang masih muda. Kandungan serat dalam buncis yang muda cukup banyak untuk memenuhi nutrisi pencernaan Anda. Jika pencernaan sehat maka tubuh Anda juga akan lebih cepat sembuh dari tipes.

9. Labu siam

Para ibu rumah tangga pasti sudah mengenal yang namanya labu siam. Selain enak untuk dijadikan bahan sayuran, sayur yang satu ini ternyata mampu menurunkan gejala penyakit tipes. Anda bisa merebusnya kemudian mengonsumsinya langsung.

10. Pepaya

Penderita tipe juga diharuskan mengonsumsi banyak buah-buahan. Karena buah-buahan mengandung banyak air dan gula alami yang baik untuk kesehatan pencernaan. Pilihan buah yang bisa Anda konsumsi yaitu buah pepaya.

Baca Juga: 22 Contoh Makanan Penurun Penyakit Darah Tinggi

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit tipes lainnya. Berikut ini 13 jenis makanan lainnya:

13 Jenis Makanan untuk Penderita Penyakit Tipes Lainnya

11. Pisang
12. Alpukat
13. Wortel
14. Bubur
15. Nasi ayam tim
16. Kentang tumbuk
17. Roti bakar
18. Puding
19. Biskuit
20. Makanan yang tidak asam
21. Non makanan pedas
22. Air putih
23. Air mineral

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan untuk penderita penyakit tipes yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top