Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Minuman dan Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal

Uncategorized

12 Minuman dan Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal

Batu ginjal pasti bukanlah merupakan hal asing bagi anda semua, walaupun bukan anda sendiri yang mengalami, pasti anda sering mendengar mengenai batu ginjal. Batu ginjal sendiri adalah sebuah penyakit dimana terdapat kristal yang dikeluarkan bersama urine. Kristal tersebut biasanya terbentuk dari pengendapan sisa-sisa penguraian bahan kimia dalam tubuh. Maka dari itu, ada beberapa makanan yang dihindari penderita batu ginjal.

Batu ginjal tindak memandang jenis kelamin, setiap pria maupun wanita yang telah berusia diatas 40 tahun dapat mengalaminya. Ketika batu kristal tersebut tidak dapat keluar dan tertimbun dalam saluran kencing, akibatnya pengeluaran urine tidak lancar. Silahkan simak beberapa makanan yang dihindari penderita batu ginjal berikut.

Makanan Berbahaya Penderita Batu Ginjal, Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal, Makanan yang Dihindari Penderita Ginjal

1. Sayuran Hijau

Makanan yang dihindari penderita batu ginjal yang pertama adalah sayuran hijau, karena dengan mengonsumsi sayuran hijau berlebihan akan berakibat buruk pada penderita batu ginjal. Beberapa sayuran hijau memiliki kadar asam oksalat yang sangat tinggi dan berakibat buruk pada kinerja ginjal.

2. Produk Olahan Susu

Susu memang memiliki manfaat bagi tubuh manusia, seperti kalsium yang berguna agar tulang menjadi kuat. Produk olahan susu seperti keju, yogurt dan susu sendiri tidak dianjurkan untuk penderita batu ginjal, karena kandungan kalsium dan asam oksalat dalam susu dapat memperburuk penderita batu ginjal.

3. Daging merah

Konsumsi daging merah yang berlebihan sangat dilarang bagi penderita batu ginjal. Kandungan protein dalam daging merah sangat tinggi dan malah memperburuk kerja ginjal, karena ginjal akan bekerja ekstra untuk memecah protein tersebut dan memberikan beban berlebih pada ginjal.

4. Minuman berkafein

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bahaya kafein yang dapat menyebabkan darah tinggi. Akan tetapi, kafein juga berbahaya pada ginjal. Karena, dapat memicu terbentuknya batu ginjal dan memperparah kondisi ginjal. Akibat kafein, ginjal menjadi tertekan karena menghambat aliran darah dan kinerja ginjal menjadi menurun.

Loading...

5. Makanan dan minuman berkadar Gula tinggi

Bukan rahasia lagi bahwa gula sangat erat kaitannya terhadap penyakit tubuh khususnya ginjal. Selain penyebab penyakit diabetes, gula juga dapat memicu produksi asam urat yang mana akan memicu terbentuknya kristal dalam ginjal dan pada akhirnya bertumpuk menjadi batu ginjal.

6. Makanan yang Mengandung Asam Oksalat Tinggi

Makanan dengan kandungan asam oksalat yang benar-benar tinggi, haram hukumnya dikonsumsi oleh penderita batu ginjal, karena kadar kalsium akan meningkat dalam tubuh anda. Beberapa makanan yang mengandung asam oksalat adalah, bayam, cereal, jeruk, tomat dan buncis.

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung kadar gula yang sangat tinggi, maka sangat berbahaya bagi tubuh khususnya pada kesehatan dan kinerja ginjal. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung kreatinin, kalsium dan asam oksalat yang sangat tinggi dan memicu terbentuknya batu ginjal serta meningkatkan potensi terkena batu ginjal.

8. Makanan dengan kadar garam tinggi

Apabila anda penderita batu ginjal, sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung garam dalam menu makanan harian anda. Selain berbahaya berakibat batu ginjal, garam juga dapat menyebabkan darah tinggi apabila mengonsumsi nya secara berlebihan. Batasi asupan garam dalam tubuh anda maksimal 3500 mg dalam sehari.

9. Ikan

Semua tahu bahwa ikan memiliki manfaat yang sangat tinggi karena kadar protinya yang juga tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia berupa peningkatan kecerdasan dan pertumbuhan. Namun, ikan juga mengandung zat purin yang sama tingginya dan berakibat pada asam urat, yakni pemicu terbentuknya batu ginjal.

10. Makanan dengan kadar Vitamin C tinggi

Memang benar Vitamin C berguna untuk memelihara daya tahan tubuh dan vitamin C juga memiliki manfaat lain yang sangat dibutuhkan tubuh, tetapi vitamin C akan berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena vitamin C dapat memicu produksi asam oksalat, dimana hal itu dapat berbahaya bagi ginjal.

Baca Juga 14 Obat Alami untuk Mengatasi Rhinitis Alergi

2 Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal Lainnya:

11. Selalu minum air mineral yang sudah dimasak.
12. Garam

Itulah beberapa makanan yang dihindari penderita penyakit batu ginjal yang mungkin bermanfaat bagi anda dan orang sekitar. Selalu jaga pola makanan yang sehat dan seimbang serta tidak berlebihan yang mana itu merupakan sebuah investasi untuk kesehatan masa tua anda dan kesehatan adalah aset yang tak ternilai harganya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top