Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Maag Kronis

Uncategorized

12 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Maag Kronis

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang menyerang lambung dan disebabkan oleh bakteri H. Pylori. Bakteri ini mampu mengganggu lambung dengan cara menghasilkan banyak asam sehingga naik ke kerongkongan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit maag salah satunya adalah makanan. Oleh sebab itu kamu perlu mengetahui apa saja makanan yang tidak boleh bagi penderita maag kronis.

Mengatur jumlah makanan yang hendak dikonsumsi sangatlah penting dilakukan oleh penderita maag kronis. Karena apa bila salah, maka akan menyebabkan reaksi yang berbahaya bagi lambung dan sistem pencernaan lainnya. Berikut ini merupakan makanan yang tidak boleh bagi penderita maag kronis.

Makanan Yang Tidak Boleh Bagi Penderita Penyakit Maag Kronis, Makanan Yang Tidak Boleh Bagi Penderita Maag Kronis, Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Bagi Penderita Maag Kronis

1. Produk olahan susu

Salah satu makanan yang tidak boleh bagi penderita maag kronis yaitu produk olahan susu. Hal ini dikarenakan susu mengandung lemak yang tinggi sehingga tidak cocok dikonsumsi penderita maag. Makanan ini akan menyebabkan infesi H. Pylori semakin parah sehingga akan menyebabkan penderita menjadi mual dan muntah.

2. Semua buah yang mengandung asam tinggi

Buah memang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun buah yang mengandung asam sitrat yang tinggi tidak cocok dikonsumsi oleh penderita maag kronis karena akan membuat maag yang di derita semakin buruk. Buah yang dimaksud seperti halnya jeruk, duku, kiwi, apel, leci, dan kelompok buah berry. Oleh sebab itu penderita maag kronis sebaiknya mengonsumsi buah lainnya yang memiliki rasa manis.

3. Semua jenis acar

Makanan berikutnya yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag kronis yaitu semua jenis acar. Baik itu acar yang dibuat dari buah ataupun sayuran. Makanan ini hanya akan membuat lambung menjadi teriritasi. Acar merupakan makanan yang menggunakan sistem fermentasi dan menggunakan cuka. Padahal cuka mengandung zat kimia yang sangat berbahaya bagi lambung.

4. Makanan yang mengandung kafein

Semua minuman dan makanan yang mengandung kafein harus dijauhkan dari penderita maag kronis. Kafein merupakan zat yang mampu menaikkan asam lambung dengan cepat. Selain itu kafein juga dapat merugikan kesehatan lain seperti rasa lapar yang berlebihan, detak jantung semakin cepat, cemas, dan lain sebagainya.

Loading...

5. Makanan laut pemicu alergi

Penderita maag kronis juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan laut yang dapat memicu timbulnya alergi seperti udang, kerang, tiram, lobster, kepiting, gurita, dan ikan tuna. Hal ini dikarenakan makanan – makanan tersebut mengandung histamin yang dapat menimbulkan mual dan muntah. Bahkan bisa menimbulkan sesak napas bagi penderita maag kronis.

6. Gorengan

Makanan yang digoreng sangatlah berbahaya bagi setiap orang terutama yang sedang menderita penyakit maag kronis. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh sehingga akan menyebabkan sistem pencernaan terganggu seperti iritasi pada bagian lambung dan usus. Selain itu konsumsi yang berlebihan akan menyebabkan asam lambung menjadi meningkat.

7. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah memang merupakan bumbu dapur yang wajib ditambahkan ke berbagai jenis masakan untuk menambah cita rasa khasnya. Namun bumbu dapur tersebut ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita maag kronis karena akan menyebabkan lambung merasa terbakar.

8. Makanan pedas

Makanan pedas memang sangatlah menggoda bagi siapa saja yang menyukai wisata kuliner. namun apabila kamu menderita maag kronis, sebaiknya hindari makanan pedas karena akan membuat lambung mudah terluka.

9. Makanan olahan yang mengandung gula

Penderita maag kronis juga dilarang untuk mengonsumsi makanan olahan yang mengandung gula tinggi seperti makanan yang dibuat dari tepung. Contohnya kue kering, roti putih, dan pasta. Makanan – makanan tersebut dapat melukai dinding lambung dan memicu sakit yang cukup parah.

10. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi

Lemak jenuh memang sangat berbahaya bagi kesehatan terutama apabila dikonsumsi oleh penderita maag kronis karena akan menyebabkan asam lambung meningkat. Selain itu potensi penyakit jantung pun bisa disebabkan oleh makanan – makanan tersebut

Baca Juga 15 Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Asma

2 Makanan yang Tidak Boleh Bagi Penderita Maag Kronis Lainnya:

11. Tape
12. Alkohol

Itulah 12 makanan yang tidak boleh bagi penderita maag kronis yang perlu kamu tahu. Dengan membaca informasi tersebut kamu akan mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dimakan ketika sedang mengalami penyakit maag kronis.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top