Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur untuk Kesehatan

Uncategorized

20 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur untuk Kesehatan

Tidur merupakan aktivitas yang sudah pasti dilakukan manusia. Sebagai mekanisme pertahanan tubuh supaya regenerasi sel berjalan lancar. Dengan tubuh yang sehat, kita akan memiliki kualitas hidup meningkat. Tidur yang cukup menjadi kewajiban yang tidak boleh diabaikan. Gaya hidup buruk seperti kurang tidur hanya akan membuat seseorang mengalami penyakit fisik dan mental.

Penyakit fisik akibat kurang tidur antara lain: hipotensi, anemia, gangguan jantung, dan masalah paru-paru. Sedangkan penyakit mental antara lain adalah depresi, stress dan mudah marah. Orang yang tidurnya kurang biasanya terjadi karena insomnia. Namun banyak pula yang karena tuntutan kerja lembur, jadinya jarang tidur. Siang dan malam selalu kerja. Ya, ada saja orang yang begini.

Beralih dari persoalan kewajiban tidur. Ternyata tidur yang berkualitas juga ada caranya tersendiri. kita tidak bisa tidur secara serampangan tanpa aturan. Salah satu cara terbaik mendapatkan kualitas tidur terbaik adalah dengan mematikan lampu saat tidur. Sudahkah kamu mematikan lampu saat tidur? Jika belum, ayo biasakan matikan lampu menjelang tidur! Karena ada manfaatnya banyak sekali loh untuk kesehatan. Seperti di bawah ini:

1. Mengaktifkan Hormon Melatonin

Hormon melatonin adalah hormon yang dapat memicu rasa kantuk. Ketika kita mematikan lampu saat tidur, hormon ini akan meningkat jumlahnya. Sehingga anda pun menjadi lebih mudah ngantuk. Kekurangan hormon melatonin dapat menyebabkan insomnia.

2. Merangsang Diproduksinya Gamma Amino Butyric Acid (GABA)

Gamma Amino Butyric Acid (GABA) dapat membawa manusia mudah mengalami tidur nyenyak. Dengan mengontrol alam bawah sadar sehingga tidak terjaga terus-menerus. GABA ini melimpah dalam kondisi kita mematikan lampu saat tidur.

3. Membantu Keluarnya Hormon Serotonin

 

Hormon serotonin akan mengatasi stress yang melanda tubuh. Dengan ini diharapkan seseorang jadi mudah memasuki fase tidur. Serotonin mencapai titik maksimalnya ketika kita mematikan lampu saat tidur. Maka tidur dalam kamar yang gelap memang baik sekali.

Loading...

4. Memperkaya Hormon Endorfin

Hormon endorfin akan memicu perasaan senang. Kegembiraan menjelang tidur diyakini bisa membuat otak dan otot jadi rileks. Seluruh syaraf tubuh akan bergerak aktif memperbaiki dirinya dan posisinya. Endorfin melimpah jumlahnya bila kita mematikan lampu saat tidur.

5. Mengaktifkan Kelenjar Pineal

Mematikan lampu saat tidur ternyata juga ampuh untuk mengaktifkan kelenjar pineal. Kelenjar ini dikenal sebagai kelenjar yang mempengaruhi otak kanan. Dengan otak kanan yang rileks, tidur pun jadi lebih nyenyak.

6. Membuat Kelenjar Pituitary Jadi Rileks

Sama dengan pineal. Kelanjar pituitary juga baik sekali untuk tubuh kita. Keaktifkan dari kelanjar ini bisa menyebabkan regenerasi sel-sel berjalan secara lebih aktif dan baik. Misalnya sel darah jadi lebih baik jika kita mematikan lampu saat tidur. Karena saat inilah kelenjar pituitary jadi sangat aktif.

7. Melancarkan Aliran Listrik di Tubuh

Ternyata tubuh manusia bisa mengalirkan listrik. Dengan listrik yang mengalir ini, maka tubuh bisa bertenaga keesokan harinya saat terbangun. Nah, listrik dalam tubuh menjadi lebih aktif ketika kita mematikan lampu saat tidur.

8. Membuat Tidur Jadi Nyenyak

Manfaat mematikan lampu saat tidur selanjutnya tentu saja membuat tidur jadi sangat nyenyak. Perasaan nyaman akan memenuhi tubuh kita. Dan ketika bangun tidur, badan rasanya plong enteng sekali.

9. Mengurangi Resiko Stroke

Resiko stroke ternyata juga bisa terjadi jika kita tidurnya tidak benar. Contoh tidur tidak benar adalah dengan tidak mematikan lampu. Maka dari itu, mematikan lampu saat tidur jadi baik sekali untuk mencegah stroke.

10. Membuat Bangun Tidur Jadi Segar Bugar

Manfaat mematikan lampu saat tidur membuat tubuh benar-benar jadi segar bugar. Rasanya tubuh seperti habis dikuras dan diisi lagi dengan energi. Kita pun jadi enerjik dan bebas dari penyakit.

Baca Juga: 20 Dampak Buruk Tidur Setelah Subuh untuk Kesehatan

Seperti di ataslah beberapa manfaatnya jika kita mematikan lampu saat tidur. Memang banyak sekali manfaaatnya. Apalagi jika melihat berbagai manfaat lainnya di bawah ini:

20 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur untuk Kesehatan yang Lainnya: 

11. Membuat Tubuh Jadi Cantik
12. Meningkatkan Fungsi Otak
13. Mencegah Morning Sickness
14. Mencegah Mimpi Buruk
15. Mendetoksifikasi Racun
16. Membuat Rileks Tulang
17. Menambah Daya Konsentrasi
18. Mencegah Gangguan Lambung
19. Menyehatkan Jantung
20. Membuat Wajah Jadi Cantik dan Awet Muda

Sekian yang dapat kami sampaikan. Semoga saja artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top