Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Manfaat Bubuk Kayu Manis Untuk Program Diet Alami

Uncategorized

Manfaat Bubuk Kayu Manis Untuk Program Diet Alami

Bubuk kayu manis memiliki banyak manfaat diantaranya untuk diet. Pengonsumsian ramuan bubuk kayu manis secara teratur dapat menurunkan berat badan anda menjadi ideal. Diet tinggi lemak dapat menyebabkan peningkatan ukuran sel lemak (hipertropi) dan peningkatan jumlah sel (hiperplasia). Pertambahan ukuran sel melalui lipogenesis mengawali pertambahan ukuran sel (adipogenesis) dari pre-adiposit melalui proliferasi dan diferensiasi menjadi sel deposit yang matang, dan dalam regulasinya diatur oleh factor transkripsi Sterol regulalatory element binding protein (SREBP). Dalam kondisi makan berlebih yang kaya akan gula, karbohidrat untuk sintesis lemak seprti trigliserida (Mawarti, 2011). Kadar trigliserida yang tinggi merupakan faktor risiko untuk terjadinya Penyakit jantung koroner (Ada, 2007. Penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian yang utama di dunia dengan 16,7 juta kematian per tahunnya dan cenderung mengalami peningkatan.

Penjelasan manfaat bubuk kayu manis untuk diet
Ada salah satu solusi untuk menurunkan kadar trigliserida yaitu dengan Kayu manis (Cinnamomum burmanii). Kayu manis mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Thomas (2001) menerangkan bahwa kayu manis mengandung minyak atsiri, eugenol, safrole, cinnamaldehyde, tannin, kalsium oksalat, damar, zat penyamak, dimana cinnamaldehyde, merupakan komponen yang terbesar yaitu sekitar 70 %. 

Manfaat Bubuk Kayu Manis Untuk Program Diet Alami
Loading...

Disamping mengandung minyak atsiri telah di ketahui pula mengandung beberapa golongan senyawa metabolit sekunder yang lain seperti : alkaloid, fenilpropanoid, flavonoid, turunan 2-piron, benzil-ester, dan turunan alkenalkin (Guenther,2006). Seperti yang sudah pernah di teliti di USA, Malaysia, dan Pakistan bahwa kayu manis juga bisa menurunkan kadar glukosa pada penderita Diabetes Mellitus karena di dalam kayu manis mengandung Flavonoid. Flavonoid bekerja dengan meningkatkan metabolisme glukosa dan mengubah glukosa menjadi energi. Proses tersebut meningkatkan sensitivitas sel insulin sehingga kadar glukosa darah menurun (Anderson, 2004).

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kandungan flavanoid didalam bubuk kayu manis dapat mengubah glukosa dalam dalam menjadi sumber energi, sehingga apabila seseorang didalam tubuhnya terdapat kandungan glukosa yang banyak, glukosa tersebut diubah menjadi sumber energi. Glukosa tidak diubah menjadi lemak. Hal ini sangat cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. 

Cara mengkonsumsi bubuk kayu manis untuk diet

Cara mengkonsumsi bubuk kayu manis untuk diet. 
  1. Menyiapkan bahan-bahan seperti bubuk kayu manis sebanyak 1 sendok, madu 1 sendok dan segelas air hangat.
  2. Masukkan 1 sendok bubuk kayu manis tadi kedalam gelas, lalu aduk agar tercampur merata, baru setelah itu tambahkan 1 sendok madu dan di aduk. 
  3. Ramuan bubuk kayu manis dan madu siap untuk di minum.

Baca juga:  Cara Membuat Bubuk Kayu Manis

Ramuan dari resep ini dapat diminum saat pagi hari sebelum beraktifitas ataupun saat malam hari. Tetapi pengonsumsian juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat seperti olahraga yang teratur dan mengkonsumsi makanan yang seimbang. Oh iya, untuk mendapatkan berat badan yang ideal kunci utamanya adalah kurangi ataupun hindari mengkonsumsi makanan berminyak atau berlemak seperti goreng-gorengan.

Itu tadi sekilas tetang Manfaat bubuk kayu manis untuk program diet alami. Semoga dapat bermanfaat dan berat badan anda cepat menjadi ideal.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top