Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Sedang Kerja

Uncategorized

15 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Sedang Kerja

Ketika kita ngantuk saat kerja itu sangat menyebalkan karena akan membuat kita susah konsentrasi. Padahal yang namanya bekerja selalu membutuhkan konsentrasi. Maka dari itu, sungguh sangat menyebalkan jika kita dilanda ngantuk berat. Fenomena menyebalkan ini tidak hanya dialami para pekerja kantoran saja. Justru sebenarnya banyaknya dialami oleh para pelajar dan mahasiswa.

Ketika kita dilanda ngantuk saat sedang kerja, berbagai cara coba dilakukan. Seperti mencubit tangan sampai sakit sekali. Harapannya mata dan kesadaran bisa tergugah lagi. Beberapa orang lain pilih mengemut permen cukup meredakan ngantuk. Tapi sayangnya, ada pula yang mati-matian menahan kantuk hingga akhirnya malah jatuh tertidur di meja. Alhasil yang didapat malah kita dibentak oleh atasan, rekan kerja, guru atau teman-teman.

Tentu saja hal ini sangat memalukan. Maka dari itu perlu dicari solusinya. Apa sajakah solusinya supaya kita bisa menghilangkan ngantuk saat sedang kerja. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Jangan Terlalu Tegang Saat Sedang Kerja

Janganlah terlalu tegang deh kalau kamu lagi kerja. Buat apa sih tegang? Yang ada malah bikin otakmu jadi cepat capek dan akhirnya malah jadi ngantuk saat sedang kerja. Cara menghilangkan kantuk ini cuma satu: jangan terlalu stress. Tidak usah terlalu tegang! Santai saja. Ini kan pekerjaanmu sehari-hari, ngapain tegang?

2. Tidak Mengemil atau Banyak Makan Saat Kerja

Janganlah kamu mengemil dan banyak makan kalau sedang kerja. Ini amat buruk sekali jika kamu tipikal doyan makan begini. Karena makanan akan memberikan rangsangan ngantuk. Nanti bisa-bisa kamu malah tertidur, tidak sadar pula kalau dirimu tidur. Bangun-bangun karena kaget dapat bentakan dari teman atau bos. Karena tidur sembarangan di jam kerja!

3. Jangan Melakukan Banyak Hal dalam Waktu Bersamaan

Janganlah kamu melakukan banyak hal dalam tempo bersamaan. Ini takkan membuatmu fokus bekerja. Malah yang ada jadi cepat capek dan mengantuk. Kebanyakan orang yang ngantuk saat sedang kerja karena mereka terlalu memaksakan diri buat multi tasking. Padahal ini bahaya loh!

Loading...

4. Fokus Hanya Pada Apa yang Harusnya Dikerjakan

Fokuslah hanya pada apa yang sedang kamu kerjakan. Tidak usahlah sok-sok-an multitasking karena ini justru hanya menguras tenagamu dan bikin kamu semakin ngantuk saat sedang kerja. Perhatikan baik-baik ya peringatan ini! Jangan pernah sombong mampu melakukan segala hal. Dunia kerja adalah dunianya kerjasama! Bukan dunia di mana kamu bisa seenaknya mengambil alih segala peran. Pantas saja jadi ngantuk karena kamu egois padahal tidak mampu.

5. Tidak Sarapan Terlalu Kenyang

Janganlah sarapan kebanyakan biar tidak kekenyangan. Orang yang banyak makan itu bakalan banyak mengantuk. Maka dari itu, tidak usahlah kamu merasa begitu seperti orang yang kelaparan. Makan saja secukupnya. Sarapan itu sebaiknya sedikit saja. Gampang nanti kalau lapar makan lagi. Cukup dua tangkup roti dan segelas susu. Ini sudah lebih dari cukup.

6. Duduk dalam Posisi Tegak Tidak Bungkuk

Kalau sedang kerja, duduklah dengan posisi badan yang tegak. Jangan bungkuk!  Karena ketegakan sikap duduk ini bisa membuatmu selalu bisa fokus dan enerjik. Tidak lesu dan mengantuk. Silahkan saja kamu coba sendiri perubahannya antara duduk tegak dengan duduk bungkuk. Sungguh sangat berbeda tentunya.

7. Tidak Berpangku Tangan atau Menyangga Tangan di Dagu

Janganlah kamu berpangku tangan atau menyangga dagu. Karena ini sangat buruk sekali untuk tubuhmu. Orang yang banyak pangku tangan dan sangga dagu, pastilah orangnya malas dan ngantukan. Tidak gesit! Lamban!

8. Jangan Bermain Ponsel Saat Sedang Kerja

Janganlah kamu bermain ponsel saat sedang kerja. Karena ini sangat tidak baik untuk kesehatanmu.

9. Cobalah Pakai Kacamata Baca atau Minus Bila Terdapat Gangguan Mata

Kacamata baca atau minus sangat berguna buat usir kantuk. Apalagi untukmu yang memang membutuhkan kacamata ini karena gangguan miopi.

10. Banyak Makan Buah dan Sayuran

Banyaklah makan buah dan sayuran biar tidak ngantuk saat sedang kerja.

Baca Juga: 15 Cara Mencegah Tidur Ngorok

5 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Sedang Kerja yang Lainnya:

11. Tidak Banyak Mengobrol dengan Teman
12. Jangan Mendengarkan Musik dengan Headset
13. Banyak Minum Air Putih
14. Sediakan Secangkir Kopi di Meja Kerja
15. Atur Udara dan Cahaya yang Masuk ke Kantor Agar Tidak Pengap dan Gelap

Begitulah kiat atau cara yang dapat kita lakukan agar bisa menghilangkan kantuk yang melanda saat sedang kerja. Silahkan dipraktekkan sendiri cara ini! Mudah-mduahan kedepannya kita tidak mengantuk lagi ya!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top