Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Cara Membentuk Otot Bagi Pemula Fitness

Uncategorized

30 Cara Membentuk Otot Bagi Pemula Fitness

Fitness menjadi kegiatan yang sangat digemari remaja hingga dewasa masa kini. Banyak bermunculan Fitness Center di kota-kota besar maupun kecil di Indonesia. Bahkan di daerah desa pinggiran juga ada. Memang permintaan yang besar terhadap jasa instruktur dan alat-alat gym membuat kehadiran Fitness Center makin menjamur. Masing-masing tempat menawarkan program membentuk otot bagi pemula.

Janji-janji manis menjadi jargon berbagai Fitness Center. Berbagai paket program pembentukan otot ditawarkan. Biasanya biayanya ratusan ribu hingga jutaan per bulan. Belum lagi ditambah dengan kewajiban membeli susu atau suplemen dan multivitamin tertentu. Maka sebenarnya Fitness adalah sebuah gaya hidup olahraga yang biasanya dilakoni orang berduit.

Di bawah ini kami akan menyajikan 30 cara membentuk otot bagi pemula fitness. Silahkan disimak!

1. Rutin Melakukan Angkat Beban yang Terjadwal

Bila kita ingin membentuk otot, mula-mula harus melakukan latihan angkat beban secara terjadwal. Latihan ini bisa dilakukan sendiri di rumah bila punya barbelnya. Namun bila tidak punya, bisa melakukannya di Fitness Center. Namun untuk para pemula sebaiknya didampingi oleh instruktur supaya tidak mengalami kesalahan atau gangguan otot.

2. Minum Susu dan Suplemen Penambah Makanan

Para pemula fitness maupun yang sudah lama latihan membentuk otot pastilah dianjurkan minum susu dan suplemen penambah makanan. Ini fungsinya memang untuk menambah massa sel sel otot. Membesarkan dan menguatkan membran sel agar bisa terbentuk dengan baik, pasca latihan angkat beban. Konon percuma kita angkat beban bila tidak didampingi dengan susu dan suplemen. Yang ada cuma dapat capek aja.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Banyak makan buah dan sayur juga menjadi langkah yang cerdas untuk membentuk otot bagi pemula fitness. Buah-buahan dan sayuran yang melimpah protein sangat dianjurkan. Selain itu, buah dan sayuran juga baik sekali untuk melancarkan aliran darah dan membantu regenerasi sel agar berjalan dengan lebih cepat dan baik.

Loading...

4. Jangan Makan Nasi

Para pemula fitness biasanya dianjurkan untuk tidak makan nasi. Mengurangi karbohidrat dan perbanyak makan protein. Meski demikian, tidak selalu nasi harus dihindari. Bagi para penggiat fitness yang badannya masih sangat kurus tentu saja butuh karbohidrat, maka makan nasi masih boleh, hanya saja porsinya sedikit saja.

5. Makan Dada Ayam Minimal 250 Gram dalam Sehari

Makan dada ayam minimal seperempat kilogram. Itulah rutinitas yang biasanya dilakukan oleh mereka yang tertantang membentuk otot. Bahkan ada yang sampai lebih dari itu, bisa setengah kilo hingga satu kilo. Jika kamu tidak suka dada ayam, bisa mencoba ikan laut.

6. Kurangi Makan Makanan Berminyak dan Ganti Minyak dengan Oil Jenis Lainnya Jangan Palm Oil

Kurangilah penggunaan minyak sayur atau minyak kelapa sawit. Ini sangat bahaya sekali untuk kesehatan dan bisa menganggu kerja pembentukan sel otot. Maka untuk para pemula fitness dianjurkan mengganti minyaknya dengan minyak lain, seperti Olive Oil atau yang lainnya untuk masak.

7. Sering Jogging

Jogging atau sekadar lari santai juga sangat dianjurkan untuk mereka para pemula fitness yang sedang membentuk otot. Karena dengan jogging, otot-otot juga bisa bekerja dengan lebih baik. Pembentukan sel otot menjadi lebih baik. Dan aliran darah ke jantung serta otak jadi lancar.

8. Jangan Merokok

Bila kamu sedang dalam latihan pembentukan otot, sebaiknya jangan merokok. Karena merokok bisa menyebabkan kamu jadi rusak badannya. Paru-paru dan jantung terancam. Tubuh juga bisa menjadi sangat asam yang sangat menghambat proses pembesaran otot.

9. Manajemen Stress yang Baik

Jika kamu ingin memiliki otot yang bagus macho, maka mengelola stress adalah langkah yang paling bijaksana. Janganlah kamu stress karena stress hanya akan membuat tubuh jadi susah berkembang. Cobalah untuk mengurangi segala beban pikiran dan enjoy menjalani hidup.

10. Tidur yang Cukup

Tidurlah yang cukup, supaya sel-sel otot bisa berkembang secara sempurna. Dengan tidur cukup, maka protein yang kita makan bisa terserap dengan baik oleh tubuh.

Baca Juga: 10 Bahaya Tidak Memakai Masker Saat Berkendara Motor

20 Cara Membentuk Otot untuk Pemula Fitness yang Lainnya:

11. Hindari Makan Jeroan Ayam
12. Kurangi dan Batasi Karbohidrat
13. Hindari Gula
14. Jangan Banyak Makanan Asin
15. Makan Telur Ayam Kampung
16. Jangan Kelelahan Aktivitas
17. Menjaga Kesehatan Lambung
18. Tidak Minum Kopi
19. Jangan Minum Alkohol
20. Diet Gula
21. Sering Refreshing Agar Tidak Stress
22. Rutin Push Up
23. Lakukan Sit Up
24. Olahraga Sepeda Juga Ampuh
25. Makan Sayuran Golongan Sawi-Sawian
26. Banyak Makan Umbi
27. Mengganti Nasi dengan Gandum
28. Makan Kacang-Kacangan
29. Perbanyak Minum Susu Tinggi Kalsium
30. Jangan Pernah Berhenti Fitness

Demikianlah berbagai cara membentuk otot yang bisa kamu praktekkan. Cara ini sebenarnya tidak hanya untuk pemula, bisa dilakukan oleh siapapun. Semua kiat di atas disusun berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang biasanya terjadi pada penggiat fitness! Semoga saja upayamu membentuk otot agar bagus bisa segera terwujud.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top