Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Pengaruh Menahan Rasa Lapar Terhadap Kesehatan Psikis

Uncategorized

15 Pengaruh Menahan Rasa Lapar Terhadap Kesehatan Psikis

Sudah menjadi kondratnya jika manusia merasakan hal-hal manusiawi seperti lapar dan haus. Manusia merasakan lapar itu sangat wajar.  Karena makanan yang kita makan setiap harinya akan dibakar kembali untuk menghasilkan energi yang biasa kita pakai beraktivitas sehari-hari. Tidak semua orang disiplin dalam makan sehari-hari.

Ada yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga ia lupa untuk makan padahal sudah merasa lapar.  Ada juga yang ingin makan tapi tidak bisa membeli makanan karena tidak ada uang,  seperti halnya gelandangan yang tidak berpenghasilan.

Secara fisik menahan rasa lapar memang membuat tubuh kita merasa terganggu karena perut kita keroncongan. Bagaimana dengan kesehatan psikis kita? Apakah berbahaya menahan rasa lapar terhadap kesehatan psikis kita? Berikut ini adalah bahaya menahan rasa lapar terhadap kesehatan  psikis:

1. Suasana Hati Jadi Buruk

Jika kita tidak makan, maka pengaruhnya sangatlah buruk terhadap mood. Suasana hati alias mood menjadi labil, mudah marah dan selalu saja sensitif. Memang pengaruh rasa lapar sangatlah buruk sekali terhadap kesehatan psikis kita. Suasana hati yang terlanjur memburuk ini akan membuat kita jadi susah menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Mudah Marah

Ternyata menahan rasa lapar bisa membuat kita mudah marah. Ini karena ada hubungan erat antara kalori dengan emosi. Ketika tubuh kita kekurangan kalori, maka efeknya adalah emosi menjadi semakin menjadi-jadi. Orang yang mudah marah padahal beresiko mengalami gangguan kesehatan yang serius. Seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Tidak Mampu Berpikir Jernih

Tidak mampu berpikir jernih juga menjadi pengaruh dari menahan rasa lapar. Karena otak manusia sesungguhnya menjadi lancar berpikir salah satunya karena faktor asupan makanan. Orang yang mampu berpikir jernih menjadi mudah dalam menjalani kehidupannya.

Loading...

4. Mudah Mengalami Stress

Ternyata menahan rasa lapar juga menyebabkan stress yang tinggi pada seseorang. Untuk itu ada jargon di kalangan para politisi bahwa ketika seseorang akan terjun untuk melayani masyarakat, menjadi wakil rakyat, maka mula-mula dirinya harus mengenyangkan perut dulu. Orang tidak akan mudah bekerja dalam kondisi perut yang kosong.

5. Depresi Akut

Ternyata depresi akut juga bisa disebabkan karena menahan rasa lapar. Orang yang terkena depresi akut bisa gagal menjalani kehidupannya dengan normal karena sehari-hari hanya mengalami kesedihan. Bahkan kesedihannya juga terkadang menimbulkan gangguan psikosomatis. Untuk itu, sebaiknya kita janganlah menahan rasa lapar, jika memang mampu dan bisa makan.

6. Merasa Gelisah

Gelisah dapat terjadi sebagai efek dari pengaruh menahan rasa lapar. Rasa gelisah ini sampai menimbulkan keringat dingin dan jantung berdebar. Tekanan darah bisa menurun dan kita akan mengalami sesak nafas. Sungguh begitu merepotkan sekali yang begini. Karena orang harusnya kan tidak merasa gelisah ketika dirinya sedang aktivitas.

7. Tidak Mampu Berpikir Runtut

Pengaruh menahan rasa lapar terhadap kesehatan akan membuat kita jadi tidak mampu berpikir runtut. Kekacauan dalam arus pikir dan mengalami flight of ideas yang merupakan salah satu gangguan psikis yang banyak diderita orang. Tahukah kamu bahwa makanan adalah salah satu obat ampuh untuk mengatasi gangguan arus pikir ini.

8. Mudah Tersinggung

Ternyata tidak makan alias menahan rasa lapar juga akan membuat kita mudah tersinggung. Orang yang tersinggungan biasanya menjadi korban bully secara diam-diam. Dia tidak akan punya teman karena semua orang merasa tidak harusnya bergaul dengannya yang sensitif ini.

9. Gagal Bersosialisasi dengan Baik

Ya, inilah bahaya dan pengaruh dari menahan rasa lapar, ternyata seseorang bakalan gagal bersosialisasi dengan baik. Karena ia tidak mampu melakukan interaksi sosial disebabkan karena emosinya yang selalu labil dan negatif.

10. Kurang Bertangggung Jawab Terhadap Pekerjaan

Orang yang sehari-harinya selalu menahan rasa lapar, maka secara otomatis dirinya tanpa sadar menjadi orang yang tidak bertanggungjawab. Sungguh tanggungjawabnya terhadap pekerjaan benar-benar lemah sekali. Bahkan seringkali mangkir dari berbagai tugas dengan alasan sedang sakit.

Baca Juga: 15 Bahaya Tidur di Lantai untuk Kesehatan

5 Pengaruh Menahan Rasa Lapar Terhadap Kesehatan Psikis:

11. Tidak Memiliki Rasa Toleransi
12. Selalu Ingin Menang Sendiri
13. Menjadi Orang yang Semena-Mena
14. Tidak Peka Terhadap Penderitaan Orang Lain
15. Jadi Egois

Nah itu dia macam-macam bahaya menahan rasa lapar untuk kesehatan fisik dan psikis kita. Memang sangat bahaya menahan rasa lapar. Bagi kalian yang sudah membaca penjelasan diatas sebaiknya perhatikan jam makan kalian. Buatlah jadwal maka dan patuhi jadwal tersebut. Jadi walau sesibuk apapun kita kita harus tetap makan tepat waktu agar kesehatan kita secara fisik dan psikis baik-baik saja.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top