Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Pembagian Menu Makanan Sehat dalam Sehari

Uncategorized

Pembagian Menu Makanan Sehat dalam Sehari

Manusia sering melakukan pembagian menu makanan sehat dalam sehari. Pembagian ini biasanya terdiri dari 3 waktu, yang pertama pagi atau saat sarapan, yang kedua makan siang, dan yang terakhir makan malam. Pagi hari adalah waktu dimana Anda akan memulai aktivitas di luar rumah. Jadi jangan sampai Anda melewatkan waktu yang berharga untuk makan pagi atau sarapan. Jika Anda melewatkannya, tubuh Anda akan terasa lemas dan mudah lelah.

Waktu yang kedua dalam pembagian menu makanan sehat dalam sehari yaitu waktu makan siang. Hampir setiap perusahaan dan kantor menyediakan waktu bagi para pekerjanya untuk makan siang terlebih dahulu sebelum melanjutkan pekerjaannya. Sampai di rumah pun Anda pasti akan menikmati makanan yang ada di rumah ketika malam menjelang atau ketika makan malam. Pembagian waktu makan ini sudah sering diterapkan oleh banyak orang, namun tidak banyak dari mereka yang memperhatikan jenis makanan apa yang seharusnya dikonsumsi saat pagi, siang, maupun malam.

Pembagian Menu Makanan Sehat dalam Sehari

Agar Anda tidak bingung dalam mengatur pembagian makanan sehat dalam sehari, berikut ini kami sajikan beberapa contoh sederhana dari makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Pembagian Menu Makanan Sehat dalam Sehari

1. Menu makan pagi hari atau sarapan

Jangan pernah lewatkan waktu sarapan di pagi hari. Menu makanan yang Anda konsumsi di pagi hari juga tidak perlu terlalu berat. Hal ini karena Anda justru akan merasa kekenyangan kemudian lemas sebelum mulai aktivitas di pagi hari. Ada baiknya menu makanan yang Anda konsumsi saat sarapan adalah menu ringan namun sudah cukup mengenyangkan. Menu makanan yang disarankan pun tidak harus selalu berupa nasi.

Contoh pembagian menu makanan sehat dalam sehari untuk sarapan pagi Anda bisa berupa oatmeal, keju, roti, atau susu. Semua makanan ringan tersebut mengandung cukup banyak energy yang baik untuk Anda. Tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Selain mengonsumsi makanan, Anda juga perlu banyak mengonsumsi air putih. Air putih di pagi hari sangat dianjurkan untuk tubuh agar tubuh Anda tidak mudah mengalami dehidrasi setelah tidur di malam hari.

2. Menu makan siang hari

Pembagian menu makanan sehat dalam sehari untuk waktu siang bisa lebih bervariasi. Hal ini karena kegiatan Anda setelah makan siang biasanya akan jauh lebih menguras tenaga. Itulah mengapa Anda juga tidak boleh melewatkan makan siang. Jenis makanan yang perlu Anda konsumsi di saat siang tentunya perlu diatur. Cobalah untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah yang tidak mengandung banyak gula dibandingkan dengan nasi putih biasa.

Loading...

Menu yang kedua untuk makan siang yaitu bisa berupa sayuran hijau. Makanan berupa sayur seperti sayur bening, sayur bayam, dan sayur lodeh bisa Anda nikmati sebagai menu makan siang. Anda juga bisa menambahkan makanan yang mengandung lebih banyak protein, contohnya telur. Pastikan porsi makanan yang Anda konsumsi baik berupa nasi dan lauknya tidaklah terlalu banyak. Jangan sampai Anda merasa kekenyangan yang berlebihan.

3. Menu makan malam hari

Jam makan malam yang dianjurkan untuk tubuh yaitu sekitar jam 6 sore sampai dengan jam 7 malam. Lebih dari itu Anda tidak boleh mengonsumsi makanan berat seperti nasi. Hal ini akan mempengaruhi kadar gula dalam tubuh dan membuat tubuh Anda lebih gemuk. Karena malam hari adalah waktu dimana Anda bersantai dan tidak banyak bergerak. Beberapa menu pilihan untuk makan malam Anda cukuplah banyak.

Anda dapat mengonsumsi makanan yang berbahan dasar gandum sebagai pengganti nasi. Gandum tidak mengandung gula sama sekali sehingga baik dikonsumsi saat makan malam. Selain itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang cukup membuat kenyang. Bagi Anda yang ingin menjalankan diet, sebisa mungkin di malam hari ketika lapar makanlah buah-buahan saja. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Jenis Menu Makanan Bernutrisi yang Menyehatkan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang pembagian menu makanan sehat dalam sehari yang dianjurkan untuk kesehatan Anda. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik dan lebih teliti dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top