Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Alasan Kenapa Kita Dilarang Minum Air Laut

Uncategorized

15 Alasan Kenapa Kita Dilarang Minum Air Laut

Air laut adalah jenis air yang berada di perairan samudera. Jenis air ini berperan penting dalam jalannya ekosistem alam.  Tanpa air laut, tentunya tidak akan kehidupan di laut, seperti ikan-ikan. Manusia mengambil banyak manfaat dari laut, termasuk airnya yang diolah menjadi garam. Memang air laut mengandung garam yang tinggi sehingga baik sekali diolah menjadi serbuk garam untuk bahan masakan.

Potensi alam dari hasil laut Indonesia begitu melimpah. Tapi pada artikel ini kami tidak akan membahas mengenai potensi itu. Tetapi kami hanya akan membahas tentang sebuah fenomena. Di mana selama ini kita mengetahui banyak pakar bilang kalau manusia minum air laut itu berdampak buruk sekali untuk kesehatan.

Apakah sebenarnya dampak buruk minum air laut untuk kesehatan? Apakah benar minum air laut menyebabkan seseorang jadi dehidrasi? Mengapa bisa? Minum air kok malah dehidrasi. Ternyata ini karena kandungan garam di dalam air laut. Justru membuat tubuh mengalami percepatan metabolisme sehingga akan kehilangan banyak cairan.

Efeknya justru membuat orang yang minum air laut jadi semakin haus walaupun sudah banyak minum. Inilah dehidrasi yang mengerikan sekali. Belum lagi air laut terkadang juga tidak streril sebagaimana air pegunungan. Kalau hanya menelan seteguk mungkin bisa bertahan hidup. Tapi kalau orang menelan banyak sekali, berteguk-teguk, tentu mengancam nyawa. Bisa menyebabkan kematian.

Dalam sebuah ilmu marine survival, atau ilmu bertahan hidup ketika terdampar di lautan, terdapat suatu prosedur bagaimana air laut bisa menjadi aman untuk diminum. Ini membutuhkan proses yang cukup lama. Dan membutuhkan peralatan untuk memasak air laut itu. Berikut adalah caranya agar air laut aman diminum:

a. Ambil secukupnya air laut

Loading...

b. Taruh ke dalam panci

c. Rebus hingga mendidih, jangan lupa tutup pancinya agar uap air tidak lepas

d. Jika sudah mendidih, buka tutup panci, dan hati-hatilah jangan sampai uap airnya jatuh

e. Uap air yang tertampung dalam tutup panci atau bagaimana pun cara memperolehnya, ini aman untuk diminum.

Dari cara di atas dapat disimpulkan bahwa dalam kondisi darurat, kita masih boleh minum air laut asalkan bukan langsung dari airnya, namun uap airnya. Ini aman karena kadar garamnya sudah berkurang.

Nah, sebenarnya apa sajakah dampak buruk minum air laut untuk kesehatan? Berikut adalah berbagai alasan kenapa kita dilarang minum air laut:

1. Mengalami Dehidrasi

Orang yang minum air laut saat dehidrasi justru malah membuat dehidrasi makin parah. Dipikirnya dengan minum air laut bakalan sembuh dehidrasinya, eh malah semakin parah. Makanya jangan minum air samudera ini ya! Jika memang dalam kondisi darurat sekali, praktekkan cara aman di atas dengan direbus dulu airnya dan diambil uapnya.

2. Tubuh Berkeringat Lebih Banyak

Ketika kita minum air laut, maka tubuh akan lebih berkeringat. Ini terjadi karena reaksi kimiawi di dalam tubuh di mana garam memiliki kemampuan menghantarkan listrik. Sehingga listrik tubuh semakin aktif dan metabolisme energi berjalan secara lebih cepat.

3. Menjadi Semakin Haus

Kadar NACl atau garam di dalam air laut justru membuat kita semakin haus. Kamu tidak mau kan jadi semakin haus karena minum air laut. Maka hindarilah meneguk air samudera ini sebisa mungkin.

4. Tenggorokan Tercekat

Dalam kondisi tubuh semakin haus dan dehidrasi, sudah pasti tenggorokan dan kerongkongan bakal tercekat. Rasanya seperti ditusuk-tusuk dan terbakar. Napas menjadi tersengal. Ini terjadi karena adanya penyempitan saluran napas dan keringnya saluran cerna kita.

5. Jantung Berdebar-Debar

Minum air laut bisa menyebabkan jantung berdebar-debar.

6. Sesak Napas

Napas menjadi sesak juga menjadi salah satu dampak buruk dari minum air laut.

7. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah bisa saja meninggi ketika kita minum air laut.

8. Kejang Otot

Kejang otot juga akan terjadi.

9. Pingsan

Orang yang banyak minum air laut pada akhirnya pingsan.

10. Mengalami Kematian

Dan akhirnya minum air laut menyebabkan kematian.

Baca Juga: 10 Bahaya Terkena Sinar Matahari Langsung untuk Kulit dan Kesehatan

5 Dampak Buruk Minum Air Laut yang Lainnya:

11. Tubuh Jadi Pucat
12. Susah Bicara
13. Mengalami Nyeri Perut
14. Gangguan Ginjal
15. Tubuh Jadi Lemas

Wah, ternyata banyak sekali ya dampak buruknya minum air laut. Maka sebaiknya jika kita berenang di laut atau malah tenggelam di laut, janganlah minum air lautan ini. Supaya nyawa dan kesehatan kita tertolong.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top