Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Semua Umur

Uncategorized

21 Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Semua Umur

Konsumsi menu sarapan pagi yang sehat untuk semua umur sangat cocok untuk memberikan asupan gizi bagi keluarga Anda. Sarapan pagi merupakan kegiatan yang perlu Anda lakukan setiap hari agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari setelahnya. Ahli kesehatan pun tidak menganjurkan Anda untuk melewatkan sarapan di pagi hari. Menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sarapan yaitu bukan jenis menu makanan yang berat namun makanan yang cukup mengenyangkan.

Menu sarapan pagi yang sehat mempunyai banyak kriteria tertentu. Banyak orang yang masih mengonsumsi makanan berat seperti nasi ketika sarapan dalam porsi yang banyak. Padahal saat pagi dan mulai beranjak dari tempat tidur, lambung Anda belum bisa bekerja penuh dengan sempurna. Sehingga perlu mengonsumsi makanan yang lebih ringan ketimbang konsumsi nasi yang berlebihan di pagi hari ketika sarapan.

21 Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Semua Umur

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa menu sarapan pagi yang sehat untuk semua umur yang perlu Anda ketahui.

1. Oatmeal dan sereal

Ganti konsumsi nasi pagi hari ketika sarapan dengan menggunakan oatmeal dan sereal. Kedua makanan tersebut jauh lebih ringan untuk kesehatan lambung dan juga tidak mengandung banyak kalori seperti nasi.

2. Sayur dan telur orak-arik

Anda perlu banyak asupan mineral dan protein di pagi hari. Itulah mengapa Anda dapat mengonsumsi telur orak-arik yang dicampur dengan sayur tanpa tambahan banyak gula dan penyedap rasa.

3. Pancake gandum

Jika Anda sering mengonsumsi pancake, Anda dapat membuatnya dari gandum utuh, bukan dari tepung. Gandum mengandung lebih banyak serat dan dapat menyehatkan tubuh tanpa mudah diserang penyakit.

Loading...

4. Selai labu organic dengan roti gandum

Konsumsi roti putih bisa Anda ganti dengan roti gandum. Jika Anda juga menyukai selai, Anda dapat mengganti selai biasa dengan menggunakan selai labu yang organic. Kedua kombinasi makanan tersebut sangatlah menyehatkan.

5. Susu rendah lemak dengan biscuit gandum

Makanan yang mengandung gandum lainnya bisa Anda dapatkan dari biscuit. Biskuit ini dapat dikombinasikan dengan susu yang rendah lemak. Pilihlah susu yang rendah lemak dan susu tanpa campuran krim.

6. Biji chia dan smoothie buah

Anda juga memerlukan buah di pagi hari ketika sarapan. Agar dapat mengonsumsinya dengan enak, buatlah smoothie dari bahan buah. Campurlah dengan biji chia. Chia seed mengandung banyak nutrisi sehat yang baik untuk tubuh.

7. Oatmeal dan omlet telur

Oatmeal yang Anda konsumsi setiap pagi saat sarapan dapat Anda gabungkan dengan omlet telur. Buatlah omlet telur yang sehat dengan menggunakan olive oil dengan campuran beberapa bahan sayuran.

8. Buah dan yogurt

Sarapan pagi yang sehat bisa Anda dapatkan dengan konsumsi buah dan yogurt. Pilihlah jenis buah yang mudah dicerna ketika pagi dan konsumsilah yogurt yang tidak mengandung lemak dan terlalu banyak gula.

9. Sayuran, daging, dan omlet telur

Omlet telur bisa Anda tambahkan sayuran rebus serta daging yang diolah dengan cara direbus atau ditumis dengan minyak yang sehat. Tiga kombinasi makanan tersebut sangat baik untuk memberikan energi ke tubuh Anda di pagi hari.

10. Salad buah

Jangan lupakan makanan sehat berupa salad. Salad adalah jenis makanan yang mencampur satu bahan organic dengan bahan organic lainnya. Anda dapat membuat salad buah yang dibuat dari beberapa bahan buah bergizi.

Baca Juga: 8 Bahaya Konsumsi Ayam Boiler untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa menu sarapan pagi yang sehat untuk semua umur lainnya. Berikut ini 11 jenis makanan lainnya:

11 Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Semua Umur Lainnya

11. Alpukat, telur, roti gandum
12. Biji chia dan bubur quinoa
13. Telur dan ubi rebus
14. Coklat hitam dan agar-agar labu
15. Buah dan susu almond
16. Keju dan omelette bayam
17. Sayur dan bubur ayam
18. Kacang edamame dan telur goreng
19. Telur dan tahu
20. Ikan dan sayuran
21. Alpukat dan salad sayur

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang menu sarapan pagi yang sehat untuk semua umur yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top