Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Jenis Makanan yang Dilarang untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Uncategorized

14 Jenis Makanan yang Dilarang untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan salah satu gangguan yang sangat menakutkan untuk setiap orang, karena apabila dibiarkan tanpa disertai pola hidup yang sehat akan berakibat kematian. Hal ini akan berakibat pada serangan jantung dan penyakit jantung lain yang lebih berbahaya. Sebaiknya anda menghindari makanan yang dilarang untuk kolesterol tinggi agar anda dapat terhindar dari risiko kolesterol.

Anda akan mudah terserang kolesterol apabila anda tidak melakukan pola hidup sehat dan makanan yang sehat. Kolesterol dapat ditemukan dalam darah dan mengalir bersama darah. Proses oksiadasi akan membuat kolesterol menumpuk dan mengeras dan akhirnya menjadi plak di pembuluh darah. Berikut makanan yang dilarang untuk kolesterol tinggi.

Makanan yang Dilarang untuk Kolesterol Tinggi, Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Kolesterol Tinggi, Jenis Makanan yang Dilarang untuk Kolesterol Tinggi

1. Hati Ayam

Makanan yang dilarang untuk kolesterol tinggi yang pertama adalah hati ayam. Hati ayam memang sudah terkenal dalam mengakibatkan berbagai penyakit. Hati ayam mengandung zat purin yang akan mengakibatkan asam urat. Dengan kolesterol tinggi dan asam urat maka akan berakibat penyakit komplikasi yang lebih berbahaya.

2. Udang

Udang adalah sebuah makanan yang sangat digemari oleh banyak orang. Dibalik semua iu, udang menyimpan bahaya yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Udang mengisi lemak jenuh yang sangat tinggi dan berakibat penumpukan kolesterol dan membuat penyakit jantung.

3. Keju

Keju sering kita konsumsi untuk melengkapi roti dan makanan dan kue lainnya. Akan tetapi, keju akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh manusia dan akan memicu kolesterol yang tinggi. Konsumsi keju yang berlebih juga akan mengakibatkan darah tinggi dan akan menyerang jantung dengan cepat.

4. Kuning Telur

Kuning telur adalah makanan yang biasanya anda gunakan untuk melengkapi sarapan anda, dan makanan ini sangat tinggi kandungan proteinnya dan sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Memakan kuning telur dapat berakibat kolesterol yang tinggi dan akhirnya gangguan terhadap jantung.

Loading...

5. Daging Merah

Daging merah dalam kambing, babi dan sapi mengandung kolesterol yang sangat tinggi dan akan menumpuk dalam darah. Selain itu hewan ternak yang dipelihara dan diberi pakan khusus, maka kandungan lemak jenuhnya akan semakin tinggi. Apabila anda seorang penderita penyakit jantung, maka batasi atau bahkan kurangi asupan daging merah dalam tubuh anda.

6. Popcorn

Popcorn biasanya dikonsumsi orang yang sedang menonton di bioskop. Namun popcorn juga akan mengakibatkan serangan jantung juga kolsterol tinggi. Untuk pembuatan popcorn digunakan mentega, garam dan minyak yang tinggi sehingga popcorn memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi.

7. Makanan Instan

Makanan instan adalah makanan yang sangat tidak dianjurkan untuk tubuh. Karena memang makanan instan mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh seperti, zat pengawet, zat pewarna dan zat perasa buatan. Makanan cepat saji mengandung lemak yang sangat tinggi dan berakibat serangan jantung, penumpukan kolesterol dan lemak perut yang menumpuk.

8. Es Krim

Es krim sangat digemari manusia saat ini dari segala usia dan segala kalangan. Namun, bagi anda yang menderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari mengonsumsi es krim dengan porsi berlebih. Dengan proses pembekuan dan pengolahan es krim, maka lemak jahat yang ada didalam es krim akan meningkat.

9. Margarin

Margarin biasanya digunakan untuk bahan olesan kue ataupun bahan untuk menggoreng nasi goreng serta bahan untuk membuat kue. Lemak jenuh dalam margarin dapat beresiko kolesterol dan akan berujung penyakit jantung. Anda sebaiknya menggantikan margarin untuk bahan oles dan menggoreng dengan minyak yang lebih sehat.

10. Kentang Goreng

Kentang memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia, akan tetapi kentang akan sangat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan dalam penggorengan kentang, akan dibutuhkan minyak yang banyak juga garam. Jadi,  kandungan kolesterol dalam kentang goreng jadi tinggi.

Baca Juga 10 Makanan yang Dilarang Saat Batuk dan sebaiknya anda hindari

4 Makanan yang Dilarang untuk Kolesterol Tinggi Lainnya

11. Olahan Produk Daging
12. Kue kering dan Basah
13. Makanan yang mengandung minyak sawit
14. Makanan dengan kadar lemak tinggi dan minyak

Itulah 14 makanan yang dilarang untuk kolesterol tinggi dan perlu anda hindari agar kualitas hidup anda meningkat. Selain itu, dengan menghindari makanan yang disebutkan diatas anda akan membuat investasi kesehatan untuk masa usia lanjut anda. Apabila anda mengalami gejala dari kolesterol tinggi, maka hubungi dokter anda secepatnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari penyakit yang membahayakan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top