Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Menelan Air Kaporit untuk Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya Menelan Air Kaporit untuk Tubuh

Air kaporit adalah jenis air yang berbau dan berasa tidak enak karena mengandung zat kaporit. Biasanya air ini ditemukan di kolam renang atau di air yang dibeli di perusahaan tertentu, seperti PDAM. Penggunaan kaporit memang bertujuan untuk sterilisasi, tapi sayangnya ketika air menjadi berasa dan berbau menyengat tentu saja ini mengkhawatirkan. Apakah ada efeknya atau tidak?

Tahukah kamu bahwa menelan air kaporit itu bahaya nya banyak sekali untuk tubuh. Salah satunya adalah bisa menyebabkan mual-mual. Kamu tentu pernah kan meminum air kaporit namun yang terjadi malah rasa mual melanda. Di bawah ini sudah kami susun berbagai bahaya menelan air kaporit untuk tubuh:

 

1. Mengalami Sakit Perut

Menelan air kaporit di kolam renang bisa sangat bahaya sekali dampaknya karena kita akan mengalami sakit perut. Rasa nyeri perut ini bisa bertahan dalam beberapa menit, jam, bahkan hari. Tergantung pada ketahanan dan alergi yang dialami kita. Jika kamu sakit perut karena menelan air kaporit, sebaiknya kamu segera berkunjung ke dokter.

2. Kejang Otot Perut

Kejang pada otot perut terjadi sebagai efek kelanjutan dari sakit perut. Rasa melilit di perut ini sebagai pertanda bahwa otot perutmu memang sedang kejang-kejang. Maka kamu butuh relaksasi segera. Jangan sampai kamu kram perutnya karena kejang otot yang terlampau parah.

3. Mengalami Diare

Diare akan terjadi bilamana kamu menelan air kaporit sangat banyak. Jangan pernah kamu meremehkan gangguan pencernaan diare ini, karena orang yang sudah lebih dari 3 hari diare, maka harus diberikan perawatan khusus di rumah sakit atau puskesmas. Karena harus diinfus. Sebab, diare akan menyebabkan kekurangan cairan.

4. Paru-Paru Kemasukan Air

Minum air kaporit menyebabkan paru-paru kita jadi kemasukan air. Jika air itu tak kunjung keluar dari paru-paru, efeknya adalah kematian. Untuk itu, jika ada seseorang tenggelam di kolam renang dan ia minum banyak air kaporit, maka harus segera ditolong. Supaya tidak terjadi hal fatal macam kematian ini.

Loading...

5. Muntah-Muntah

Pernahkah kamu muntah-muntah karena minum air kaporit? Ini wajar saja. Menelan kaporit memang bisa membuat kita jadi merasa tidak enak lidahnya. Tenggorokan berasa seperti dimasuki cairan aneh yang sangat bau dan berasa absurd. Muntah-muntah yang tak kunjung sembuh harus segera mendapatkan penanganan. Oleh dokter atau tim medis yang paham.

6. Mual yang Sangat Menyiksa

Rasa mual yang sangat menyiksa akan kamu alami sebagai efek dari menelan air kaporit. Mual ini semakin parah jika kamu tetap membiarkan air itu di perutmu tanpa memuntahkannya. Sebaiknya kamu juga banyak minum air putih dan makan. Agar kaporit itu tak bereaksi menjadi rasa mual.

7. Menurunnya Selera Makan 

Namun terkadang selera makan juga akan turun bila kita menelan air kaporit. Walau kita sudah sangat ingin makan, tapi yang terjadi makanan itu keluar lagi. Sungguh selera makan jadi hilang. Kejadian ini bisa berlangsung beberapa jam pasca menelan air kaporit, atau bahkan beberapa hari.

8. Kaporit yang Bau dan Berasa

Air kaporit tidak hanya ada di kolam renang. Bahkan air dari PDAM saja kadang ada yang bau kaporit. Memang zat kaporit ini digunakan sebagai alat strerilisasi. Namun kalau sampai mengubah rasa air begini, namanya ya tidak sehat. Sebab, air yang sehat adalah air yang tidak berasa dan berbau.

9. Serangan Jantung

Kamu juga bisa mengalami serangan jantung sebagai dampak dari menelan air kaporit. Bahaya menelam kaporit ini sebaiknya benar-benar dicamkan dalam dirimu. Sehingga kamu tak lagi menelan air jenis ini. Biar pun sudah dalam bentuk air mineral atau hasil dari beli ke perusahaan air, sesungguhnya kaporit sangat bahaya! Tidak layak minum!

10. Kematian

Kalau kamu tetap ngeyel minum air kaporit. Tunggu saja tanggal mainnya. Tanggal kematian yang cepat lambat pasti datang.

Baca Juga: 15 Dampak Sering Makan Snack untuk Kesehatan

5 Bahaya Menelan Air Kaporit yang Lainnya:

11. Kerusakan Ginjal
12. Paru-Paru Terluka
13. Radang Tenggorokan
14. Kena Flu dan Demam
15. Mengalami Sesak Nafas

Wah, ternyata menelan air kaporit itu dampaknya banyak banget ya! Untuk itu, kamu jangan lakukan lagi! Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminum air yang layak minum. Tidak harus air berkaporit!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top