Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari

Uncategorized

20 Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari

Sepertinya semua orang pernah mengalami ngantuk di pagi hari. Padahal akibatnya fatal karena pagi hari merupakan waktu yang sangat sibuk untuk aktivitas. Ketika kita harus bekerja atau bersekolah, rasa kantuk itu malah datang mendera. Siapa yang tidak jengkel rasanya?

Berbagai upaya sudah pernah dilakukan untuk mengatasi ngantuk di pagi hari, misalnya dengan tidak bergadang. Tapi hasilnya nihil. Walau sudah tidur jam 9 malam dan bangun jam 4 pagi. Namun menjelang jam 7 pagi, sudah ngantuk lagi. Tentu saja ini merupakan indikasi adanya gangguan pada pola tidur dan kesehatan.

Tahukah anda bahwa ngantuk di pagi itu sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kualitas hidup kita menurun. Ketika kita harus semangat bekerja dan fokus belajar di sekolah, kita malah tidur. Tentu saja ini membuat upaya menuju kesuksesan jadi tersendat.

Penyebab ngantuk di pagi hari ternyata cukup kompleks. Dan hal kompleks ini seringkali tidak disadari orang. Penyebab rasa ngantuk saat pagi hari adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebihan
2. Terlalu banyak makan atau minum yang mengandung gula
3. Kelelahan akut
4. Stress
5. Imunitas menurun
6. Gangguan peredaran darah
7. Kekurangan vitamin C dan B kompleks
8. Sedang mengonsumsi obat-obatan
9. Tekanan darah rendah
10. Gangguan jantung dan diabetes

Dari kesepuluh penyebab ngantuk di pagi hari seperti di atas, manakah yang kiranya menjadi penyebab masalah tidur anda? Silahkan dianalisis sendiri. Setelah tahu penyebabnya, anda bisa coba mempraktekkan 20 cara ampuh mengatasi ngantuk di pagi hari di bawah ini:

Loading...

 

1. Sarapan Nasi Sedikit Saja

 

Cara ampuh mengatasi ngantuk di pagi hari adalah dengan sarapan nasi sedikit saja. Ini tentu bertentangan dengan kebiasaan makan banyak orang. Di mana mayoritas orang kalau sarapan justru nasinya banyak sekali. Dipikirnya supaya energinya banyak. Padahal, karbohidrat dalam nasi yang kita konsumsi justru rawan membuat kantuk. Karena karbohidrat itu akan diubah menjadi gula.

2. Mengganti Nasi dengan Roti

 

Cara ampuh mengatasi ngantuk di pagi hari selanjutnya adalah dengan mengonsumsi roti saja. Gandum pada roti lebih baik daripada nasi. Tapi sayangnya untuk orang Indonesia, sarapan roti bukanlah budaya dan gaya hidup yang lumrah. Karena roti tidak begitu membuat kenyang.

 

3. Perbanyak Menu Makanan Agar Beragam

 

Memperbanyak menu makan agar lebih beragam juga merupakan salah satu cara mengatasi ngantuk di pagi hari. Menu makannya harus 5 sehat 4 sempurna. Dengan porsi secukupnya, tidak perlu sampai kenyang sekali. Asalkan perut sudah berisi.

 

4. Konsumsi Jus Sayuran dan Buah

 

Jangan lupa juga banyak minum. Konsumsi jus sayuran atau buah segar menjadi solusi yang ampuh supaya tidak mengantuk di pagi hari. Cobalah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan sayuran yang banyak mengandung air dan kalium.

5.Tidak Olahraga Berlebihan di Pagi Hari

 

Banyak orang menyenangi olahraga di pagi hari karena  menyegarkan. Padahal kalau porsinya terlalu banyak yang menyebabkan kelelahan akut, justru membuat rasa kantuk datang mendera.

 

6. Menyadari dan Mengatur Jam Tidur

 

Aturlah jam tidur anda. Biasakan untuk tidur sebelum jam 12 malam dan bangun sebelum jam 4 pagi. Karena ini cukup efektif mencegah ngantuk di pagi hari.

7. Tidak Melamun dan Berpikir Keras

 

Melamun dan berpikir keras membuat anda jadi mengantuk. Maka sebaiknya kalau pagi hari hindari melamun dan berpikir terlalu keras. Enjoy saja!

 

8. Melakukan Yoga

 

Yoga adalah olahraga dan olahpsikis yang amat baik untuk menjaga vitalitas tubuh. Bila anda sering ngantuk di pagi hari. Sebaiknya anda mulai pertimbangkan untuk ikut Yoga.

 

9. Berjemur di Bawah Matahari Pagi

 

Berjemur di pagi hari memang susah. Apalagi untuk anda yang bekerja kantoran dan masih sekolah. Mustahil bisa melakukannya. Cara mengakalinya mudah saja. Naik kendaraan umum atau naik motor saja ke kantor dan sekolah. Tentu di perjalanan tubuh anda akan terkena sinar matahari dan jadi fresh.

 

10. Mandi Keramas di Pagi Hari

 

Mandi di pagi hari tentu jadi ritual yang wajib dilakukan semua orang. Tapi keramas di pagi hari, jarang yang melakukannya. Anda bisa coba keramas di pagi hari. Ini akan menyegarkan otak anda dan mencegah ngantuk di pagi hari.

Seperti itulah cara ampuh mengatasi ngantuk di pagi hari. Di bawah ini ada cara lain yang mesti anda praktekkan juga, yaitu:

10 Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari yang Lainnya:

11. Tidak banyak membaca sebelum sampai kantor dan sekolah
12. Jangan melamun dan berpikir keras
13. Mengoleskan masker di wajah setelah mandi selama 15 menit
14. Banyak minum air putih
15. Perbanyak vitamin C
16. Untuk perempuan biasakan merias wajah supaya fresh
17. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak gerah
18. Cobalah untuk sugesti diri bahwa hari ini anda akan semangat aktivitas
19. Pergi ke kantor dan sekolah dengan naik kendaraan sendiri
20. Keluar rumah sebelum jam 7 pagi

Demikianlah beberapa cara ampuh yang bisa anda coba. Semoga saja untuk ke depannya anda tidak mengantuk lagi saat harus kerja atau berangkat sekolah.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top