Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Merebus Air Matang

Uncategorized

15 Bahaya Merebus Air Matang

Tahukah kamu bahwa merebus dan memanaskan air matang efeknya amat bahaya. Kita selama ini mungkin tidak sadar bahwa air yang dipanaskan melebihi titik didihnya saja akan berubah rasa dan warna. Menjadi tidak layak pula diminum. Sama saja dengan merebus air yang sudah matang atau pernah direbus sebelumnya.

Bahaya merebus air matang begitu banyak sekali loh. Di bawah ini kami sajikan berbagai bahaya itu. Silahkan disimak dengan saksama:

1. Kualitas Air Jadi Memburuk dan Tidak Layak Minum

Memanaskan air matang kadang perlu kita lakukan. Misalnya untuk membuat kopi atau susu. Atau sekadar buat menyeduh mie. Biasanya orang memang memilih menggunakan air matang saja yang sudah direbus sebelumnya, supaya lebih cepat. Padahal ini bahaya loh karena kualitas air bisa memburuk dan jadi tidak layak minum. Karena ikatan kimiawi air akan berubah.

2. Bercampurnya Air dengan Logam

Bercampurnya air dengan logam juga sangat bisa terjadi. Misalnya karena pengaruh panci yang digunakan untuk merebus air. Meski diklaim terbuat dari stainless steel yang tahan panas, namun bisa saja mengalami korosi dengan air. Dan menjadi menyerpih. Konon, pada air matang sifatnya akan lebih korosif.

3. Berubahnya Ikatan Kimiawi Air

Bahaya memanaskan air matang sangat mempengaruhi susunan ikatan kimiawi air (H2O). Dan ini sangat mempengaruhi kualitas air. Bila air ternyata menjadi terkontaminasi dan menciptakan ikatan kimiawi yang bahaya, maka kita akan terkena dampak buruknya kalau memaksakan diri buat meminum. Maka dari itu, kita mestinya tidak memanaskan air matang. Lebih aman air yang masih mentah.

4. Bisa Menyebabkan Kanker

Pernahkah kamu merebus air hingga melewati batas titik didihnya? Lama-lama pasti terjadi perubahan warna dan rasa pada air. Rasanya jadi bercampur logam dan warnanya jadi putih. Ini ternyata sangat bahaya bila diminum karena menyebabkan kanker. Tidak terbatas kanker apa saja, jenis kanker apapun bisa disebabkan karena ini. Terutama kanker-kanker yang tumbuh di saluran pencernaan manusia dari mulut hingga berakhir di dubur.

Loading...

5. Membuat Tubuh Jadi Mengalami Kenaikan Asam

Kenaikan asam pada tubuh menyebabkan kita gampang jatuh sakit. Tubuh yang sangat asam begitu disenangi bakteri berkembang. Dan se-sel tubuh menjadi lambat berkembang bilamana tubuh sangat asam. Maka dari itu, kita mestinya berhenti melakukan kebiasaan aneh dan gegabah macam merebus air matang ini.

6. Terkena Pusing-Pusing 

Jika kita pusing-pusing setelah minum air, bisa jadi ini terjadi karena tubuh terlalu banyak mengonsumsi air yang tidak sehat. Misalnya air yang direbus setelah air itu matang. Ini jelaslah tidak baik. Makanya, merebus air matang sampai mendidih, atau sekadar memanaskannya menjadi aktivitas yang begitu mengerikan. Jangan dilakukan lagi ya!

7. Mual dan Muntah

Jika kita mual dan muntah, ini dampaknya juga mengerikan karena akan menyebabkan perut jadi sengkil alias nyeri. Mual dan muntah bisa disebabkan karena air yang kita minum berasa tidak enak dan buruk. Air yang demikian tentunya terjadi sebab pengolahannya yang salah. Padahal sifat dasar air yang baik adalah yang rasanya tawar, tidak berbau dan tidak berasa. Sedangkan ketika kita merebus dan memanaskan air, yang terjadi airnya jadi berasa, bau dan berwarna putih.

8. Air Menjadi Berasa Tidak Enak

Jika kita merasa air yang kita minum tidak enak. Padahal itu adalah air alami dari sumur, maka kemungkinan ini terjadi karena kita merebusnya hingga melampaui batas titik didih. Air yang begini tidak layak minum dan sangat bahaya bila tertelan.

9. Perubahan Warna Air Jadi Putih

Ya, perubahan warna air jadi putih seperti air tajin saja, ini terjadi bilamana kita memanaskan air matang. Merebus air matang memang beresiko membuat air jadi tercampur alumunium atau bahan logam panci lainnya yang digunakan tuk merebus.

10. Rasa Air Jadi Pahit

Rasa air jadi berubah pahit. Maka merebus dan memanaskan air matang memang merupakan aktivitas yang sangat bodoh dan gegabah. Mau gampangnya saja, tapi ternyata efeknya mengerikan!

Baca Juga: 15 Bahaya Menelan Plastik Secara Tidak Sengaja

5 Bahaya Memanaskan Air Matang yang Lainnya:

11. Mengantuk Berat
12. Kerusakan Otak
13. Usus Mengalami Infeksi
14. Gangguan Saluran Cerna
15. Mengalami Keracunan Logam

Demikianlah berbagai bahayanya bila kita merebus air matang. Memang banyak sekali ya dampak buruknya. Maka dari itu, jangan lakukan lagi, karena kamu sekarang sudah tahu efeknya yang mengancam kesehatan ini.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top