Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Cara Cepat Mengatasi Kecanduan Miras

Uncategorized

15 Cara Cepat Mengatasi Kecanduan Miras

Pernahkah kamu mencoba minum miras? Orang dewasa minimal pastilah pernah mencicipi miras, atau setidaknya berpikir meminumnya meski berhasil menahan diri. Bagi beberapa agama dan kebudayaan, minuman keras itu haram. Namun ada pula yang menghalalkannya bahkan menganggapnya sebagai minuman adat yang sakral. Tapi terlepas dari pro dan kontra minum minuman keras itu, yang bahaya sesungguhnya apabila miras sudah menyebabkan kecanduan.

Kecanduan miras itu bahaya sekali buat kesehatan. Bahkan bisa sampai mengancam nyawa. Maka dari itu, sebaiknya kita jangan sampailah jadi pecandu. Pengobatannya susah. Harus benar-benar memiliki niat yang kuat dan dibantu oleh seorang dokter atau psikiater. Karena untuk berhenti ketergantungan alkohol pun ada prosedurnya. Seseorang harus mengalami fase-fase berat lebih dulu, yang dinamakan Sindrom Withdrawal.

Withdrawl Sydrome adalah sebuah gejala putus dari obat-obatan atau alkohol. Di mana gejala ini akan dirasakan fisik kita. Yang mana fisik akan merasakan sakit bermacam-macam keluhannya. Semakin berat kita menjadi pecandu miras, maka withdrawal yang kita alami pun makin berat dan lama. Bahkan orang yang tidak kuat melewati fase sindrom ini bisa mengalami kematian.

Meskipun berhenti menjadi pecandu susahnya setengah mati, bukan berarti sama sekali tidak ada cara  Tentu saja ada cara untuk mengatasi kecanduan miras. Seperti di bawah ini sudah kami susun berbagai cara cepat mengatasi kecanduan miras:

1. Memaksakan Diri untuk Jauh dari Miras

Untuk mengatasi kecanduan miras ternyata mdah sekali. Cobalah sugesti diri, afirmasikan pada diri bahwa diri kita seharusnya menjauhi barang haram minuman keras. Paksalah diri buat jauh-jauh, demi kebaikan diri sendiri. Pada awalnya pastilah sangat susah sekali buat memaksakan diri, tapi lama-lama pasti bisa.

2. Tidak Bergaul di Klub Malam

Ya, klub malam adalah tempat di mana miras berada dan legal diperjualbelikan. Kalau kamu ingin mengatasi kecanduan miras, maka kamu haruslah menghindari klub malam. Janganlah main-main di sana. Sekalipun terpaksa kongkow-kongkow di sana, maka kamu harus menahan diri dari menenggak minuman keras.

Loading...

3. Menjauhi Teman-Teman yang Gemar Minum Miras

Jauhilah teman-temanmu yang doyan sekali minum miras. Sebaiknya kamu tidak melakukannya lagi, main dengan mereka. Tidak usahlah peduli apa kata mereka. Toh teman yang positif sebenarnya kan masih banyak. Jadi tidak perlulah merasa bersalah dan tidak enak meninggalkan mereka.

4. Memperbaiki Pola Tidur

Memperbaiki pola tidur ternyata bisa menjadi solusi untuk mengatasi kecanduan miras. Kamu cukup tidur saja di jam yang benar. Jangan sampai pola tidur salah. Sesibuk apapun bekerja, sempatkanlah tidur. Tahukah kamu bahwa dengan tidur yang cukup, maka jiwa menjadi positif. Sehingga tidak gemar mencari kesenangan sesaat dengan minum miras.

5. Jangan Suka Bergadang

Janganlah kita suka bergadang. Karena ketika bergadang, ada saja dorongan untuk minum miras. Semua orang yang kecanduan miras biasanya memilih masalah dengan pola tidur, di mana mereka punya gaya hidup bergadang dan terjangkit insomnia kronis.

7. Manajemen Stress yang Baik

Manajemen stress yang baik adalah cara untuk mengatur pola pikir agar tidak tertekan dan tegang. Pahamilah tiap masalah diri dan jadikanlah diri sebagai sosok yang mampu berpikir jernih dan mengatasi masalah dengan kepala dingin. Manajemen stress yang baik menjadi langkah awal mengatasi kecanduan miras.

8. Banyak Minum Air Putih

Banyaklah minum air putih. Dan jika memang ada, bisa coba minum jus buah dan sayur asli. Ini jauh lebih baik daripada minum miras. Ingatlah bahwa miras itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Kecanduan miras bisa mengancam nyawa kita karena organ dalam kita rusak terpapar alkohol.

9. Perbanyak Olahraga

Banyaklah olahraga supaya kita punya tubuh yang sehat dan kuat. Dengan tubuh yang sehat dan kuat, maka kita akan terbebas dari kecanduan miras. Olahraga sangat baik memperbaiki mental kita juga sehingga selalu positif dalam menjalani gaya hidup sehari-hari.

10. Meningkatkan Ibadah

Tingkatkan ibadah juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecanduan miras.

Baca Juga: 15 Bahaya Mabuk Miras untuk Kesehatan

5 Cara Mengatasi Kecanduan Miras yang Lainnya:

11. Jangan Merokok
12. Jauhkan Diri dari Pergaulan Bebas
13. Menjauh dari Narkoba
14. Atasi Stress
15. Perbanyak Dzikir

Begitulah yang dapat kita praktekkan untuk mengubah gaya hidup ini. Minum miras itu tidak baik, maka harus segera diatasi secepat mungkin. Jangan putus asa, kecanduan miras benar-benar bisa sembuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top