Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Uncategorized

20 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Permasalahan pada lambung mungkin sudah banyak dialami oleh banyak orang. Bermacam-macam masalah pada lambung seperti perut kembung, mulas, mual dan asam lambung. Gejala ini memang sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari kita karena sakit nyeri yang sangat hebat. Bagi anda yang memilki masalah pada lambung sebaiknya hindari makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung.

Lambung hanya bisa menoleransi keasaman dengan kadar pH sampai 2.0 dan bila di bawah angka tersebut maka enzim khusus untuk mencerna protein tidak mampu dihasilkan oleh asam lambung. Maka dinding lambung akhirnya terpenuhi dengan cairan dimana cairan tersebut dinamakan asam lambung. Asam lambung biasanya dapat di akibatkan karena makanan, ketahui makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung.

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung, Jenis Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung, Makanan yang Dilarang untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

1. Makanan Dengan Rasa Asam

Makanan dengan rasa asam mengandung acid reflux yang dapat membuat kadar asam lambung dapat meningkat di dalam perut. Bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya hindari makanan yang berasa asam, karena rasa asam membuat refluk asam timbul yang dapat memperburuk kondisi lambung.

2. Makanan Mengandung Alkohol

Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa alcohol tidak baik bagi kesehatan kita, terutama untuk kesehatan lambung. Mengapa hal demikian dapat memperburuk lambung ? karena makanan dengan alcohol tinggi memilki kandungan gas yang tinggi juga sehingga akan lebih meningkatkan asam lambung lebih cepat.

3. Daun Mint

Daun mint biasanya di campurkan dengan berbagai jenis makanan dan minuman sehingga memberikan rasa yang dapat menyegarkan mulut. Tetapi daun mint dapat membuat asam lambung kambuh, karena mint dapat memberikan efek mati rasa di kerongkongan sehingga asam lambung terpicu naik ke atas.

4. Keju

Siapa yag tak kenal dengan keju, pastinya semua orang menyukai terbukti pada semua makanan memiliki rasa keju. Bagi anda yang sangat menggemari keju, hati-hati karena keju memilki dampak negative bagi kesehatan anda. Keju merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan asam lambung karena keju mengandung lemak tinggi sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik. Jika anda ingin mengonsumsi keju sebaiknya pilih keju yang rendah lemak.

Loading...

5. Coklat

Sama hal nya dengan keju, coklat juga tidak kalah banyak orang yang menyukai. Coklat memang dikenal memiliki manfaat yang bagus untuk mengembalikan mood anda. Tapi tahukah anda coklat juga dapat menyebabkan asam lambung naik karena coklat mengandung lemak padat yang sulit untuk bisa masuk ke dalam saluran pencernaan.

Sehingga coklat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna sehingga mengurangi nafsu makan anda. Jadi bagi anda yang  memilki penyakit asam lambung sebaiknya hindari memakan coklat ataupun makanan yang mengandung coklat berlemak tinggi.

6. Butter

Butter berbeda dengan mentega walaupun fungsinya hampir sama, teapi butter memilki karakter yang lebih padat dan sulit untuk dicerna. Sama seperti coklat butter dapat menekan rasa lapar yang dapat mengundang asam lambung naik. Bagi anda yang suka masak ingat dengan menambah jumlah kalori pada makanan waspadai karena dapat menyebabkan asam lambung.

7. Garam

Bumbu dapur satu ini memang sering kali dijadikan pengobatan tradisional bagi orang-orang. Tapi siapa kira di balik itu semua justru garam membuat asam lambung naik. Karena garam memilki rasa gurih dan asin yang bisa membuat  nafsu makan naik. Hal ini terjadi karena usus dan lambung merasa tidak kuat untuk menerima efek garam. Jadi bagi anda yang suka sekali dengan rasa asin sebiknya kurangi pengonsumsian garam agar terhinda dari penyakit asam lambung.

8. Gula

Bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung dan gemar sekali makan yang manis-manis sebaiknya mulai kurangi. Pada awalnya memang gula akan membuat perut nyaman dan tidak terasa lapar namun, secara perlahan gula akan membuat maag menjadi kronis. Gula sama dengan lemak yang dapaat membuat produksi asam lambung tinggi.

9. Kue Brownis

Siapa yang tidak menyukai kue lezat satu ini pastinya semua orang menyukai kue broenise ini. Bagi anda yang suka sekali megonsumsi kue brownise hingga berlebih-lebih sebaiknya mulai dikurangi karena kue brownise menyebabkan asam lambung. Hal ini terjadi karena komposisi keu brownise yang mengandung coklat, gula dan tepung. Bahan-baha pembuatan roti brownise ini memberika efek yang mengenyangkan tetapi sulit untuk di cernasehingga dapat menyebabkan sekresi asam tinggi.

10. Salad

Bagi orang yang sedang melakukan diet biasanya ada memakan salad sebagai makanan sehat. Selain menyehatkan salad juga dapat mengakibatkan asam lambung naik. Karena salad dihidangkan terdiri dari buah dan sayur dan di tambah dengan mayonaise. Bahan-baha salad memang rendah kalori namun membuat lambung cepat lapar kembali jadi sebaiknya anda tambahkan sedikit makanan padat seperti biji-bijian.

Selain 10 makanan diatas masih banyak lagi makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik seperti :

Baca Juga 10 Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Saat Mengalami Sakit Campak

10 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung Lainnya

11. Kue yang Dipanggang
12. Nanas
13. Minuman yang Bersoda
14. Kopi
15. Minuman Dingin
16. Produk Susu
17. Pisang
18. Saus Pedas
19. Donat
20. Macaroni

Itulah beberapa makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung yang bisa anda hindari. Bagi anda yang sudah terkena penyakit asam lambung sebaik nya mulai makanan-makanan di atas agar asam lambung anda tidak mudah kambuh kembali, ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top