Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Meditasi adalah teknik penyelerasan energi jiwa dan raga dengan cara duduk diam, menenangkan pikiran, sambil mengatur pernafasan. Dengan meditasi, seseorang akan mencapai kondisi hening yang dapat membawa pada relaksasi yang tinggi. Semua beban pikiran akan terbuka dan teratasi segera dengan meditasi.

Meskipun banyak orang menganggap meditasi adalah sebuah ritus agama tertentu, seperti Buddha misalnya. Namun sebenarnya ini adalah suatu wujud olahraga dan olahjiwa belaka, sebagaimana kita mengenal Yoga. Ini juga baik sekali kan buat tubuh dan jiwa. Di bawah ini adalah manfaat meditasi untuk kesehatan:

1. Mengaktifkan Energi Tubuh

Manfaat melakukan meditasi adalah dapat mengaktifkan energi tubuh. Tahukah kamu bahwa manusia itu memiliki sistem energi tubuh yang kompleks. Dalam tubuh manusia ada 7 pintu gerbang energi atau yang dikenal dengan nama cakra. Yaitu: cakra dasar, seks, pusar, jantung, tenggorokan, ajna, dan cakra mahkota. Masing-masing cakra ini sangat mempengaruhi kesehatan di organ tubuh yang berada di dekat cakra itu.

2. Melancarkan Aliran Darah

Ternyata manfaat melakukan meditasi adalah bisa melancarkan aliran darah. Tahukah kamu bahwa aliran darah yang lancar dalam meditasi ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Karena dengan lancarnya aliran darah, kita akan terbebas dari berbagai penyakit.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat meditasi untuk kesehatan ternyata bisa mencegah penyakit jantung loh! Apalagi meditasi yang langsung diarahkan menuju ke cakra jantung untuk titik pengolahan nafasnya. Pastilah akan membawa dampak besar bagi kesehatan jantung. Cakra jantung atau yang dikenal pula dengan nama anahata ini memang perlu dilatih dari sekarang juga.

4. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Manfaat meditasi ternyata bisa mengatasi gangguan sistem pernafasan. Ini karena udara yang ditarik dan dihembuskan kala pernafasan dalam meditasi, itu membawa energi positif dan menghembuskan atau membuang energi negatif penyebab gangguan pernafasan.

Loading...

5. Mencegah Kanker

Ternyata manfaat meditasi bisa mengatasi kanker loh! Jika kamu tidak mau terserang penyakit mematikan macam kanker ini, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan rajin meditasi dan pernafasan. Orang yang kena kanker itu konon karena banyaknya energi negatif dan warna merah menyala di dalam dirinya. Sebagai tanda dari tingginya unsur api dalam tubuh. Kamu mesti segera menyapu energi negatif ini.

6. Membuat Badan Jadi Bugar

Manfaat meditasi untuk kesehatan adalah bisa membuat badan jadi bugar. Orang yang melakukan meditasi, maka dirinya akan memiliki tubuh yang berasa fresh, ringan, enak sekali rasanya. Dan kebugaran tubuh ini asalnya dari dalam batin yang jernih. Jadi sensasi kebugaran ini akan tetap berbeda dari bugar karena olahraga misalnya. Sungguh patut kita coba!

7. Menyegarkan Kulit

Meditasi akan bisa menyegarkan kulit kita. Wajah dan kulit tubuh terasa awet muda. Sungguh begitu menguntungkan kita. Dan kita takkan mengalami penuaan dan kekusaman lagi di kulit.Tentu manfaat yang begini sangat dicari oleh para perempuan di dunia ini. Meditasi itu murah, tidak membutuhkan alat dan trainer. Asalkan kamu paham tekniknya.

8. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat meditasi adalah bisa mengatasi sakit kepala. Memang sakit kepala ini bisa diatasi dengan membersihkan cakra ajna dan mahkota yang letaknya di kepala. Ketika kita meditasi dan memfokuskan diri pada ajna dan kepala, maka tubuh kita bisa benar-benar sehat deh! Sakit kepala hilang lenyap!

9. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat meditasi bisa mengatasi gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan biasanya disebabkan karena gangguan di cakra pusar. Ini adalah sebuah titik gerbang energi muladhara yang memang rentan mengalami kerusakan bilamana tidak diolah dengan baik.

10. Membuat Otot dan Tulang Jadi Rileks

Otot dan tulang kita bakalan rileks kalau mau melakukan meditasi secara rutin. Meditasi adalah sebuah cara aman untuk membuat tubuh jadi rileks!

Baca Juga: 15 Bahaya Berhenti Merokok Secara Mendadak

5 Manfaat Meditasi yang Lainnya:

11. Membuat Otak Fresh
12. Mengatasi Stress
13. Mencegah Anemia
14. Mengatasi Panas Dalam
15. Melegakan Napas

Demikianlah berbagai penjelasan mengenai manfaat meditasi untuk kesehatan. Dari berbagai penjelasan di atas, tampaklah bahwa meditasi memang begitu penting dilakukan manusia. Meditasi tidak berkaitan dengan agama tertentu, ini adalah semacam olahraga belaka yang bertujuan menyegarkan jiwa.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top