Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

5 Makanan yang Harus Kamu Hindari setelah Olahraga

Uncategorized

5 Makanan yang Harus Kamu Hindari setelah Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas dan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. ketika sedang berolahraga, tubuh akan kehilangan energi dan nutrisi. Oleh karena itu, sangatlah penting mengkonsumsi makanan agar bisa mengembalikan stamina setelah berolahraga. Makanan yang baik adalah makanan yang terdiri dari karbohidrat kompleks, air dan protein. Selain itu, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari setelah olahraga.

Ketika berolahraga tubuh menggunakan glukosa untuk mengolahnya menjadi energi, sehingga kamu harus mengkonsumsi makanan yang meningkatkan kadar gula darah. Tapi, kamu juga perlu memperhatikan saat memilih makanan yang tepat. Karena jika salah memilih makanan bisa membuat tubuh semakin lemas dan tidak bertenaga. Lalu makanan apa yang harus dihindari setelah berolahraga?

Penting bagi kamu untuk mengetahuinya, agar olahraga yang kamu lakukan tidak sia-sia. Kamu pun mendapatkan manfaat dari olahraga. Yuk, simak ulasannya!

Inilah daftar makanan yang perlu dihindari setelah olahraga

Makanan ringan yang asin rasanya
Makanan yang harus dihindari setelah olahraga yang pertama adalah makanan ringan dengan rasa asin. Mengkonsumsi makanan ringan merupakan hal yang menyenangkan dan bisa dikerjakan sambil mengobrol atau kegiatan lainnya. Tapi, bagi kamu yang selesai berolahraga sebaiknya hindari makanan ini. Walaupun mengandung potasium yang tinggi, makanan asin juga kaya akan kalori. Hal inilah yang bisa membuat olahragamu sia-sia tanpa manfaat.

Olahraga memang mengeluarkan potasium, untuk menggantikannya yang hilang kamu bisa makan buah pisang saja. Buah ini kaya akan potasium dan baik untuk menggantikan jumlah potasium yang hilang selama berolahraga. Berarti makanan asin merupakan makanan yang harus dihindari setelah berolahraga.

Minuman bersoda
Setelah berolahraga lalu minum minuman bersoda akan sangat menyegarkan tenggorokan. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa mengkonsumsi minuman berkarbonasi setelah  berolahraga bisa menggagalkan diet yang kamu lakukan. Dampak minuman bersoda amatlah tidak baik bagi tubuh, karena kadar gulanya cukup tinggi. Minuman bersoda juga memperburuk sistem metabolisme tubuh.

Loading...

Jika metabolisme tubuh terhambat, maka pembakaran lemak juga terhambat akhirnya terjadi tumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, jika minuman ini dikonsumsi terus-menerus dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti kerapuhan tulang, obesitas dan penyakit jantung. oleh karena itu, ganti minuman bersoda dengan minuman yang menyehatkan, khususnya air putih. Itulah sebabnya, minuman bersoda termasuk dalam makanan yang harus dihindari setelah olahraga.

baca juga : Ketahui Kebiasaan Tidur yang Membahayakan Tubuh

Junk food
Junk food juga tergolong dalam makanan yang harus dihindari setelah berolahraga. Kamupun sudah tahu jika makanan cepat saji mempunyai efek buruk terhadap kesehatan. Junk food mengandung lemak jahat dan kolesterol tinggi. Itulah sebabnya makanan itu tidak tepat dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungannya bisa menghambat proses pembentukan otot dan pembentukan tubuh yang kamu inginkan.

Daging merah
Tak hanya sulit dicerna, daging merah juga tinggi lemak. Apabila makanan ini kamu konsumsi setelah olahraga akan membuat dietmu gagal. Untuk mengatasinya, ganti daging merah dengan daging ayam tanpa kulit atau ikan laut. Kedua makanan itu mengandung protein dan bisa mengganti protein tubuh yang hilang saat olahraga. Sudah tahukan mengapa daging merah menjadi makanan yang harus dihindari setelah olahraga.

Roti
Saat dicerna, roti bisa berubah menjadi gula dengan cepat, tentu makanan yang harus dihindari setelah olahraga. Jika kamu ingin sekali memakannya ganti dengan roti gandum itu dengan porsi kecil. Selain iyu, juha hindari white bread yakni roti yang terbuat dari tepung terigu.

Nah, itu beberapa makanan yang harus kamu hindari setelah olahraga. Jadi, jangan biarkan olahraga yang kamu lakukan tidak mempunyai manfaat apa-apa bagi tubuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top